Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sate Jamur Merang Sambal Mangga yang Lezat dan Segar

Resep Sate Jamur Merang Sambal Mangga yang Lezat dan Segar

Resep Sate Jamur Merang Sambal Mangga yang Lezat dan Segar (1)

Resep sate jamur merang

Ada resep sate jamur merang yang bisa Anda sekalian coba di rumah. Bahan utamanya jamur merang yang bisa dibeli di pasar tradisional atau supermarket terdekat tempat tinggal masing-masing.

Jamur tersebut sebagai pengganti daging yang biasanya menjadi bahan sate, seperti daging ayam, kambing, sapi, atau yang lainnya. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang vegetarian karena tidak mengkonsumsi semua bentuk olahan daging tanpa terkecuali.

Setelah matang, sate jamur merang tersebut akan disajikan dengan sambal mangga yang segar dan menggugah selera.

Dijamin banyak orang menyukainya karena bukan hanya lebih sehat kulinernya, tetapi juga rasanak enak. Anda yang penasaran dengan resep sate jamur merang selengkapnya silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  • 500 gram jamur merang segar
  • 1 buah jeruk nipis
  • ¼ sendok teh garam
  • 150 ml air
  • Tusuk sate secukupnya

Bahan sambal mangga

  • 1 buah mangga muda dikupas dan ambil daging buahnya saja
  • 3 buah cabai rawit merah atau sesuai selera dihaluskan
  • 1 sendok teh terasi
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam halus
Baca Juga :  Resep Ayam Suwir Bali Dengan Citarasa Kencur yang Menggugah Selera Makan

Cara membuat sate jamur merang dengan sambal mangga

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep sate jamur merang dengan sambal mangga dengan cara membuatnya sebagai berikut.

1. Bersihkan dulu semua jamur merang di bawah air mengalir. Buang semua kotoran yang masih menempel. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah baskom bersih semuanya.

2. Tambahkan air, perasan jeruk nipis, dan garam. Aduk sebentar dan diamkan sekitar 10 menit.

3. Setelah itu, tiriskan jamur dan bilas dengan air bersih. Ambil sebuah tusuk sate, lalu tusukkan 4 jamur merang. Lakukan langkah tersebut hingga semua jamurnya habis.

4. Selanjutnya, siapkan tempat untuk membakar atau memanggang. Anda bisa memakai tungku berbahan arang atau teflon datar bergelombang. Jika menggunakan teflon, jangan lupa mengolesi terlebih dulu permukaannya dengan minyak goreng secukupnya agar jamur tidak cepat hangus atau gosong.

5. Bakar jamur merang hingga berwarna cokelat kehitaman di semua sisinya. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Jika benar-benar sudah matang, angkat dan sisihkan dulu. Sate jamur sudah matang.

Baca Juga :  Resep opor ayam putih sederhana dan enak

6. Sambil menunggu sate jamur merang tidak begitu panas, Anda bisa membuat sambal mangga. Caranya, potong-potong daging buah mangga yang sudah disiapkan ukuran kecil.

7. Setelah itu, siapkan sebuah wadah mangkuk ukuran sedang. Lalu, masukkan potongan mangga muda beserta cabai rawit merah, garam, terasi, dan gula pasir.

8. Aduk dan haluskan menggunakan sendok hingga tercampur merata. Anda bisa mencicipi sedikit sambal mangganya untuk mengkoreksi rasanya. Sambal mangga sudah jadi.

9. Waktunya plating. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan semua sate jamur merang yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan sambal mangga yang sudah jadi.

Bagaimana dengan resep sate jamur merang dengan sambal mangga diatas? Silahkan Anda praktikkan di rumah sekarang juga. Siapa tahu cocok dengan rasanya, sehingga bisa mencobanya lagi di lain waktu. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan