Lompat ke konten
Home » Tumis Cumi Pedas Ala Seafood, Mudah Memasaknya di Rumah

Tumis Cumi Pedas Ala Seafood, Mudah Memasaknya di Rumah

Tumis Cumi Pedas (2)

Resep tumis cumi pedas

Tumis cumi pedas merupakan salah satu masakan seafood dengan bahan utama cumi. Hewan laut yang satu ini memang identik dengan makanan laut karena rasanya yang kenyal dan enak saat dimasak dengan bumbu apapun.

Apalagi bumbu yang digunakan bercitarasa gurih pedas menyengat. Dijamin Anda yang menyantapnya akan menghabiskan cukup banyak nasi hangat.

Terutama Anda sekalian yang menyukai seafood berbahan cumi. Sekarang, kamu bisa memasaknya sendiri di rumah menu kuliner yang satu ini. Jadi, tak perlu membelinya di luar yang mungkin harganya cukup mahal.

Kamu bisa memasaknya dan menyantapnya sepuasnya bersama keluarga di rumah. Sangat menyenangkan, bukan?

Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resep tumis cumi pedas berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 3 cumi segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis dipotong menjadi dua
  3. 1 buah bawang bombay diiris
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 2 lembar daun jeruk disobek
  6. 1 buah tomat merah dipotong kecil
  7. 3 cm jahe diris tipis
  8. 50 ml air matang
  9. ½ sendok teh garam
  10. Kaldu bubuk secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Nasi Goreng Mawut Pedas ala Rumahan yang Rasanya Maknyos

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 buah cabai rawit atau sesuai selera
  2. 3 buah cabai merah besar
  3. 3 siung bawang merah
  4. 1 siung bawang putih

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak tumis cumi pedas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan cumi terlebih dulu di bawah air mengalir. Buang semua kotoran, tinta, dan plastik di dalam tubuhnya. Lalu, potong-potong cumi ukuran sedang dan beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Aduk merata dan diamkan sekitar 10 menit.
  2. Setelah 10 menit, bersihkan lagi potongan cumi di bawah air mengalir. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, tumis bawang bombay hingga harum. Lalu, masukkan juga bumbu halus, batang serai, daun jeruk, dan jahe. Tumis hingga layu.
  4. Tambahkan tomat dan aduk merata. Setelah itu, masukkan potongan cumi dan kecilkan api kompor. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, kecap manis, dan air matang secukupnya. Masak hingga bumbu tercampur dan cumi matang.
  5. Perlu diingat bahwa memasak cumi jangan terlalu lama karena dapat menjadikan dagingnya keras atau alot. Oleh karena itu, Anda harus memperkirakan sendiri durasi memasaknya yang penting semua bumbu sudah tercampur semua dengan daging cumi.
  6. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasa. Jika masih kurang pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya dan aduk lagi sebentar. Matikan kompor dan masakan sudah matang, siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang goreng secukupnya jika ada. Jangan lupa menyiapkan sepiring nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Ayam Masak Bom, Kuliner Khas Banjarmasin Rasanya Menggoyang Lidah

Akhirnya, menu tumis cumi pedas sudah selesai dimasak dan siap disantap. Ajak semua anggota keluarga dan orang terdekat untuk menyantapnya.Selamat menikmati.

Tag:
Sponsor topwisata.info