Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Putri Salju Tepung 500 gram, Kue Spesialis Hari Raya

Resep Putri Salju Tepung 500 gram, Kue Spesialis Hari Raya

Resep Putri Salju Tepung 500 gram (1)

Resep Putri Salju Tepung 500 gram

Recipe By Topwisata
Course: Awal Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

5 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

320 kcal

INGREDIENTS

  1. 500 gram tepung terigu

  2. 250 gram mentega

  3. 100 gram gula halus

  4. 2 butir kuning telur

  5. 1 sdt vanili bubuk

  6. 1/2 sdt garam

DIRECTION

  1. Langkah 1: Mempersiapkan Adonan

    <br>Pertama-tama, campurkan mentega dan gula halus dalam sebuah wadah. Aduk hingga tercampur rata dan teksturnya menjadi lembut. Kemudian, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus diaduk. Tambahkan vanili bubuk dan garam, lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik.<br>Selanjutnya, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket. Jangan over-mix agar kue Putri Salju tidak menjadi keras.

  2. Langkah 2: Membentuk Adonan

    <br>Setelah adonan siap, ambil sedikit adonan lalu bulatkan dengan tangan. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil dengan ukuran yang seragam. Jika ingin membuat kue Putri Salju yang lebih besar, Anda bisa membentuk adonan menjadi bola-bola yang lebih besar.<br>Tata bola-bola adonan di atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti atau dioles mentega. Pastikan jarak antar bola adonan tidak terlalu rapat agar tidak menempel satu sama lain saat dipanggang.

  3. Langkah 3: Memanggang Kue

    <br>Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180°C. Setelah oven panas, masukkan loyang berisi adonan kue Putri Salju ke dalam oven. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga kue berwarna kecoklatan.<br>Setelah matang, keluarkan kue Putri Salju dari oven dan biarkan hingga dingin. Jika ingin memberikan sentuhan akhir, Anda bisa menaburi kue dengan gula halus atau parutan keju.

NOTES

Siapa di sini yang suka dengan kue Putri Salju? Pasti banyak, kan? Kue Putri Salju memang menjadi salah satu kue klasik yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya, terutama saat hari raya tiba. Teksturnya yang lembut dan renyah, serta rasanya yang manis dan gurih, membuat kue ini menjadi favorit banyak orang.

Nah, jika Anda ingin membuat kue Putri Salju sendiri di rumah, berikut ini adalah resep lengkap dan mendalam yang bisa Anda coba. Dengan menggunakan 500 gram tepung terigu, Anda bisa membuat kue Putri Salju yang enak dan mudah dibuat. Yuk, simak penjelasannya!

Bahan-bahan Utama

Untuk membuat kue Putri Salju dengan 500 gram tepung terigu, Anda membutuhkan bahan-bahan utama sebagai berikut:

  1. 500 gram tepung terigu
  2. 250 gram mentega
  3. 100 gram gula halus
  4. 2 butir kuning telur
  5. 1 sdt vanili bubuk
  6. 1/2 sdt garam
Baca Juga :  Resep Tongseng Sapi Sederhana dan Enak

Selain bahan-bahan utama tersebut, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan tambahan seperti kacang almond atau keju parut untuk membuat kue Putri Salju lebih spesial.

Cara Membuat Kue Putri Salju

Setelah mempersiapkan bahan-bahan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue Putri Salju dengan 500 gram tepung terigu:

Langkah 1: Mempersiapkan Adonan

Pertama-tama, campurkan mentega dan gula halus dalam sebuah wadah. Aduk hingga tercampur rata dan teksturnya menjadi lembut. Kemudian, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus diaduk. Tambahkan vanili bubuk dan garam, lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Selanjutnya, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket. Jangan over-mix agar kue Putri Salju tidak menjadi keras.

Langkah 2: Membentuk Adonan

Setelah adonan siap, ambil sedikit adonan lalu bulatkan dengan tangan. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil dengan ukuran yang seragam. Jika ingin membuat kue Putri Salju yang lebih besar, Anda bisa membentuk adonan menjadi bola-bola yang lebih besar.

Tata bola-bola adonan di atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti atau dioles mentega. Pastikan jarak antar bola adonan tidak terlalu rapat agar tidak menempel satu sama lain saat dipanggang.

Langkah 3: Memanggang Kue

Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180°C. Setelah oven panas, masukkan loyang berisi adonan kue Putri Salju ke dalam oven. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga kue berwarna kecoklatan.

Setelah matang, keluarkan kue Putri Salju dari oven dan biarkan hingga dingin. Jika ingin memberikan sentuhan akhir, Anda bisa menaburi kue dengan gula halus atau parutan keju.

Tips Membuat Kue Putri Salju Lembut dan Renyah

Untuk mendapatkan tekstur kue Putri Salju yang lembut dan renyah, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Gunakan Mentega Berkualitas: Pilih mentega dengan kualitas baik agar kue Putri Salju memiliki cita rasa yang lezat dan tekstur yang lembut.
  2. Jangan Over-Mix Adonan: Jangan terlalu lama mengaduk adonan agar kue Putri Salju tidak menjadi keras. Cukup aduk hingga adonan kalis dan tidak lengket.
  3. Bentuk Adonan Seragam: Usahakan membentuk bola-bola adonan dengan ukuran yang seragam agar kue matang secara merata.
  4. Atur Suhu dan Waktu Pemanggangan: Pastikan oven sudah benar-benar panas sebelum memasukkan adonan. Selain itu, perhatikan waktu pemanggangan agar kue tidak gosong.
  5. Tambahkan Bahan Tambahan: Anda bisa menambahkan bahan seperti kacang almond atau keju parut untuk membuat kue Putri Salju lebih istimewa.
  6. Dinginkan Kue Sebelum Disajikan: Biarkan kue Putri Salju yang sudah matang hingga benar-benar dingin sebelum dihidangkan. Hal ini akan membuat teksturnya semakin lembut dan renyah.
Baca Juga :  Resep Gulai Kambing enak dan sederhana

Variasi Kue Putri Salju

Selain resep dasar kue Putri Salju dengan 500 gram tepung terigu, Anda juga bisa membuat variasi lain dari kue klasik ini. Berikut adalah beberapa contoh variasi kue Putri Salju yang bisa Anda coba:

1. Kue Putri Salju Cokelat

Untuk membuat kue Putri Salju dengan rasa cokelat, Anda bisa menambahkan bubuk cokelat atau cokelat bubuk ke dalam adonan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan potongan cokelat ke dalam adonan atau mencelupkan kue ke dalam lelehan cokelat.

2. Kue Putri Salju Keju

Variasi lain yang bisa Anda coba adalah kue Putri Salju dengan tambahan keju. Caranya, Anda bisa menambahkan keju parut ke dalam adonan atau menaburi kue dengan keju parut setelah matang.

3. Kue Putri Salju Kacang

Untuk membuat kue Putri Salju dengan tekstur yang lebih renyah, Anda bisa menambahkan kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, atau kacang tanah ke dalam adonan.

4. Kue Putri Salju Mocca

Jika Anda ingin membuat kue Putri Salju dengan cita rasa yang berbeda, Anda bisa menambahkan bubuk kopi atau ekstrak mocca ke dalam adonan. Hal ini akan memberikan aroma dan rasa yang unik pada kue.

Manfaat Kue Putri Salju

Selain lezat, ternyata kue Putri Salju juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari kue Putri Salju:

  1. Sumber Energi: Kue Putri Salju mengandung karbohidrat dan lemak yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.
  2. Mengandung Protein: Telur dan mentega yang digunakan dalam pembuatan kue Putri Salju mengandung protein yang baik untuk tubuh.
  3. Kaya Akan Nutrisi: Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue Putri Salju, seperti tepung terigu, telur, dan mentega, mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh.
  4. Meningkatkan Mood: Rasa manis dan gurih dari kue Putri Salju dapat meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih bahagia.
  5. Jadi, tidak perlu merasa bersalah saat menikmati kue Putri Salju, karena selain lezat, kue ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kesimpulan

Nah, itulah resep lengkap dan mendalam untuk membuat kue Putri Salju dengan 500 gram tepung terigu. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda bisa membuat kue Putri Salju yang lembut, renyah, dan tentunya lezat.

Baca Juga :  Resep Rica-Rica Mentok hidangan khas daerah Bangka Belitung

Jangan lupa untuk mencoba berbagai variasi kue Putri Salju agar tidak bosan. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

FAQ

1. Apakah Kue Putri Salju Aman untuk Dikonsumsi Anak-anak?

Ya, Kue Putri Salju aman untuk dikonsumsi anak-anak. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini aman dan tidak mengandung zat berbahaya. Namun, tetap perlu memperhatikan porsi dan frekuensi konsumsi agar tidak berlebihan.

2. Berapa Lama Kue Putri Salju Bisa Bertahan?

Kue Putri Salju dapat bertahan selama 3-5 hari jika disimpan di dalam toples tertutup atau dalam wadah kedap udara. Namun, sebaiknya kue Putri Salju disantap dalam waktu 2-3 hari agar tekstur dan rasanya tetap optimal.

3. Apakah Kue Putri Salju Bisa Dibekukan?

Ya, Kue Putri Salju bisa dibekukan untuk disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Simpan kue dalam wadah kedap udara atau plastik wrap, lalu bekukan. Saat akan disajikan, keluarkan dari freezer dan biarkan mencair di suhu ruang.

4. Apa Perbedaan Kue Putri Salju dengan Kue Semprit?

Meskipun sama-sama kue kering, Kue Putri Salju dan Kue Semprit memiliki beberapa perbedaan. Kue Putri Salju memiliki tekstur yang lebih lembut dan renyah, serta bentuknya yang bulat. Sementara Kue Semprit memiliki tekstur yang lebih padat dan bentuknya yang panjang.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan