Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bola Nasi Korea Jumeokbap

Resep Bola Nasi Korea Jumeokbap

Jumeokbap1

Resep Jumeokbap

Bola nasi korea atau jumeokbap adalah kata Korea untuk bola nasi, secara harfiah berarti “nasi yang dikepal.”

Bola nasi dapat diisi dengan berbagai macam bahan. Beras, garam, minyak wijen, dan biji wijen adalah beberapa bahan yang paling mendasar. Namun, untuk membuat bola-bola nasi ini lebih mengenyangkan dan bergizi, kamu dapat menambahkan daging atau sayuran ke dalamnya.

Sebagai “lauk” berbahan dasar nasi, bola-bola nasi Korea sangat cocok disantap dengan makanan pedas seperti iga pedas Korea.

Sementara hidangan utama biasanya daging yang disiapkan di atas meja, beberapa restoran Korea mungkin menyediakan semangkuk nasi dengan daun bawang, minyak wijen, parutan rumput laut kering, dan topping lainnya.

Dibandingkan dengan hidangan Korea lainnya seperti ayam goreng Korea, mie instan, dan tteokbokki, bola-bola nasi Korea tidak terlalu sering muncul di media Korea.

Namun, mereka sesekali muncul, biasanya untuk menggambarkan kesulitan orang kelas bawah atau efek perang dalam drama sejarah.

Gunakan beras berbutir pendek atau sedang (seperti beras sushi atau beras japonica) untuk membuat bola-bola nasi yang benar-benar saling menempel.

Kecuali beras ketan, yang juga dikenal sebagai beras manis atau ketan, beras berbutir panjang tidak akan menempel dengan baik.

Jika menggunakan gelas takar beras untuk memasak tiga cangkir beras mentah (satu cangkir setara dengan 180 mililiter), kamu akan mendapatkan sekitar enam cangkir nasi.

Yang terakhir diukur dengan gelas ukur standar (satu gelas sama dengan 250 mililiter). 1 cangkir beras mentah memiliki berat sekitar 165 gram, atau 5,8 ons, jika lebih suka menimbang beras.

Baca Juga :  Resep Lumpia Rebung asli Semarang

Jumeokbap dibuat agar mudah disiapkan dan dimakan, sehingga tidak perlu disajikan dengan apa pun.

Meskipun demikian, cara ini sangat cocok untuk lobak asin (kuning), mentimun yang diawetkan, kimchi, dan juga sup berbasis kaldu hangat (misalnya doenjang guk yang tidak terlalu banyak menggunakan bahan pengawet).

Bola nasi ekstra harus disimpan dalam lemari pendingin dalam wadah yang tidak dapat ditembus selama 2 hingga 3 hari.

Kamu juga dapat membekukannya selama sekitar satu bulan. Bungkus setiap nasi kepal dan masukkan ke dalam kantong beritsleting jika membekukannya. Microwave dapat digunakan untuk memanaskannya kembali.

BAHAN UNTUK JUMEOKBAP, PORSI 14 HINGGA 16 BOLA NASI

BOLA-BOLA NASI DAGING SAPI

Bahan Utama :

  1. 150 g / 5,3 ons daging sapi cincang
  2. 70 g / 2,5 ons wortel, cincang halus
  3. 3 cangkir (520 g / 18,3 ons) nasi, nasi berbiji pendek atau sedang

Saus

  1. 3 sendok makan kecap asin, biasa
  2. 1 sendok makan arak beras (mirin)
  3. 1,5 sendok makan gula merah tua
  4. 1 sendok teh minyak wijen

BOLA NASI IKAN TERI YANG SUDAH DIBUMBUI

Bahan Utama

  1. 80 g / 2,8 ons ikan teri kering, ukuran ekstra kecil, potong kecil-kecil
    1. 3 cangkir (520 g / 18,3 ons) nasi, nasi berbiji pendek atau sedang

Saus

  1. 1 sendok makan & 1 sendok teh kecap asin, biasa
    1. 1 sendok makan & 1 sendok teh arak beras (mirin)
    1. 1 sendok makan gula merah tua
    1. 1/2 sendok makan madu
    1. 1/2 sendok makan minyak wijen
    1. 1 sdt biji wijen

PILIHAN

– 1/2 cangkir serpihan rumput laut berbumbu

Baca Juga :  Cara Membuat Nasi Uduk Yang Tidak Lengket Menggunakan Rice Cooker

*1 sdm = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml

CARA MEMBUAT BAKSO BAKSO DAGING SAPI KOREA (JUMEOKBAP)

  1. Sisihkan saus bola nasi yang sudah tercampur rata di dalam mangkuk kecil.
  2. Panaskan wajan dengan suhu sedang-tinggi sampai bagian bawahnya benar-benar panas. Masak daging sapi cincang hingga setengahnya matang sebelum menambahkan sisanya.
  3. Aduk wortel ke dalam wajan. Tambahkan saus dan nasi setelah daging sapi selesai dimasak. Campurkan dengan baik. Masak nasi hingga seluruh bagiannya terlapisi saus. Dibutuhkan waktu satu hingga dua menit. Tempatkan daging sapi tumis dan nasi dalam mangkuk sedang dan biarkan dingin hingga aman untuk disentuh.
  4. Gunakan dua tangan untuk meremas segenggam campuran daging sapi dan nasi tumis hingga nasi menyatu. Setelah menyatu, gulung menjadi bola. Sementara membuat bola-bola nasi, sisihkan masing-masing. Ulangi langkah ini sampai semua adonan terbentuk menjadi bola-bola. Kamu bisa mendapatkan tujuh hingga delapan bola nasi untuk ukuran sekepalan tangan.
  5. (Opsional) Taburkan serpihan rumput laut yang sudah dibumbui di atas bola-bola nasi. Menggulungnya di atas piring berisi serpihan rumput laut dapat menyelesaikannya. Tetap hangat.

BOLA NASI TERI BEKAS

  1. Sisihkan saus bola nasi yang telah diaduk rata dalam mangkuk kecil.
  2. Panaskan wajan dengan suhu sedang-tinggi sampai bagian bawahnya benar-benar panas. Untuk menghilangkan bau amis, tumis ikan teri selama satu menit dengan api sedang, aduk sesekali. Tidak perlu menggunakan minyak. Aduk rata saus bola nasi teri. Masak ikan teri selama sekitar satu menit, atau sampai ikan teri benar-benar terlapisi saus.
  3. Tambahkan nasi (tiga cangkir) dan teri tumis ke dalam mangkuk berukuran sedang. Campurkan dengan baik.
  4. Gunakan dua tangan untuk meremas-remas segenggam nasi dan campuran ikan teri berbumbu hingga nasi menyatu. Setelah menyatu, gulung menjadi bola. Sementara membuat bola-bola nasi, sisihkan satu per satu. Proses ini harus diulangi sampai seluruh adonan terbentuk menjadi bola-bola. Kamu bisa mendapatkan tujuh hingga delapan bola nasi untuk ukuran sekepalan tangan.
  5. Lapisi bola nasi dengan tetesan rumput laut yang sudah disiapkan. Menggulungnya di atas piring berisi serpihan rumput laut dapat melakukannya.
Baca Juga :  Memasak Gulai Kepala Ikan Kakap Buatan Sendiri Memang Luar Biasa

Lihat video Jumeokbap

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan