Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Gota Khas Suku Batak yang Melegenda dan Super Unik

Resep Ayam Gota Khas Suku Batak yang Melegenda dan Super Unik

Ayam Gota Khas Suku Batak (2)

Resep ayam gota

Apa itu resep ayam gota? Anda yang bukan berasal dari Sumatra khususnya Tapanuli, Sumatra Utara (Sumut) tentu belum mengenal masakan tersebut. Memang benar, ayam gota merupakan kuliner khas Suku Batak, Sumatra Utara. Masakannya kaya akan bumbu dan rempah khas Nusantara, sehingga tidak heran jika rasanya begitu autentik. Bahan utamanya adalah daging ayam kampung yang lebih berserat, tetapi citarasanya sangat lezat.

Namun yang menarik, yaitu ayam gota dimasak dengan penambahan saus yang berasal dari hati ayam. Diketahui bahwa masakan tersebut aslinya dimasak dengan darah ayam yang dijadikan saus kental. Namun dengan pertimbangan agama dan kesehatan, darah ayam diganti dengan hati ayam, bahkan rasanya lebih menggugah selera.

Lalu, bagaimana resep ayam gota khas Suku Batak selengkapnya? Berikut informasinya lebih detail yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  • 500 gram daging ayam kampung segar di bagian mana saja
  • 6 buah hati ayam segar
  • 3 lembar daun jeruk
  • 500 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • 10 buah cabai merah besar
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas dikupas
  • 2 cm jahe dikupas
  • 2 batang serai
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 2 cm kunyit dikupas
  • 1 sendok teh andaliman
  • 2 sendok makan kelapa parut disangrai hingga kekuningan
Baca Juga :  Resep ikan kakap asam pedas, Rasanya Menggoyangkan Lidah

Cara memasak ayam gota

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep ayam gota dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Buang kotoran serta bulu-bulu halus yang masih menempel.
  2. Jika ukurannya cukup besar, silahkan memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai selera. selanjutnya, rebus ayam sekitar 45 menit hingga mengeluarkan kaldu. Atau jika menggunakan panci presto, cukup merebusnys 30 menit saja. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  3. Langkah berikutnya, silahkan merebus ati ayam yang sudah disediakan sekitar 15 menit hingga mendidih dan matang. Angkat dan tiriskan.
  4. Setelah itu, haluskan semua hati ayam bersama air yang sudah disiapkan dengan cara memblendernya hingga benar-benar lembut. Jika tidak ada blender, cincang halus ati ayam dengan pisau, lalu remas-remas memakai tanggan hingga lembut. Sisihkan dulu.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum beserta daun jeruk.
  6. Lalu, masukkan potongan ayam dan aduk merata dengan bumbu hingga tercampur. Setelah itu, tuangkan ati ayam yang sudah dihaluskan ke dalam wajan. Aduk merata lagi.
  7. Kecilkan api kompor, lalu bumbui dengan garam. Masak hingga mendidih dan kuahnya agak menyusut. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya.
  8. Jika rasanya sudah sesuai selera, segera matikan kompor. Diamkan beberapa saat agar masakannya tidak terlalu panas.
  9. Waktunya plating. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan ayam gota yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan agar lebih mengenyangkan.
Baca Juga :  Resep Gochujang Hobak Jjigae (Rebusan Zucchini Pedas khas Korea)

Sekarang, Anda sekalian sudah mengenal lebih detail perihal resep ayam gota khas Suku Batak. Jika penasaran dengan rasa masakannya, silahkan saja mencobanya di rumah siapa tahu rasanya cocok di lidah Anda. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan