Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Es Timun Jeruk Nipis untuk Berbuka Puasa

Membuat Es Timun Jeruk Nipis untuk Berbuka Puasa

Membuat Es Timun Jeruk Nipis (2)

Membuat Es Timun Jeruk Nipis

Bahan-bahan

  1. 1 buah timun
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1/5 sdt biji selasih
  4. 300 ml air putih
  5. gula pasir (sesuai selera)
  6. sirup marjan rasa melon (sesuai selera)
  7. es batu

Langkah-langkah Membuat Es Timun Jeruk Nipis

  1. Membuat es timun jeruk nipis adalah minuman menyegarkan dan menyehatkan yang cocok untuk hari-hari musim panas. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini mudah ditemukan dan cara pembuatannya pun sederhana[1]. Untuk memulai, kumpulkan bahan-bahan berikut: – 3 mentimun kecil – 1 jeruk nipis – 5 sendok makan gula pasir – Air dan es batu Setelah Anda mengumpulkan semua bahan, Anda siap untuk mulai membuat minuman.
  2. Langkah pertama siapkan timun dan jeruk nipis. Potong mentimun menjadi potongan-potongan kecil dan peras air jeruk nipis ke dalam mangkuk. Selanjutnya, tambahkan gula pasir ke dalam mangkuk dan aduk rata[2]. Kemudian, tambahkan air secukupnya ke dalam adonan hingga memenuhi gelas atau teko. Aduk rata hingga semua bahan tercampur[3]. Terakhir, tambahkan es batu pada minuman agar dingin dan menyegarkan[4].
  3. Cara lain untuk membuat es timun jeruk nipis adalah dengan menggunakan sirup melon dan biji selasih[5]. Mulailah dengan mengupas dua mentimun besar dan memotongnya menjadi potongan kecil. Rendam biji selasih dalam air selama beberapa menit hingga empuk. Dalam teko, campur sirup melon, air, dan air jeruk nipis. Tambahkan potongan mentimun dan biji selasih ke dalam adonan lalu aduk rata[6]. Terakhir, tambahkan es batu ke dalam teko dan sajikan minuman dingin[7]. Es timun jeruk nipis versi ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai minuman yang lebih manis dan beraroma.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Segar** – Saat membuat es timun jeruk nipis, penting untuk menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Mentimun dan jeruk nipis segar akan memberikan rasa yang cerah pada es, sehingga meningkatkan cita rasa keseluruhannya. Hindari menggunakan bahan-bahan yang sudah melewati masa primanya, karena dapat menghasilkan produk akhir yang tidak bagus.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Es Jagung dengan Mudah

**Seimbangkan Rasa** – Dapatkan rasa yang seimbang dengan menyesuaikan jumlah air jeruk nipis dan gula sesuai selera Anda. Terlalu banyak air jeruk nipis dapat menghilangkan rasa mentimun, sedangkan terlalu sedikit air jeruk nipis dapat membuat es terasa hambar. Bereksperimenlah dengan rasio berbeda hingga Anda menemukan keseimbangan sempurna antara jeruk nipis dan mentimun yang menyegarkan.

**Siapkan Mentimun dengan Benar** – Untuk mengekstrak rasa maksimal dari mentimun, pertimbangkan untuk mengupas dan membuang bijinya sebelum digunakan. Hal ini dapat mencegah rasa pahit pada biji dan kulit mentimun mempengaruhi rasa es. Selain itu, mencincang atau memblender mentimun dengan halus dapat membantu mengeluarkan sarinya, sehingga menghasilkan es yang lebih beraroma.

**Pertimbangkan untuk Menanamkan Air** – Untuk menambah rasa, pertimbangkan untuk memasukkan irisan mentimun ke dalam air sebelum dibekukan. Hal ini dapat memperkuat rasa mentimun dan menambah daya tarik visual pada es. Cukup masukkan mentimun yang diiris tipis ke dalam air dan biarkan meresap selama beberapa jam sebelum menyaring airnya dan menggunakannya untuk membuat es.

**Eksperimen dengan Hiasan** – Tingkatkan penyajian dan cita rasa es mentimun jeruk nipis dengan bereksperimen dengan hiasan. Daun mint segar, mentimun yang diiris tipis, atau taburan kulit jeruk nipis dapat menambah sentuhan dekoratif dan meningkatkan pengalaman sensorik menikmati es secara keseluruhan. Hiasan ini juga dapat memberikan sedikit aroma dan lapisan rasa tambahan. Dengan mengikuti tip dan praktik terbaik ini, Anda dapat membuat es mentimun jeruk nipis yang menyegarkan dan beraroma yang sempurna untuk hari-hari musim panas atau sebagai pembersih langit-langit mulut di sela-sela hidangan saat makan.

Baca Juga :  Resep Minuman Sop Buah Selasih

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Jeruk Nipis Mentimun? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Mentimun Jeruk Nipis antara lain mentimun, air jeruk nipis, gula pasir, dan air.

Q: Bagaimana cara menyiapkan mentimun dan air jeruk nipis untuk Es Mentimun Jeruk Nipis? A: Untuk menyiapkan mentimun dan air jeruk nipis, Anda perlu memblender atau menghaluskan mentimun hingga halus dan mencampurkannya dengan air jeruk nipis segar untuk membuat campuran yang halus.

Q: Berapa banyak gula yang harus saya tambahkan ke Es Mentimun Jeruk Nipis? A: Jumlah gula yang ditambahkan tergantung pada preferensi pribadi, tetapi titik awal yang disarankan adalah sekitar 1-2 sendok makan gula. Sesuaikan sesuai selera.

Q: Bisakah saya menyesuaikan resep Es Mentimun Jeruk Nipis dengan bahan tambahan? A: Ya, Anda dapat menyesuaikan Es Mentimun Jeruk Nipis dengan menambahkan daun mint, sedikit garam, atau bahkan sedikit soda untuk profil rasa yang berbeda.

Q: Bagaimana langkah terakhir pembuatan Es Jeruk Nipis Mentimun? A: Langkah terakhir campurkan ketimun dan air jeruk nipis yang sudah diblender dengan gula dan air secukupnya. Aduk hingga gula benar-benar larut. Kemudian tuang adonan ke dalam cetakan es dan bekukan hingga padat, atau tuangkan di atas es serut untuk minuman menyegarkan.

Referensi : 

1.   Resep Es Timun Jeruk Nipis untuk Berbuka Puasa.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.liputan6.com 

2.   ES TIMUN JERUK NIPIS (#pr_recookanekaminumandingin).  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com 

Baca Juga :  Es Jelly Pandan dan Jelly Madu Lemon, Syegarnya Melepas Dahaga

3.   Resep Es Serut Timun Jeruk Nipis untuk Menurunkan ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.fimela.com 

4.   Resep Es Timun Jeruk Nipis oleh Devalesha Kitchen.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com/id/resep/6728771-es-timun-jeruk-nipis 

5.   Resep Es Timun Serut, Tambah Selasih agar Lebih Sehat.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.kompas.com 

6.   Resep Es Timun Jeruk Nipis, Takjil Murah untuk Jualan.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.kompas.com 

7.   4 Resep Es Timun Jeruk Nipis untuk Berbuka Puasa.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari umroh.com/blog/resep-es-timun-jeruk-nipis/ 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan