Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Terong Sambal Petai Teri yang Sederhana, Mudah, dan Rasanya Maknyus

Memasak Resep Terong Sambal Petai Teri yang Sederhana, Mudah, dan Rasanya Maknyus

Resep Terong Sambal Petai Teri (2)

Resep terong sambal petai teri

Resep terong sambal petai teri sangat cocok untuk para penggemar petai di seluruh Indonesia. Salah satu jenis sayuran yang satu ini identik dengan warna hijau dan bau khasnya. Petai bisa dijadikan lalapan, ditumis, digoreng, dibakar, dan yang lainnya. Petai juga cocok diolah menjadi sambal yang pedas dengan menambahkan beberapa bahan lainnya.

Seperti halnya sambal petai teri yang lebih cocok menambahkan terong ungu. Setelah matang masakannya, langsung bisa dijadikan lauk bersama nasi putih hangat. Dijamin rasanya mantul dan sedap meskipun sederhana. Anda yang ingin mempraktikkan resep terong sambal petai teri silahkan membaca dulu informasi selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  • 3 buah terong ungu ukuran sedang
  • 1 genggam ikan teri segar dicuci bersih, lalu digoreng matang
  • 2 papan petai dikupas
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng
Baca Juga :  Rasa Resep Mie Yamin Khas Bandung Memang Tiada Duanya

Bumbu yang dihaluskan

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 3 buah cabai merah besar
  • 8 butir bawang merah
  • 1 buah tomat merah besar
  • 2 butir kemiri disangrai dulu

Cara memasak terong sambal petai teri

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep terong sambal petai teri dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. silahkan membersihkan terong ungu yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, belah masing-msing terong hingga putus.

2. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng terong. Setelah minyak panas, goreng terong diatas api kecil hingga berwarna kecokelatan dan tidak perlu lama. Angkat, tiriskan, dan sisihkan dulu.

3. Kurangi minyak goreng sisa menggerong terong barusan hingga tersisa sekitar 2 sendok makan saja karena hanya untuk menumis. Panaskan lagi minyaknya, lalu tumis semua bumbu halus hingga harum.

Baca Juga :  Resep Masakan Sederhana Murah Meriah Tumis Tauge Tahu

4. Masukkan semua petai dan ikan teri, lalu aduk merata dengan bumbu. Setelah itu, bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya.

5. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah benar-benar matang, matikan kompot untuk segera menyajikannya.

6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan terong goreng diatasnya. Siram dengan sambal petai teri yang sudah matang diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.

Setelah matang, aroma masakannya dijamin menggugah selera dan membuat perut keroncongan. Anda harus mencoba resep terong sambal petai teri diatas. Selamat memasak.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan