Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Nasi Tomat Khas India yang Ternyata Rasanya Lezat dan Pastinya Mengenyangkan

Resep Nasi Tomat Khas India yang Ternyata Rasanya Lezat dan Pastinya Mengenyangkan

tomato rice1

Resep nasi tomat

Apa itu resep nasi tomat? Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia belum mengetahuinya karena kuliner yang satu ini memang bukan masakan Nusantara. Memang benar, nasi tomat berasal dari negara India. Mungkin mirip dengan nasi kari, nasi kebuli, atau yang sejenisnya. Disebut nasi tomat karena memang memakai dua bahan utama beras dan tomat merah.

Selain kedua bahan tersebut, tetap ada protein hewani dengan mencampurkan daging sapi asap ke dalam masakan. Tentu saja kuliner khas India perlu melibatkan beragam bumbu dan rempah-rempahnya, sehingga rasa masakannya begitu lezat. Lalu, bagaimana resep nasi tomat khas India yang dijamin rasanya lezat? Berikut informasi selengkapnya yang perlu Anda ketahui.

Bahan-bahan

Recipe By Mustofa Cahya
Course: Cusine:ID Difficulty:

Servings

2 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

500 kcal

INGREDIENTS

  1. 300 gram beras putih jenis brasmati atau yang biasanya

  2. 250 gram tomat merah segar

  3. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

  4. ¼ sendok teh merica bubuk

  5. ½ sendok teh kaldu bubuk sapi

  6. 1 batang seledri dicincang kasar

  7. 1 buah jeruk nipis

  8. 2 lembar daun jeruk

  9. 2 batang serai digeprek lalu diambil bagian putihnya saja

  10. 2 cm jahe digeprek

  11. ½ butir bawang bombay dicincang kasar

  12. 3 siung bawang putih dicincang halus

  13. 5 butir bawang merah dicincang halus

  14. 3 lembar daging sapi asap dipotong dadu

  15. 500 ml air

Baca Juga :  Resep Sambal Pedas Mantab Raos Pisan

DIRECTION

  1. Persiapan

    Bersihkan dulu semua beras putih yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Sisihkan dulu. Selain itu, kupas tomat merah yang disediakan, lalu buang semua bijinya. Setelah itu, cincang kasar dan sisihkan dulu.

  2. Memasak

    Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumah bawang putih dan bawang merah hingga harum.<br>Tambahkan bawang bombay dan jahe, lalu tumis lagi hingga layu. Setelah itu, masukkan serai dan daun jeruk, lalu tumis lagi.<br>Siapkan rice cooker, lalu masukkan beras putih yang sudah dicuci beras ke dalam pancinya. Tuangkan air yang sudah disiapkan. Tambahkan cincangan tomat, potongan daging asap, garam, kaldu bubuk sapi, dan merica bubuk.<br>Aduk merata hingga semua beras, bahan lainnya, serta bumbu tercampur. Setelah itu, tutup rapat rice cooker dan nyalakan ke mode Cook untuk memasaknya.<br>Masak hingga rice cooker ke mode Warm atau nasinya benar-benar matang. Setelah matang, cabut kabel listriknya dan buka penutup rice cooker. Aduk perlahan nasi tomat di dalamnya perlahan agar uap panasnya menghilang. Jika sudah tidak terlalu panas, nasi tomat bisa segera disajikan.

  3. Sajikan

    Siapkan beberapa piring saji untuk plating, lalu masing-masing beri nasi tomat yang sudah matang. Taburi seledri dan bawang merah goreng secukupnya.

Baca Juga :  Resep Roti Jala Kuah Kari Khas Aceh, Kudapan dengan Cita Rasa Gurih yang Mampu Menggoyang Lidah

NOTES

Peringkat: 5 dari 5.

Sekarang, Anda sekalian sudah mengenal salah satu kuliner khas India, yaitu resep nasi tomat. Selanjutnya, silahkan coba membuatnya di rumah agar tidak penasaran lagi dengan rasanya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan