Akhir Pekan Berwisata Sejarah Kemerdekaan RI

Tepat Hari ini, tanggal 17 Agustus 2018 adalah Hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-73. Hari itu juga merupakan hari jumat, yang berarti adalah hari libur pekan anda cukup panjang.

Apabila anda bingung ingin berkunjung ke tempat wisata, topwisata bisa referensikan beberapa wisata edukasi sebagai bentuk pengenalan kita serta penghormatan kita kepada para pejuang Indonesia.

Berikut ulasan wisata edukasi spesial 17 agustus :

1. Museum Joang 45 

Wisata ini berada di Jalan Menteng Raya No 31, Kebon sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Tepatnya dekat dengan Patung Tugu tani dikawasan Cikini. Kisah saksi bisa museum ini difungsikan sebagai hotel dan menyajikan berbagai perjuangan Indonesia.

Disana kamu bisa menjumpai Mobil yang dipakai Presiden RI pertama, dan kamu juga bisa napak tilas Proklamasi Kemerdekaan RI.

2. Museum Perumusan Naskah Proklamasi 

Museum Perumusan Naskah Proklamasi ini terletak di kawasan Menteng juga, tepatnya di Jalan Imam Bonjol No 1 Jakarta Pusat. Bangunan ini dulu merupakan rumah dari Laksamana Maeda, yaitu seorang Kepala Kantor Penghubung Angkatan Laut dan Darat Jepang.

Didalamnya terdepat mesin ketika pinjaman sebagai printout lembar Naskah Proklamasi Kemerdekaan, dan tidak jauh dari itu anda akan melihat dua patung yang tidak asing bagi kita, yaitu sang proklamator IR Soekarno dan Mohammad Hatta.

3. Tugu Proklamasi 

Tugu Proklamasi dulunya adalah rumah Presiden Soekarno yang didalamnya terdapat taman Kemerdekaan Republik Indonesia. Tugu Proklamasi ini terletak di Jalan Proklamasi, Pengangsaan, Menteng Jakarta Pusat.

Tempat ini juga menjadi saksi bisu dibacakannya naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

4. Monumen Kebulatan Tekad 

Monumen Kebulatan Tekad ini dulunya adalah markas Pembela tanah air (PETA) yang berlokasi di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Menurut sejarah, IR Soekarno dan Moh Hatta waktu lalu akan dibawa ke tempat ini, karena melihat kondisi yang begitu mencolok akhir dialihkan ke rumah Djiauw Kie Siong.Rumah Djiauw Kie Siong merupakan tempat persinggahan Bung Karno dan Hatta saat dibawa oleh generasi muda pada kala itu.

5. Rumah Rengasdengklok 

Disini Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta singgah. Karena kala itu mereka dibawa oleh pemuda Menteng untuk segera memproklamasikan kemerdekaan RI.


TOPWISATA.INFO
INFO TOP UNTUK ANDA

Related Posts

Akhir Pekan Berwisata Sejarah Kemerdekaan RI
5/ 5
Oleh