Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Es Kunyit Asem, Minuman Sehat Penurun Kolesterol yang Menyegarkan

Resep Es Kunyit Asem, Minuman Sehat Penurun Kolesterol yang Menyegarkan

Es Kunyit Asem (1)

Resep es kunyit asem

Resep es kunyit asem merupakan salah satu minuman sehat yang bahan utamanya adalah kunyit. Sebuah bumbu dapur atau empon-empon yang biasa dipakai saat memasak terutama masakan Nusantara.

Kunyit yang identik dengan warna kuning oranye ternyata juga mempunyai khasiat hebat, yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Jika seperti itu, minuman kunyit berarti sangat cocok bagi Anda sekalian yang mungkin sudah terlalu banyak mengkonsumsi daging.

Terutama daging sapi, kambing, dan jeroannya. Bahan proten hewani yang jika dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah.

Pastinya kondisi semacam itu akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh manusia. Oleh karenanya, silahkan mempraktikkan dan meminum resep es kunyit asem berikut.

Baca Juga :  Cara Membuat Resep Rendang Daging Yang Bisa Anda Nikmati

Bahan-bahan

  • 150 gram kunyit segar dibakar lalu diparut halus
  • 250 gram gula Jawa
  • 100 gram asam Jawa
  • 1,5 liter air
  • ½ sendok teh garam
  • Pecahan es batu secukupnya

Cara membuat es kunyit asem

Setelah semua bahan diatas disiapkan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep es kunyit asem dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus air yang sudah disiapkan di atas api kompor sedang saja. Masukkan parutan kunyit yang sudah jadi, lalu aduk perlahan.
  2. Tambahkan gula Jawa, asam Jawa, dan garam. Aduk perlahan dan rebus hingga mendidih. Silahkan Anda mencicipi sedikit minuman tersebut untuk mencoba rasanya.
  3. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan beberapa waktu agar mendingin. Siapkan beberapa gelas dan beri pecahan es batu secukupnya.
  4. Tuangkan minuman kunyit asem yang sudah jadi ke dalam gelas. Sangat cocok dan nikmat diminum saat dingin. Namun demikian, Anda juga bisa meminumnya hangat-hangat, jika menginginkannya.
Baca Juga :  Membuat Kue Biji Ketapang Istimewa untuk Lebaran

Ternyata resep es kunyit asem sangat mudah mempraktikkannya. Silahkan Anda coba di rumah dan semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Es Kunyit Asem

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan