Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Es Timun Suri untuk Berbuka Puasa

Membuat Es Timun Suri untuk Berbuka Puasa

Membuat Es Timun Suri untuk Berbuka Puasa

Membuat Es Timun Suri

Bahan-bahan

  1. 2 buah timun suri,
  2. secukupnya Gula pasir
  3. secukupnya Air matang

Langkah-langkah membuat es suri timun

  1. Untuk membuat es suri timun, pertama-tama siapkan bahan-bahannya [1][2][3]. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain timun suri, gula merah, air, garam, susu kelapa, sirup melon, jeruk nipis, dan daun selasih. Setelah itu bersihkan timun suri dan buang kulit serta bijinya.
  2. Setelah bahan-bahan disiapkan, haluskan timun suri dengan blender atau food processor [4][5]. Kemudian campurkan timun suri yang sudah dihaluskan dengan gula merah yang sudah dilarutkan dalam air, susu kelapa, dan garam [6][7]. Aduk rata dan tuangkan ke dalam cetakan es. Bekukan campuran tersebut hingga es benar-benar beku.
  3. Setelah es suri timun beku, sajikan dengan cara meletakkan es suri timun ke dalam gelas dan tambahkan sirup melon, jeruk nipis, dan daun selasih sesuai selera [8][1][7][4][9]. Es suri timun siap dinikmati sebagai minuman segar untuk menyegarkan tubuh di hari yang panas.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Mentimun yang Tepat** – Gunakan mentimun segar, keras, dan tanpa biji untuk hasil terbaik saat membuat es suri mentimun. Mentimun harus renyah dan bebas dari titik lunak. Mentimun Inggris atau mentimun Persia sering kali disukai karena rasanya yang lembut dan sedikit bijinya, sehingga ideal untuk dicampur menjadi es yang lembut.

**Menyeimbangkan Manis dan Kegetiran** – Saat menyiapkan es suri mentimun, penting untuk mencapai keseimbangan antara rasa manis dan asam. Menambahkan terlalu banyak gula dapat menghilangkan rasa segar mentimun, sedangkan terlalu sedikit gula akan menghasilkan rasa yang hambar. Cicipi campurannya sambil jalan dan sesuaikan rasa manisnya dengan menambahkan gula atau pemanis pilihan Anda secara bertahap, sambil menambahkan sedikit jus lemon atau jeruk nipis untuk meningkatkan profil rasa secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep Babi Panggang Karo Khas Sumatera Utara, Hidangan Spesial Hari Natal yang Rasanya Mantap!

**Teknik Pencampuran yang Benar** – Untuk memastikan teksturnya halus dan lembut, sangat penting untuk memblender campuran mentimun dengan benar. Mulailah dengan memblender timun hingga benar-benar menjadi bubur, lalu masukkan bahan-bahan lainnya secara bertahap, seperti gula pasir, air, dan penyedap rasa tambahan lainnya, sambil terus memblender hingga adonan menjadi homogen. Saring campuran melalui saringan jaring halus untuk menghilangkan sisa ampas atau serat untuk mendapatkan tekstur halus seperti sutra.

**Dingin dan Membeku** – Setelah menyiapkan campuran es suri mentimun, biarkan dingin di lemari es setidaknya selama satu jam untuk meningkatkan rasa dan pastikan sudah benar-benar dingin sebelum dibekukan. Setelah dingin, pindahkan campuran ke pembuat es krim dan ikuti instruksi pabrik untuk membekukannya. Cara lainnya, jika pembuat es krim tidak tersedia, tuangkan campuran ke dalam wadah dangkal dan masukkan ke dalam freezer, aduk setiap 30 menit hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

**Hiasan dan Penyajian** – Saat menyajikan es suri mentimun, pertimbangkan untuk menghiasinya dengan daun mint segar, taburan bumbu Tajín untuk sedikit rasa pedas, atau sedikit madu untuk menambah rasa manis. Menyajikan es dalam gelas atau mangkuk dingin juga dapat meningkatkan pengalaman keseluruhan, memberikan suguhan visual yang menarik dan menyegarkan untuk hari musim panas.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es suri timun? A: Anda memerlukan mentimun, suri, gula, air, dan es batu sebagai bahan utama untuk membuat es suri timun.

Baca Juga :  Resep Nasi Tempong, khas dari Jawa Timur

Q: Bagaimana cara menghaluskan mentimun dan suri untuk membuat es suri timun? A: Untuk menghaluskan mentimun dan suri, Anda dapat menggunakan blender atau food processor untuk mencampur keduanya hingga halus.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membekukan campuran es suri timun? A: Waktu yang dibutuhkan untuk membekukan campuran es suri timun biasanya sekitar 4-6 jam, tergantung pada suhu freezer dan jumlah campuran yang dibekukan.

Q: Apakah ada variasi tambahan yang dapat ditambahkan ke dalam es suri timun? A: Anda dapat menambahkan sedikit peran jeruk nipis atau mint sebagai variasi rasa yang segar dan menarik untuk es suri timun.

Q: Bagaimana cara menyajikan es suri timun dengan baik? A: Es suri timun dapat disajikan dalam gelas atau mangkuk, kemudian ditambahkan es batu dan hiasan seperti irisan mentimun atau daun mint untuk tampilan yang menarik sebelum disajikan kepada tamu.

Referensi : 

1.   3 Resep Es Timun Suri, Dinginkan Tenggorokan Saat ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.liputan6.com 

2.   5 Resep Es Timun Suri untuk Buka Puasa dan Cara ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.tokopedia.com 

3.   5 Resep Minuman Mentimun Segar dan Sehat … – Fimela.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.fimela.com 

4.   Cobain Yuk, 10 Resep Es Timun Suri yang Menyegarkan ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.sayurbox.com/blog/9-resep-es-timun-suri 

Baca Juga :  Resep Cheese Stick: Keju Lumer yang Lezat dan Menggugah Selera

5.   5 Resep Es Timun Suri, Menu Segar untuk Buka Puasa.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari umroh.com 

6.   5 Resep Es Timun Suri untuk Buka Puasa – Fimela.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.fimela.com 

7.   7 Resep Es Timun Suri Segar untuk Melepas Dahaga, ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.merdeka.com 

8.   Resep Es Timun Suri Soda oleh kaha nisa.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16143759-es-timun-suri-soda 

9.   Resep Es Timun Suri oleh deacakesdanpuddings.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com/id/resep/8934155-es-timun-suri 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info