Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Brownies Kukus Simple, lembut dan manis membuatnya menjadi favorit

Resep Brownies Kukus Simple, lembut dan manis membuatnya menjadi favorit

resep brownies kukus simple

Resep Brownies Kukus Simple, lembut dan manis membuatnya menjadi favorit

Recipe By siti
Course: Brownies Kukus Simple Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung terigu

  2. cokelat bubuk

  3. gula pasir

  4. telur

  5. margarin

  6. baking powder

  7. susu cair

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan dan alat-alat seperti loyang kukus, mixer, dan panci untuk mencairkan margarin

  2. Langkah 2

    Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, gula pasir, dan baking powder dalam satu wadah

  3. Langkah 3

    Kemudian, kocok telur hingga mengembang dan tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus dikocok

  4. Langkah 4

    Selanjutnya, masukkan campuran tepung terigu ke dalam adonan telur secara bertahap sambil terus diaduk hingga tercampur rata

  5. Langkah 5

    Tambahkan margarin cair ke dalam adonan dan aduk kembali hingga merata.

  6. Langkah 6

    Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam loyang kukus yang telah dialasi dengan margarin dan tepung terigu

  7. Langkah 7

    Pastikan loyang kukus sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelum menuangkan adonan

  8. Langkah 8

    Kemudian, kukus adonan selama kurang lebih 30-40 menit dengan api sedang hingga matang

  9. Langkah 9

    Untuk memastikan brownies kukus Anda sudah matang, gunakan tusuk gigi untuk menusuknya

  10. Langkah 10

    Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti brownies kukus sudah matang dan siap untuk disajikan

NOTES

    Setelah brownies kukus matang, angkat dari loyang dan biarkan dingin sejenak sebelum dipotong-potong sesuai dengan selera. Anda dapat menambahkan topping seperti meses atau chocochips untuk menambahkan kesan menarik pada tampilan brownies kukus. Brownies kukus dapat disajikan sebagai camilan di tengah hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Pastikan untuk menyimpan brownies kukus dalam wadah kedap udara agar tetap lembut dan tidak mudah basi.

Baca Juga :  Roti Banana Choco Cheese, Sarapan Enak Kaya Nutrisi, Ini Resepnya

Brownies kukus adalah salah satu kue yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang lembut dan manis membuatnya menjadi favorit banyak orang, terutama bagi pecinta cokelat. Namun, tidak semua orang memiliki oven di rumah untuk membuat brownies panggang. Oleh karena itu, brownies kukus menjadi pilihan yang sempurna karena proses pembuatannya yang lebih mudah dan praktis. Jika Anda sedang mencari resep brownies kukus yang simple namun tetap enak, Anda berada di tempat yang tepat!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat brownies kukus simple, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan di supermarket terdekat. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain tepung terigu, cokelat bubuk, gula pasir, telur, margarin, baking powder, dan susu cair. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas agar hasil akhir brownies kukus Anda juga berkualitas. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan topping sesuai dengan selera, seperti almond slice atau meses.

Langkah-langkah Pembuatan

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan dan alat-alat seperti loyang kukus, mixer, dan panci untuk mencairkan margarin. Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, gula pasir, dan baking powder dalam satu wadah. Kemudian, kocok telur hingga mengembang dan tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Selanjutnya, masukkan campuran tepung terigu ke dalam adonan telur secara bertahap sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Tambahkan margarin cair ke dalam adonan dan aduk kembali hingga merata.

Baca Juga :  Roti Gambang, Roti Jadul Yang Ada Sejak Penjajahan Belanda

Proses Pencampuran dan Pemasakan

Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam loyang kukus yang telah dialasi dengan margarin dan tepung terigu. Pastikan loyang kukus sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelum menuangkan adonan. Kemudian, kukus adonan selama kurang lebih 30-40 menit dengan api sedang hingga matang. Untuk memastikan brownies kukus Anda sudah matang, gunakan tusuk gigi untuk menusuknya. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti brownies kukus sudah matang dan siap untuk disajikan.

Penyajian dan Penyimpanan

Setelah brownies kukus matang, angkat dari loyang dan biarkan dingin sejenak sebelum dipotong-potong sesuai dengan selera. Anda dapat menambahkan topping seperti meses atau chocochips untuk menambahkan kesan menarik pada tampilan brownies kukus. Brownies kukus dapat disajikan sebagai camilan di tengah hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Pastikan untuk menyimpan brownies kukus dalam wadah kedap udara agar tetap lembut dan tidak mudah basi.

Kesimpulan

Membuat brownies kukus simple ternyata tidak sulit, bukan? Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat membuat brownies kukus enak dan lezat di rumah. Selamat mencoba membuat brownies kukus simple ini dan nikmati bersama keluarga tercinta!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan margarin tanpa garam untuk membuat brownies kukus? Ya, Anda bisa menggunakan margarin tanpa garam. Namun, pastikan untuk menyesuaikan takaran gula agar rasa brownies kukus tetap seimbang.

Bisakah saya menggunakan susu kental manis sebagai pengganti susu cair? Tentu saja bisa, namun Anda perlu mengurangi takaran gula pasir dalam resep karena susu kental manis sudah memiliki rasa manis.

Baca Juga :  Cara Mudah Bikin Puding Lumut Berbagai Varian

Berapa lama brownies kukus dapat disimpan? Brownies kukus dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama 2-3 hari pada suhu ruangan atau dalam lemari es untuk lebih tahan lama.

Apakah saya bisa menambahkan kacang-kacangan ke dalam adonan brownies kukus? Tentu saja bisa! Anda dapat menambahkan kacang almond cincang atau kacang tanah ke dalam adonan untuk memberikan tekstur yang berbeda pada brownies kukus.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info