Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Udang Goreng Tepung, Favorit Keluarga

Resep Udang Goreng Tepung, Favorit Keluarga

Resep Udang Goreng Tepung (2)

Cara membuat Udang Goreng Tepung

Udang goreng tepung adalah masakan populer Indonesia yang mudah dibuat dan enak disantap. 

Untuk menyiapkan udang untuk digoreng, 

  1. Mulailah dengan membersihkan dan mengupasnya[1]. 
  2. Selanjutnya, bersihkan dan bilas dengan air dingin. 
  3. Tepuk-tepuk hingga kering dengan tisu dan sisihkan.

Untuk membuat campuran tepung untuk melapisi udang, 

  1. Campurkan tepung terigu, 
  2. tepung beras, 
  3. dan tepung bumbu dalam mangkuk[2]. 

Dalam mangkuk terpisah, 

  1. kocok telur dengan garam. 
  2. Celupkan udang ke dalam adonan telur yang sudah dikocok lalu gulingkan ke dalam adonan tepung hingga terlapisi seluruhnya [3].

Untuk menggoreng udang, 

  1. Panaskan minyak dalam wajan hingga mencapai suhu yang sesuai untuk menggoreng (350-375°F atau 175-190°C)[1]. 
  2. Tambahkan udang dengan hati-hati ke dalam minyak panas dan goreng hingga berwarna coklat muda dan renyah[4]. 
  3. Keluarkan dari minyak dengan sendok berlubang dan letakkan di atas piring berlapis tisu untuk membuang sisa minyak. 
  4. Udang goreng tepung paling enak disajikan panas dengan saus sambal atau mayones[5].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Tepung yang Tepat** – Gunakan tepung ringan yang digiling halus seperti tepung serbaguna atau tepung beras untuk melapisi udang. Tepung ini menghasilkan tekstur yang lembut dan renyah saat digoreng dan melekat dengan baik pada udang. Hindari penggunaan tepung yang berat atau kasar seperti tepung gandum utuh, karena dapat menghasilkan lapisan yang padat dan tidak rata.

**Membumbui Tepung dengan Benar** – Bumbui campuran tepung secukupnya dengan garam, merica, dan bumbu atau herba tambahan yang diinginkan seperti bubuk bawang putih, paprika, atau cabai rawit. Hal ini memastikan udang terbumbui dengan baik dan menambah rasa pada lapisan renyahnya. Campuran tepung yang dibumbui dengan baik dapat meningkatkan cita rasa udang goreng secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep Ayam Panggang Renyah dengan Rasa BBQ Korea

**Menjaga Suhu Oli yang Tepat** – Sangat penting untuk menjaga minyak pada suhu yang tepat (sekitar 350-375°F atau 175-190°C) selama proses penggorengan. Jika minyak terlalu dingin, udang akan menyerap minyak berlebih dan menjadi berminyak. Sebaliknya, jika minyak terlalu panas, lapisan udang bisa gosong sebelum udang benar-benar matang. Menggunakan termometer penggorengan dapat membantu memastikan minyak tetap berada pada kisaran suhu ideal.

**Bekerja secara Batch** – Hindari mengisi penggorengan atau penggorengan secara berlebihan saat memasak udang. Menggoreng secara bertahap memungkinkan udang matang secara merata dan memastikan suhu minyak tetap konsisten. Kepadatan yang berlebihan dapat menyebabkan suhu minyak turun dengan cepat, sehingga menghasilkan udang yang basah dan berminyak, bukan udang yang renyah dan berwarna coklat keemasan.

**Mengeringkan dan Istirahat** – Setelah digoreng, letakkan udang di rak kawat di atas loyang atau di piring yang dialasi tisu untuk mengalirkan minyak berlebih. Mengistirahatkan udang selama beberapa menit sebelum disajikan akan membantu lapisannya mengeras, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih renyah. Hal ini juga memungkinkan sisa panas untuk menyelesaikan pemasakan udang tanpa membuat bagian luarnya terlalu matang.

FAQ

Q: Apa saja langkah-langkah penting dalam menyiapkan udang untuk digoreng? A: Untuk menyiapkan udang untuk digoreng, Anda perlu mengupas dan membuang bagian udang, membiarkan ekornya tetap utuh. Kemudian, bilas udang dan keringkan dengan tisu sebelum melapisinya dengan tepung.

Baca Juga :  Cireng Bumbu Rujak, Bikin Betah Waktu Ngumpul

Q: Bahan campuran pelapis tepungnya apa ya? A: Campuran pelapis tepung biasanya terdiri dari tepung serbaguna, tepung maizena, garam, merica, dan bumbu pilihan seperti bubuk bawang putih, paprika, atau cabai rawit untuk menambah rasa.

Q: Bagaimana cara melapisi udang dengan campuran tepung? A: Setelah udang ditepuk-tepuk hingga kering, lumuri sedikit dengan campuran tepung dengan cara mengeruknya ke dalamnya. Penting untuk memastikan setiap udang terlumuri campuran tepung secara merata agar teksturnya renyah dan merata setelah digoreng.

Q: Bagaimana cara yang ideal untuk menggoreng udang hingga sempurna? A: Untuk menggoreng, panaskan minyak dalam wajan atau wajan dengan suhu sekitar 350°F (175°C). Masukkan udang yang sudah dilapisi dengan hati-hati ke dalam minyak panas, pastikan wajan tidak terlalu penuh. Goreng udang selama 2-3 menit di setiap sisinya hingga berubah warna menjadi coklat keemasan dan renyah.

Q: Bagaimana cara memastikan udang goreng tetap renyah? A: Untuk memastikan udang goreng tetap renyah, letakkan udang di rak kawat atau tisu untuk mengalirkan minyak berlebih setelah digoreng. Hal ini membantu menjaga kerenyahannya dengan mencegahnya menjadi basah karena sisa minyak.

Referensi : 

1.   Menciptakan Keajaiban dengan Resep Udang Goreng ….  (n.d.)   Diperoleh January 29, 2024, dari www.ohbegitu.com 

Baca Juga :  Kimchi Pancake, Cemilan Pendamping Drakor Korea

2.   8 Resep Udang Goreng Tepung Renyah dan Gurih ….  (n.d.)   Diperoleh January 29, 2024, dari www.merdeka.com 

3.   Resep Udang Goreng Crispy Gurih dan Simpel ala Sasa.  (n.d.)   Diperoleh January 29, 2024, dari www.sasa.co.id/kreasisasa/recipe/udang-goreng-crispy 

4.   5 Resep Udang Goreng Enak dan Gurih Sebagai Lauk ….  (n.d.)   Diperoleh January 29, 2024, dari www.fimela.com 

5.   3 Resep Udang Goreng Tepung yang Renyah Garing ….  (n.d.)   Diperoleh January 29, 2024, dari food.detik.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info