Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Cilok Bumbu Kacang makanan tradisional Favorit

Resep Cilok Bumbu Kacang makanan tradisional Favorit

Cilok Bumbu Kacang1

Resep Cilok Bumbu Kacang makanan tradisional Favorit

Recipe By siti
Course: Cilok Bumbu Kacang Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung kanji

  2. air

  3. garam

  4. minyak wijen

  5. daun bawang

  6. bawang goreng

  7. kacang tanah

  8. gula merah

  9. garam

  10. cabai rawit

  11. air

  12. kecap manis

DIRECTION

  1. Langkah pertama

    Langkah pertama dalam membuat cilok bumbu kacang adalah mencampurkan tepung kanji dengan air dan garam hingga adonan kalis.

  2. Kemudian

    Kemudian, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan rebus hingga matang.

  3. Selanjutnya

    Selanjutnya, tumis bumbu kacang hingga harum dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu, masukkan cilok yang telah matang ke dalam bumbu kacang dan aduk hingga merata.

  4. Terakhir

    sajikan cilok bumbu kacang dalam keadaan hangat dan taburi dengan daun bawang dan bawang goreng sebagai hiasan.

NOTES

Siapa yang tidak suka dengan cilok? Cilok merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung kanji yang dimasak dengan cara direbus. Cilok biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas, sehingga membuatnya semakin lezat. Di artikel ini, kita akan membahas resep cilok bumbu kacang yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat menikmati cilok bumbu kacang yang lezat dan memuaskan.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak cilok bumbu kacang, ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Bahan utama yang diperlukan antara lain tepung kanji, air, garam, minyak wijen, dan bahan tambahan seperti daun bawang dan bawang goreng. Untuk bumbu kacangnya, Anda memerlukan kacang tanah, gula merah, garam, cabai rawit, air, dan kecap manis. Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dengan jumlah yang sesuai agar proses memasak berjalan lancar.

Baca Juga :  Resep Japchae Makanan Ala korea

Langkah-langkah Membuat Cilok

Langkah pertama dalam membuat cilok bumbu kacang adalah mencampurkan tepung kanji dengan air dan garam hingga adonan kalis. Kemudian, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan rebus hingga matang. Selanjutnya, tumis bumbu kacang hingga harum dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu, masukkan cilok yang telah matang ke dalam bumbu kacang dan aduk hingga merata. Terakhir, sajikan cilok bumbu kacang dalam keadaan hangat dan taburi dengan daun bawang dan bawang goreng sebagai hiasan.

Tips Agar Cilok Kenyal dan Enak

Agar cilok yang Anda buat memiliki tekstur kenyal dan enak, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pastikan adonan tepung kanji tidak terlalu encer atau terlalu kental, karena hal ini dapat memengaruhi tekstur cilok. Selain itu, rebus cilok dalam air mendidih dan jangan terlalu lama agar tidak membuat cilok menjadi keras. Ketika membuat bumbu kacang, pastikan Anda menumis bumbu hingga harum untuk menambah aroma dan rasa yang lezat pada cilok.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Memasak Resep Sup Jagung Kepiting yang Lezat?Ini Resepnya

Variasi Cilok Bumbu Kacang

Selain bumbu kacang, Anda juga dapat bereksperimen dengan variasi cilok bumbu lainnya. Misalnya, Anda dapat mencoba membuat cilok bumbu pedas dengan menambahkan cabai bubuk atau saus sambal botol ke dalam bumbu kacang. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan parutan keju atau irisan sosis sebagai tambahan pada cilok. Variasi ini akan memberikan sensasi rasa yang berbeda dan membuat cilok semakin menarik untuk dinikmati.

Kesimpulan

Cilok bumbu kacang merupakan salah satu camilan tradisional Indonesia yang lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan cilok bumbu kacang yang nikmat dan menggugah selera. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan variasi rasa dan tambahan bahan sesuai selera Anda. Selamat mencoba dan nikmati cilok bumbu kacang bersama keluarga dan teman!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat cilok bumbu kacang? Waktu yang dibutuhkan untuk membuat cilok bumbu kacang sekitar 30-45 menit, tergantung pada ketrampilan memasak dan jumlah cilok yang dihasilkan.

Apakah cilok bumbu kacang bisa disimpan untuk beberapa hari? Cilok bumbu kacang sebaiknya langsung disantap setelah dimasak untuk menjaga tekstur kenyalnya. Jika disimpan terlalu lama, cilok dapat menjadi keras dan tidak enak.

Baca Juga :  Resep membuat Nasi uduk rice cooker enak, ini triknya

Apakah bisa menggunakan bahan pengganti untuk tepung kanji dalam membuat cilok? Tepung kanji merupakan bahan utama dalam membuat cilok, namun jika tidak tersedia, Anda bisa menggunakan tepung tapioka sebagai penggantinya.

Bagaimana cara menyajikan cilok bumbu kacang agar tetap hangat saat disantap? Untuk menjaga cilok tetap hangat saat disajikan, Anda dapat menyajikannya dalam mangkuk berisi kuah bumbu kacang yang masih panas atau menggunakan pemanas makanan saat menyajikannya.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info