Lompat ke konten
Home » Wisata » Klaten Juga Punya Wisata yang Menantang, Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Harus Dicoba untuk Uji Adrenalin

Klaten Juga Punya Wisata yang Menantang, Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Harus Dicoba untuk Uji Adrenalin

kuliner Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang1

Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang

Melintasi jembatan gantung atau naik gondola untuk ke Kampung Girpasang Klaten hanya untuk Anda yang berani menguji adrenalin. Berada pada ketinggian serta menghubungkan antara 2 bibir jurang memberikan sensasi yang seru dan mengasyikkan bagi Anda yang terbiasa mencoba hal-hal menantang. Wisata di Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten akan melatih diri untuk berani coba hal yang menarik dan menantang.

Kampung Girpasang Klaten dulunya adalah daerah terpencil. Akses dari kampung tersebut ke kota tidak mudah. Warga kampung harus naik dan turun gunung, melewati jurang di area gunung Merapi.

Sekarang, daerah ini sudah jadi wisata Klaten baru yang menjadi favorit dan ramai dikunjungi wisatawan. Dimulai dari adanya jembatan gantung untuk warga lebih mudah dan cepat melintasi jurang.

Ada pula gondola yang pada mulanya memiliki fungsi sebagai pengangkut barang bawaan warga. Biasanya adalah hasil panen yang akan dijual di seberang.

Nyatanya, Kampung Girpasang terus-menerus berbenah untuk wujudkan daerahnya menjadi objek wisata Klaten terkenal. Untungnya, di awal tahun 2022, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Kampung Girpasang. Dari kunjungan tersebut, selanjutnya terus meningkat kunjungan ke kampung wisata tersebut.

Banyak wisatawan yang berwisata ke Kampung Girpasang, menikmati panorama indah kampung ini. Tidak lupa untuk menjajal menaiki Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang. Merasakan keseruan melewati jembatan di atas jurang dengan ketinggian kurang lebih 150 Meter. Sekaligus naik gondola yang menggantung di sebelah jembatan.

Tiket Masuk Wisata Girpasang Klaten

Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang3
Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang3

Untuk bisa menikmati wisata Girpasang baru ini, Anda tidak perlu membayar mahal. Jembatan Gantung serta Gondola Girpasang Klaten dapat dinikmati dengan biaya terjangkau ramah di kantong. Hanya dengan membayar sebesar Rp. 2000, Anda sudah dapat menikmati keseruan melintasi Jembaran Girpasang. Sementara, cara lain untuk menuju ke Kampung Girpasang, Anda bisa coba gondola Klaten. Cukup bayar sebesar Rp. 60.000 per empat orang, Anda dapat mencoba sensasi meluncur menggunakan keranjang kaca besar.

Baca Juga :  Skywalk Cantigi, Dermaga Ponton andalan Kawah Putih Bandung

Alamat Wisata Girpasang Klaten

Bagi Anda yang ingin coba naik Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten, Anda bisa datang ke alamat Gritingan, Kel. Tegalmulyo, Kec. Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Rute Jalan Menuju ke Wisata Girpasang Klaten

Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang4
Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang4

Kelurahan Tegalmulyo, Kemalang merupakan daerah yang juga termasuk jauh dari pusat kota. Saran yang terbaik adalah naik kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke sana.

Dari arah pusat kota Klaten, wilayah Girpasang berjarak sekitar 36,5 km dan dapat ditempuh dengan waktu tempuh 1 jam berkendara. Perjalanan dapat dimulai dari alun-alun Klaten. Anda bisa memanfaatkan teknologi Google Maps untuk menunjukkan petunjuk arah perjalanan lebih cepat. Anda dapat memasukkan kata kunci SMP Negeri 2 Karangnongko.

Dari Alun-Alun, arahkan kendaraan Anda ke Pabrik Gula Winangoen. Sampai di sini, belok ke kanan lalu jalan lurus hingga ke pertigaan Pasar Basin. Lalu, belok ke kanan Basin-Karangnongko. Ikutilah petunjuk arah untuk sampai ke SMP Negeri 2 Karangnongko. Sesampainya di sana, ikuti jalan aspal sampai bertemu pertigaan dan lalu belok ke kanan. Lurus ke Utara sampai bertemu dukuh Girpasang, Tegalmulyo.  

Jam Buka Operasional Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang Klaten

Hal tidak kalah penting Anda tahu adalah wisata Girpasang buka jam berapa. Jam operasional wisata Jembatan Gantung Girpasang buka tiap hari Senin – Minggu pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Wisatawan paling banyak memilih berkunjung pada waktu pagi dan sore hari. Jadi, jika Anda termasuk traveler yang suka dengan suasana sepi, pilih waktu siang hari, terlebih saat bukan hari libur.

Aktivitas Seru di Wisata Kampung Girpasang

Pergi ke wisata Kampung Girpasang memanglah membutuhkan perjuangan. Letaknya cukup jauh dari pusat kota. Namun, ini sangat sepadan dengan keindahan wisata yang ada di dalamnya.  

Adanya Jembatan Gantung serta Gondola Girpasang Klaten jadi salah satu fasilitas bisa dipakai untuk dapatkan pengalaman liburan mengesankan.

Berikut ini adalah aktivitas yang dapat dilakukan selama berwisata di sini:

  • Naik Jembatan Gantung
Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang2
Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang2

Jembatan Gantung yang memiliki panjang 120 meter serta lebar 1,8 meted ini berada di ketinggian 150 meter. Jembatan ini melintasi jurang cukup lebar. Warna jembatan berwarna merah dan putih dan menghubungkan antara Dusun Girpasang dan Dusun Beringin. Sudah menjadi salah satu ikon Kota Klaten, Anda patut mencoba sensasi melintas di atas jembatan.

  • Meluncur Menggunakan Gondola
Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang1
Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang1

Pada awalnya, Gondola Girpasang ini untuk mengangkut barang-barang penduduk yang akan melintasi jurang. Namun berjalannya waktu, untuk kepentingan wisata, gondola diperbaiki sehingga layak digunakan mengangkut manusia. Yakni dengan memberikan dinding pelindung di semua sisinya yang terbuat dari kaca. Alhasil, siapa saja yang naik gondola ini bisa menikmati pesona keindahan alam Gunung Merapi dari Girpasang.

Baca Juga :  Melihat indahnya Kota Batu dari Rumah Pohon Omah Kayu Paralayang

Gondola melintas selama 10 menit dari atas ketinggian 138 meter yang di bawahnya terdapat jurang dengan kedalaman 130 meter. Dalam sekali jalan, satu gondola bisa mengangkut 4 orang saja agar tetap terjaga keselamatannya.

Karena termasuk aktivitas yang menguji adrenalin, sekarang ini Gondola Girpasang menjadi daya tarik utama kunjungan. Para pengunjung akan dibuat deg-degan selama di dalam gondola. Maka dari itu, sebelum Anda naik harus memastikan jika tubuh dalam kondisi sehat.

  • Kuliner-an
kuliner Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang
kuliner Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang

Sangat disayangkan rasanya jika sudah datang ke Kampung Girpasang tapi belum coba kuliner khas dari daerah ini. Terdapat cafe pada area wisata yang cocok untuk nongkrong santai sembari melihat pemandangan sekitar. Nampak dari cafe, pemandangan yang hijau dengan jembatan serta tali gondola membentang di atas jurang.

Selain itu, terdapat juga warung milik warga yang sediakan kopi Merapi khas dari Klaten Girpasang. Sama halnya ketika berada di cafe, makan minum di warung pun menyenangkan. Sebab memiliki latar belakang panorama keindahan alam yang mampu menenangkan jiwa dan pikiran.

Selain kopi, Anda pun harus mencicipi kelezatan Ayam Ingkung dan Sambal Pedas. Kulineran ditambah menguji adrenalin di Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang alan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

  • Coba Menara Pandang
kuliner Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang1
kuliner Jembatan Gantung dan Gondola Girpasang1

Setelah Anda melintas dengan Jembatan Gantung serta Gondola Girpasang, Anda pun bisa coba ke menara pandangan yang juga ada di sana. Keindahan dari Gunung Merapi akan semakin terlihat jelas di mata.

Baca Juga :  Hobi Pergi Berlibur? Pantai Menganti Kebumen Wajib Masuk List Objek Wisata yang Dikunjungi

Tidak lupa, Anda bisa bersua dan beramah-tamah dengan penduduk setempat. Mereka siap untuk menunjukkan cara menanam berbagai macam sayuran. Jika sedang masa panen, Anda bisa coba membeli hasilnya. Selain bisa dijadikan sebagai buah tangan, dengan Anda beli produk lokal, Anda sudah membantu roda ekonomi Kampung Girpasang bergerak.

Melintas di Jembatan Gantung serta Gondola Girpasang Klaten tentu akan memberikan kesan yang tersendiri.

Pastikan jika Anda adalah pribadi yang pemberani dan siap dengan tantangan serta menguji nyali jika hendak berwisata ke destinasi wisata di Klaten ini.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan