Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gado-Gado Kacang 1 kg, ini cara membuatnya

Resep Gado-Gado Kacang 1 kg, ini cara membuatnya

Resep gado-gado (2)

Pengenalan Resep Gadogado

Gado-gado adalah hidangan populer yang berasal dari berbagai budaya di seluruh dunia. Hidangan ini biasanya terdiri dari berbagai sayuran yang direbus atau dikukus, tahu, dan tempe, disajikan dengan saus kacang yang kental. Nama gado-gado berasal dari kata Perancis “hochepot” yang berarti sup yang terbuat dari campuran bahan. Tergantung pada wilayah dan budayanya, bahan dan cara memasak gado-gado bisa berbeda-beda, namun hidangan tersebut selalu menjadi cara yang lezat dan bergizi untuk menikmati beragam sayuran.

Bahan dan cara memasak gado-gado bisa berbeda-beda tergantung daerah dan budaya. Di Indonesia misalnya, masakan ini dikenal dengan nama gado-gado dan biasanya berupa campuran sayuran yang direbus atau dikukus seperti kubis, tauge, dan kacang panjang, serta tahu, tempe, dan telur rebus. Bumbu kacang yang digunakan pada gado-gado dibuat dengan cara menumis kacang tanah goreng, bawang putih, dan cabai merah, lalu menambahkan kentang dan air ke dalam adonan. Di Nigeria, hidangan ini dikenal sebagai salad dan sering disajikan dengan kentang rebus, wortel, dan telur, serta saus kacang kental. Terlepas dari variasi budayanya, gado-gado adalah cara yang lezat dan sehat untuk menikmati beragam sayuran dan protein nabati.

Gado-gado adalah hidangan penting dalam banyak budaya di seluruh dunia. Di Indonesia, gado-gado merupakan jajanan pinggir jalan yang populer dan sering disajikan sebagai hidangan utama atau lauk . Di Nigeria, salad merupakan hidangan pokok dan sering disajikan di pesta pernikahan dan perayaan lainnya . Hidangan ini juga populer di belahan dunia lain, termasuk Karibia, yang dikenal sebagai callaloo. Gado-gado tidak hanya merupakan cara yang lezat dan bergizi untuk menikmati beragam sayuran, tetapi juga mewakili keragaman budaya dan kekayaan masyarakat yang menganut hidangan tersebut.

Menyiapkan Hidangan Gadogado

Langkah pertama dalam menyiapkan masakan gado-gado adalah memilih dan menyiapkan bahan-bahannya . Bahan-bahannya biasanya berupa berbagai sayuran seperti tauge, wortel, kubis, dan labu kuning, serta tahu, tempe, dan telur. Untuk menyiapkan sayuran, sayuran harus dicuci dan dipotong kecil-kecil. Tahu dan tempe harus diiris dan digoreng hingga renyah. Telurnya bisa direbus dan diiris-iris. Penting untuk memastikan semua bahan dimasak dengan benar sebelum disajikan.

Baca Juga :  Resep Pecel Semanggi Khas Surabaya, Sajian Nikmat yang Sudah Langka

Teknik memasak dan tips membuat masakan gado-gado relatif sederhana. Untuk membuat kuahnya, rebus sambal pecel dalam air mendidih, lalu masukkan bahan lainnya dan tes rasa. Untuk sambal kacang, panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum, lalu masukkan kacang tanah dan kecap manis. Haluskan adonan, lalu sisihkan. Aduk tempe dan tahu bersama bumbu marinasi lalu goreng hingga renyah. Terakhir, siram saus kacang di atas sayuran dan bahan lainnya, lalu sajikan dengan kerupuk.

Saran dan variasi penyajian masakan gado-gado ada bermacam-macam. Salah satu cara penyajiannya adalah dengan menata semua bahan dengan rapi di piring, ditaburi saus kacang, dan ditaburi bawang goreng. Variasi lainnya adalah dengan menambahkan berbagai jenis sayuran atau sumber protein, seperti ayam atau udang, ke dalam masakan. Di beberapa daerah di Indonesia, gado-gado disajikan dengan berbagai jenis saus atau saus, seperti kecap manis atau saus jeruk nipis dan sambal. Apapun variasinya, sajian gado-gado merupakan santapan lezat dan sehat yang dapat dinikmati oleh siapa saja yang mencari sajian beraroma dan bergizi.

