Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Gadon Daging Khas Jawa yang Dijamin Rasanya Lezat

Memasak Resep Gadon Daging Khas Jawa yang Dijamin Rasanya Lezat

Gadon Daging

Resep gadon daging

Sebagian besar khususnya selain orang Jawa mungkin belum mengetahui resep gadon daging. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda sekalian masyarakat Jawa belum mengenal resepnya karena memang tidak begitu populer.

Jarang ada warung atau rumah makan khas Jawa atau warung Tegal (Warteg) menjual masakan tersebut. Padahal rasanya begitu lezat dan sangat cocok dijadikan lauk untuk makan siang atau malam.

Gadon dapat diartikan cemilan yang biasanya berwujud makanan kecil untuk sekedar mengisi perut yang sudah lapar keroncongan.

Namun, gadon disini tentu bukan cemilan kecil seperti biasanya karena berbahan daging sapi. Wujudnya menyerupai pepes yang dibungkus daun pisang, lalu cara memasaknya dengan dikukus hingga matang.

Lalu, bagaimana resep gadon daging selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  • 250 gram daging sapi giling
  • 200 ml santan kantal
  • 1 butir ayam dikocok lepas
  • 3 buah cabai merah keriting diiris serong
  • 1 sendok teh gula Jawa disisir
  • 1 sendok makan garam
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 6 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam disobek-sobek
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus
  • Tusuk gigi secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri disangrai
  • ½ sendok teh ketumbar
Baca Juga :  Resep Opor Ayam Kuning, Sajian Tepat Kumpul Keluarga

Cara membuat gadon daging

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkan, silahkan Anda mempraktikkan resep gadon daging dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah baskom bersih, lalu masukkan ke dalamnya daging sapi giling, telur ayam, santan, dan irisan cabai merah. Aduk merata dengan tangan hingga semua bahan tercampur.
  2. Tambahkan semua bumbu halus, garam, dan gula Jawa. Aduk merata lagi dan Anda bis mengkoreksi rasanya. Caranya, panaskan wajan pengorengan dan beri minyak secukupnya. Setelah panas, goreng sedikit adonan daging tersebut hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Setelah agak mendingin, silahkan Anda makan adonannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera atau belum. Jika sudah, berarti bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. Namun jika rasanya belum pas, silahkan tambahkan garam atau kaldu bubuk secukupnya.
  4. Adonan daging yang sudah jadi harus dibagi menjadi 6 bagian sama rata. Setelah itu, ambil dua lembar daun pisang dan menumpuknya. Taruh potongan daun salam dan 1 daun jeruk, lalu beri 1 bagian adonan daging. Jangan lupa memberi 1 buah cabai rawit merah diatas adonan. Bungkus adonan dan sematkan bagian atas daun dengan tusuk gigi agar lebih rapat bungkusannya.
  5. Lakukan langkah tersebut untuk lima bungkus gadon daging lagi. Setelah itu, siapkan panci kukusan dan kukus semua bungkusan gadon sekitar 45 menit atau hingga matang.
  6. Perlu diingat, dagingnya harus benar-benar matang, sehingga Anda perlu mengecek tingkat kematangannya. Caranya dengan mengambil dan membuka satu bungkusan gadon, lalu memotong bagian tengahnya. Jika dagingnya masih berwarna merah kecoklatan berarti belum matang. Silahkan mengukusnya lagi beberapa menit untuk memastikan gadon tersebut matang.
  7. Setelah matang, matikan kompor dan buka penutup panci kukusan agar uap airnya kkeluar. Tunggu agak mendingin, setelahnya Anda bisa memplating untuk segera menyantapnya.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan semua bungkusan gadon daging yang sudah matang diatasnya. Jika ingin menjadikannya lauk makan, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat agar lebih mengenyangkan.
Baca Juga :  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh, Sajian Nikmat dengan Rasa Rempah yang Kuat

Anda sekalian yang tertarik dan penasaran dengan resep gadon daging diatas dapat mencobanya sekarang juga. Selamat memasak.

Lihat video membuat Gadon Daging

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan