Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Kuliner Serba Mie: 15 Resep Menggunakan Bahan Mie Yang Wajib Dicoba

Kuliner Serba Mie: 15 Resep Menggunakan Bahan Mie Yang Wajib Dicoba

resep Bahan Mie

Kuliner Serba Mie: 15 Resep Menggunakan Bahan Mie Yang Wajib Dicoba

Siapa yang tidak menyukai mie? Makanan yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan bisa disantap kapan saja. Mie sendiri memiliki berbagai jenis, mulai dari mie instan hingga mie homemade yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas 15 resep menggunakan bahan mie yang wajib untuk dicoba. Dari mie goreng hingga mie kuah, semua akan kita bahas secara mendalam. Jadi, simaklah artikel ini sampai selesai!

Mie Goreng Sederhana

Mie goreng merupakan salah satu hidangan yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan pedas membuat banyak orang ketagihan untuk mencicipinya. Untuk membuat mie goreng sederhana, pertama-tama rebus mie hingga matang, tiriskan, dan sisihkan. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, bawang bombay, cabai merah, dan daun bawang hingga harum. Tambahkan mie yang telah direbus, aduk merata, lalu tambahkan kecap manis, garam, merica, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk lagi hingga bumbu meresap sempurna, lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

Mie Ayam Jamur Pangsit

Mie ayam jamur pangsit adalah hidangan yang lezat dan bergizi. Untuk membuatnya, rebus mie hingga matang, tiriskan, dan sisihkan. Haluskan bawang putih dan tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Masukkan ayam cincang, jamur, wortel, kol, dan daun bawang. Tumis hingga semua bahan matang, tambahkan garam, merica, dan kaldu ayam bubuk secukupnya. Masak mie dan pangsit secukupnya, lalu sajikan dengan taburan bawang goreng dan seledri.

Baca Juga :  Jadi Chef di Dapur Sendiri: 6 Resep Masakan Sehari Hari yang Layak Dicoba

Mie Kuah Pedas

Bagi pecinta pedas, mie kuah pedas adalah pilihan yang tepat. Untuk membuat mie kuah pedas, rebus mie hingga matang, tiriskan, dan sisihkan. Panaskan kaldu ayam, tambahkan irisan daging ayam, jamur, sawi hijau, wortel, dan tahu. Masak hingga semua bahan matang, tambahkan cabai rawit utuh, garam, merica, dan gula secukupnya. Masak mie dalam air mendidih, tiriskan, lalu sajikan dengan kuah dan taburan bawang goreng.

Mie Goreng Seafood

Mie goreng seafood adalah hidangan yang lezat dan bergizi. Untuk membuatnya, rebus mie hingga matang, tiriskan, dan sisihkan. Tumis bawang putih, bawang bombay, cabai merah, dan daun bawang hingga harum. Masukkan udang, cumi, kerang, dan sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung. Tambahkan mie yang telah direbus, aduk merata, lalu tambahkan kecap ikan, garam, merica, dan penyedap rasa. Aduk lagi hingga bumbu meresap sempurna, lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

Mie Ayam Pangsit

Mie ayam pangsit merupakan hidangan yang cocok disantap di pagi hari. Untuk membuatnya, rebus mie hingga matang, tiriskan, dan sisihkan. Haluskan bawang putih dan tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Masukkan daging ayam cincang, tumis hingga matang, tambahkan garam, merica, kaldu ayam bubuk, dan sedikit gula. Masak mie dan pangsit, lalu sajikan dengan kuah ayam, taburan bawang goreng, dan seledri.

Baca Juga :  3 Resep Rujak Khas Surabaya, dari Mulai yang Rasanya Manis Sampai Pedas nan Mampu Menggetarkan Lidah

Mie Goreng Jawa

Mie goreng Jawa memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari mie goreng pada umumnya. Untuk membuat mie goreng Jawa, rebus mie hingga matang, tiriskan, dan sisihkan. Tumis bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, terasi, cabai merah, dan tomat hingga harum. Masukkan ayam suwir, tauge, kol, dan daun bawang. Tambahkan mie yang telah direbus, kecap manis, garam, merica, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk merata, lalu sajikan dengan irisan telur mata sapi dan emping sebagai pelengkap.

Setelah mencoba 15 resep menggunakan bahan mie di atas, Anda pasti akan semakin jatuh cinta dengan hidangan mie. Selamat mencoba dan berkreasi dengan berbagai varian resep mie yang lainnya!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah bisa menggunakan mie instan untuk semua resep di atas? Ya, Anda bisa menggunakan mie instan untuk semua resep di atas. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan bumbu mie instan, kecuali untuk resep mie instan goreng.

Baca Juga :  Tips Memilih dan Menyajikan Jajanan Buka Puasa yang Menarik untuk Keluarga

Bagaimana cara membuat mie sendiri untuk resep-resep di atas? Untuk membuat mie sendiri, campurkan tepung terigu, telur, garam, dan sedikit air hingga adonan bisa dipulung. Giling adonan hingga tipis, potong sesuai selera, dan rebus hingga matang.

Apakah bisa menggunakan mie jagung atau mie beras untuk resep-resep di atas? Tentu saja! Anda bisa menggunakan mie jagung atau mie beras sebagai variasi untuk resep-resep di atas. Rasakan sensasi baru dari hidangan mie Anda.

Bagaimana cara menyajikan mie agar tetap hangat saat disantap? Untuk menyajikan mie agar tetap hangat saat disantap, Anda bisa meletakkan mangkuk mie di atas panci berisi air panas atau menggunakan food warmer.

Dengan begitu, Anda dapat menikmati hidangan mie yang hangat dan lezat kapan saja Anda inginkan. Selamat mencoba!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info