Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sukun Goreng Bawang Empuk, Siap Temani Nonton Bola

Resep Sukun Goreng Bawang Empuk, Siap Temani Nonton Bola

Resep Sukun Goreng (1)

Resep Sukun Goreng

Untuk membuat resep sukun goreng yang lezat, langkah pertama adalah mempersiapkan sukun[1]. 

  • Pertama, kupas kulit sukun dan potong menjadi beberapa bagian. Potongan sukun sebaiknya tidak terlalu tipis atau tebal[2]. 
  • Setelah mempersiapkan sukun, langkah selanjutnya adalah memotong dan membumbui sukun[3]. 
  • Potong sukun dengan tipis dan gosokkan garam dan bawang merah pada potongan sukun. 
  • Tambahkan sedikit air untuk merendam potongan sukun agar bumbu meresap dengan baik[4]. 
  • Setelah merendam selama kurang lebih 10 menit, panaskan minyak goreng secukupnya.
  • Langkah terakhir dalam membuat resep sukun goreng adalah menggoreng irisan sukun hingga matang dan kecokelatan[5]. 
  • Goreng sukun dengan api kecil agar tidak cepat gosong[5]. 
  • Setelah matang, angkat sukun dan tiriskan minyak.
  • Sukun goreng siap disajikan sebagai camilan atau lauk pendamping nasi[6]. Selamat mencoba!

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Sukun yang Tepat** – Pilih sukun yang matang untuk digoreng karena rasanya lebih manis dan teksturnya creamy. Carilah sukun yang keras, tanpa bintik atau noda lunak. Sukun yang matang harus memiliki kulit berwarna hijau kekuningan dan sedikit menyerah pada tekanan saat diperas.

**Mempersiapkan Sukun** – Mulailah dengan mencuci dan mengupas sukun. Potong menjadi irisan atau kubus, tergantung preferensi Anda. Pastikan potongannya berukuran seragam untuk memastikan pemasakan merata. Merendam potongan sukun dalam air asin selama kurang lebih 15 menit dapat membantu mengurangi rasa lengket dan memperbaiki teksturnya saat digoreng.

Baca Juga :  Intip Resep Makanan Tahu Garam Cabai

**Memilih Oli dan Suhu yang Tepat** – Gunakan minyak dengan titik asap tinggi, seperti minyak sayur atau minyak kelapa, untuk menggoreng sukun. Pertahankan suhu minyak antara 175-190°C (350-375°F) untuk mendapatkan bagian luar yang renyah sambil memastikan sukun matang tanpa menjadi berminyak.

**Bumbu dan Penyedap** – Bereksperimenlah dengan berbagai bumbu dan perasa untuk meningkatkan cita rasa sukun goreng. Pilihan umum termasuk garam, merica, bubuk bawang putih, paprika, atau bahkan taburan bubuk kari untuk rasa yang unik. Segera masukkan sukun goreng ke dalam bumbu setelah dikeluarkan dari minyak panas untuk memastikan bumbu menempel di permukaan.

**Tiriskan dan Penyajian** – Setelah digoreng, letakkan sukun di atas piring yang dialasi tisu untuk mengalirkan minyak berlebih. Sajikan sukun goreng sebagai camilan mandiri, lauk, atau masukkan ke dalam resep lain, seperti salad atau sandwich, untuk menambah cita rasa yang lezat dan unik. Pertimbangkan untuk menyajikannya dengan saus seperti aioli atau salsa mangga pedas untuk menambah rasa.

Pertanyaan Umum

Q: Apa itu sukun dan dimana menemukannya? A: Sukun merupakan buah tropis yang banyak terdapat di daerah dengan iklim tropis. Anda dapat menemukannya di pasar lokal, toko kelontong, atau toko produk khusus di daerah tropis.

Q: Bagaimana cara mengetahui sukun sudah matang dan siap digunakan untuk resep? A: Buah sukun yang matang akan memiliki tekstur agak empuk saat ditekan, mirip dengan buah alpukat yang sudah matang. Kulit mungkin juga memiliki beberapa bintik atau bercak kuning. Hindari sukun yang terlalu keras atau terlalu lunak karena mungkin tidak cocok untuk resep ini.

Baca Juga :  Resep Nasi Pecel Ala Sederhana

Q: Apa saja langkah-langkah penting dalam menyiapkan sukun goreng? A: Langkah-langkah utamanya adalah menyiapkan sukun dengan cara memotongnya menjadi irisan atau kubus, membumbuinya dengan bumbu dan rempah sesuai selera, lalu menggoreng sukun yang sudah disiapkan hingga berwarna cokelat keemasan dan renyah.

Q: Bumbu atau rasa apa saja yang umum digunakan pada sukun goreng? A: Bumbu umum untuk sukun goreng antara lain garam, merica, bubuk bawang putih, paprika, dan bumbu atau rempah lainnya berdasarkan selera pribadi. Beberapa resep juga menyertakan marinade atau saus untuk meningkatkan rasa.

Q: Bisakah saya menggunakan minyak goreng apa saja untuk menggoreng sukun? A: Ya, berbagai macam minyak goreng seperti minyak sayur, minyak canola, atau minyak kelapa bisa digunakan untuk menggoreng sukun. Disarankan untuk menggunakan minyak dengan titik asap tinggi agar sukun gorengnya renyah dan matang merata.

Referensi : 

1.   Tips Mengolah Sukun Agar Getahnya Hilang dan Rasanya ….  (n.d.)   Diperoleh January 16, 2024, dari sajiansedap.grid.id 

2.   Resep Sukun Goreng Bumbu Bawang.  (n.d.)   Diperoleh January 16, 2024, dari www.fimela.com 

Baca Juga :  Sayur Sambal Krecek yang Gurih Pedas Memang Menggugah Selera

3.   Resep Sukun goreng oleh Nadiyah ElKarim.  (n.d.)   Diperoleh January 16, 2024, dari cookpad.com/id/resep/15589315-sukun-goreng 

4.   Resep Sukun Goreng Bawang Putih oleh Bunda Zaza.  (n.d.)   Diperoleh January 16, 2024, dari cookpad.com/id/resep/17165275-sukun-goreng-bawang-putih 

5.   3 Resep Sukun Goreng yang Gurih, Lezat, dan Crispy!.  (n.d.)   Diperoleh January 16, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/resep-sukun-goreng 

6.   399 resep sukun goreng enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh January 16, 2024, dari cookpad.com/id/cari/sukun%20goreng 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info