Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Nasi Lemak Malaysia, sangat populer di seluruh dunia

Resep Nasi Lemak Malaysia, sangat populer di seluruh dunia

Nasi Lemak Malaysia (1)

Resep Nasi Lemak Malaysia, populer di seluruh dunia

Recipe By siti
Course: Nasi Lemak Malaysia Cusine:asean Difficulty:Starter

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. beras

  2. santan

  3. daun pandan

  4. ikan teri

  5. telur

  6. timun

  7. cabai

  8. bawang goreng

  9. kacang tanah

  10. garam

  11. gula

  12. minyak goreng

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama, cuci beras hingga bersih dan tiriskan. Masak beras dengan santan, daun pandan, garam, dan gula hingga matang.

  2. Langkah 2

    Goreng ikan teri hingga kering dan renyah, lalu sisihkan. Rebus telur hingga matang, kupas, dan belah menjadi dua bagian.

  3. Langkah 3

    Potong timun dan cabai menjadi irisan tipis. Siapkan sambal dengan cara menumis bawang goreng dan cabai hingga harum, tambahkan garam dan gula secukupnya

  4. Langkah 4

    Tumis kacang tanah hingga harum dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan

NOTES

    Setelah semua bahan siap, Anda bisa menyajikan nasi lemak dengan cara meletakkan nasi di atas daun pisang, lalu susun ikan teri, telur, timun, sambal, dan kacang tanah di sekeliling nasi. Nasi lemak siap disajikan dan dinikmati.

Nasi lemak merupakan salah satu makanan khas Malaysia yang sangat populer di seluruh dunia. Makanan ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan dan daun pandan, disajikan dengan ikan teri, telur rebus, acar timun, sambal, dan kacang tanah. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat nasi lemak menjadi favorit banyak orang. Berikut ini adalah resep nasi lemak Malaysia yang dapat Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Resep Kue Bawang Renyah Wajib Coba Dirumah

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat nasi lemak, Anda memerlukan bahan-bahan seperti beras, santan, daun pandan, ikan teri, telur, timun, cabai, bawang goreng, kacang tanah, garam, gula, dan minyak goreng. Pastikan untuk mempersiapkan semua bahan dengan baik sebelum memulai proses memasak.

Langkah-langkah Pembuatan

  1. Pertama, cuci beras hingga bersih dan tiriskan. Masak beras dengan santan, daun pandan, garam, dan gula hingga matang.
  2. Goreng ikan teri hingga kering dan renyah, lalu sisihkan. Rebus telur hingga matang, kupas, dan belah menjadi dua bagian.
  3. Potong timun dan cabai menjadi irisan tipis. Siapkan sambal dengan cara menumis bawang goreng dan cabai hingga harum, tambahkan garam dan gula secukupnya.
  4. Tumis kacang tanah hingga harum dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Cara Penyajian

Setelah semua bahan siap, Anda bisa menyajikan nasi lemak dengan cara meletakkan nasi di atas daun pisang, lalu susun ikan teri, telur, timun, sambal, dan kacang tanah di sekeliling nasi. Nasi lemak siap disajikan dan dinikmati.

Variasi Nasi Lemak

Untuk variasi nasi lemak, Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti ayam goreng, rendang, atau sambal teri. Anda juga bisa mencoba mengganti ikan teri dengan udang atau sambal dengan sambal belacan untuk rasa yang berbeda.

Baca Juga :  Cara Membuat Resep Nugget Ayam Wortel Untuk Si Kecil

Menikmati Nasi Lemak di Malaysia

Di Malaysia, nasi lemak biasanya disajikan sebagai sarapan pagi. Anda bisa menemukan penjual nasi lemak di berbagai warung makan atau kaki lima di seluruh negeri. Rasanya yang lezat dan harga yang terjangkau membuat nasi lemak menjadi pilihan yang populer di kalangan masyarakat Malaysia.

Kesimpulan

Nasi lemak Malaysia adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemui dan disukai oleh banyak orang. Proses pembuatannya yang sederhana namun menghasilkan cita rasa yang khas membuat nasi lemak menjadi makanan yang cocok dinikmati kapan pun. Dengan mengikuti resep di atas, Anda bisa mencoba membuat nasi lemak ala Malaysia di rumah dan menikmati kelezatannya bersama keluarga.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan nasi biasa untuk membuat nasi lemak? Ya, Anda bisa menggunakan nasi biasa jika tidak memiliki beras pandan. Namun, nasi lemak tradisional menggunakan beras pandan untuk memberikan aroma yang khas.

Bisakah saya menggunakan santan instan untuk membuat nasi lemak? Meskipun santan instan lebih praktis, sebaiknya gunakan santan segar untuk hasil yang lebih alami dan lezat.

Bagaimana cara menyimpan sisa nasi lemak? Sisa nasi lemak dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. Untuk menghangatkannya kembali, tambahkan sedikit air sebelum dipanaskan.

Baca Juga :  Memasak Mudah Sup Bola-Bola Tahu untuk Menu Berkumpul

Apakah nasi lemak dapat disajikan sebagai makan malam? Meskipun nasi lemak lebih umum disajikan sebagai sarapan, Anda juga bisa menikmatinya sebagai makan malam atau camilan di siang hari. Sesuaikan dengan selera Anda!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info