Manfaat Kesehatan dan Nilai Gizi Gadogado

Gado-gado adalah hidangan yang terbuat dari berbagai sayuran, protein, dan saus. Nilai gizi gado-gado bisa berbeda-beda tergantung bahan yang digunakan dan banyaknya saus yang ditambahkan. Misalnya saja resep Gado-gado sejenis masakan gado-gado yang mengandung energi 1.305 kj, lemak 18,14 gram, protein 18,46 gram, karbohidrat 26,59 gram, natrium 115 miligram, dan kalium 570 miligram. . Bahan-bahan yang digunakan dalam masakan gado-gado seringkali padat nutrisi, antara lain sayuran seperti tauge, kentang, dan telur rebus. Bahan-bahan tersebut kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, dan K, potasium, dan serat. Dengan memasukkan gado-gado ke dalam pola makan seimbang, individu dapat memperoleh manfaat dari bahan-bahan padat nutrisi ini dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Mengonsumsi masakan gado-gado dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan karena bahan padat nutrisi yang digunakan. Misalnya, gado-gado, sejenis hidangan gado-gado, terbukti membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, hidangan ini mengandung protein nabati, menjadikannya pilihan yang baik bagi vegetarian atau mereka yang ingin mengurangi konsumsi daging. Kombinasi sayuran dan protein dalam hidangan gado-gado juga dapat berkontribusi terhadap perasaan kenyang dan kenyang, menjadikannya pilihan yang baik untuk mengelola berat badan . Dengan memasukkan hidangan gado-gado ke dalam pola makan seimbang, individu dapat memperoleh manfaat dari khasiat yang meningkatkan kesehatan ini.

Baca Juga :  Resep Membuat Chicken Wings ala Restoran

Memasukkan hidangan gado-gado ke dalam pola makan seimbang adalah cara sederhana dan lezat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan menggunakan bahan-bahan padat nutrisi seperti sayur mayur, protein, dan lemak sehat, masakan gado-gado dapat menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan senyawa bermanfaat lainnya. Untuk membuat gado-gado, masyarakat dapat merebus atau merendam sayuran dalam air panas hingga matang namun masih renyah, kemudian ditambahkan protein seperti telur rebus atau tahu. Saus kacang merupakan makanan pendamping yang umum pada masakan gado-gado dan dapat dibuat dengan cara memanggang dan menghaluskan kacang tanah, kemudian merebusnya dengan santan dan bumbu. Dengan bereksperimen dengan bahan dan saus yang berbeda, individu dapat menciptakan beragam masakan gado-gado yang sesuai dengan selera dan kebutuhan nutrisinya.

Bahan-bahan

  • Potongan kentang yang dikukus dan dikupas seberat 350 gram sudah dipotong-potong.
  • 350 gram tahu khusus varian putih.
  • 350 gram tempe
  • Disobek-sobek 7 lembar daun selada varietas hijau.
  • Iris tipis dua buah mentimun.
  • Tauge rebus seberat 100 gram.
  • Rebus kubis yang diiris kasar sebanyak 200 gram.
  • Minyak yang cocok untuk menumis dan menggoreng, khusus digunakan dalam proses memasak.
  • Campurkan bumbu marinasi tahu dan tempe hingga rata.
  • Bawang putih, cincang halus, sebanyak tiga siung.
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • Air, ukuran 200 ml.

Saus yang terbuat dari kacang tanah

  • Kacang tanah yang dihaluskan seberat 200 g, digoreng dan dibuang kulitnya.
  • Buang daunnya dari 3 lembar daun jeruk.
  • 2 sendok makan kecap manis Bango
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok teh gula merah
  • Santan sebanyak 300 mililiter yang konsistensinya encer.
  • Volume 300 mililiter air.
  • Campurkan 1 sendok teh asam jawa dengan 2 sendok makan air, biarkan asam jawa larut.

Bumbu yang sudah diulek

  • Buang bijinya dari 5 buah cabai merah ukuran besar.
  • Trio cabai merah cerah dengan ikal menawan.
  • Tidak ada kalimat atau paragraf yang disediakan dalam teks aslinya, sehingga tidak dapat dibuat ulang.
  • 4 siung bawang putih
  • Takaran 1/2 sendok teh terasi yang sudah digoreng.
Baca Juga :  Resep Untuk Membuat Kue Klepon Kenyal Legit

melengkapi

  • Potong 6 butir telur rebus, kupas dan potong kecil-kecil.
  • Potong dua buah tomat, potong-potong.
  • 3 sendok makan bawang merah yang sudah dimasak dengan minyak
  • camilan asin dan camilan renyah

Petunjuk Memasak:

  • Campurkan tempe dan tahu dengan bumbu marinasi, aduk rata. Biarkan saja untuk saat ini.
  • Mulailah dengan memanaskan minyak, lalu goreng tahu dan tempe hingga mencapai tingkat kerenyahan yang diinginkan dan matang sepenuhnya. Setelah selesai, keluarkan dengan hati-hati dari minyak dan biarkan sisa minyak mengalir. Sisihkan untuk digunakan nanti.
  • Untuk membuat saus kacang, mulailah dengan memanaskan 3 sendok makan minyak dalam wajan. Selanjutnya tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga mengeluarkan aroma harum. Masukkan kacang tanah dan Kecap Manis Bango, pastikan tercampur rata. Lanjutkan dengan menambahkan sisa bahan dan aduk campurannya. Biarkan hingga matang hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Terakhir, angkat saus dari api dan biarkan dingin sebelum disajikan.
  • Di piring saji, tata tahu, tempe, kentang, selada, timun, tauge, dan kol. Taburi dengan bawang merah goreng dan siram dengan saus kacang. Temani dengan lauk pauk yang diinginkan.
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan