Lompat ke konten
Home » Wisata » Liburan Sekaligus Belajar di Museum Situs Kota Cina

Liburan Sekaligus Belajar di Museum Situs Kota Cina

Museum Situs Kota Cina7

Museum Situs Kota Cina

Mengunjungi situs bersejarah jadi aktivitas menyenangkan, apalagi untuk Anda yang suka belajar dan juga menelisik kisah di masa lalu.

Museum Situs Kota Cina dapat jadi pilihan ketika datang ke Medan. Di museum ini sangat banyak benda yang jadi saksi bisu berlangsungnya perdagangan antara imigran Tiongkok dengan warga setempat.

Imigran asal Tiongkok memang datang ke Nusantara untuk bisnis pada kawasan pelabuhan laut. Sejumlah benda berkaitan masa itu disimpan baik-baik di museum.

Anda dapat datang menggunakan ojek atau kendaraan sewa dikarenakan tak ada kendaraan umum yang secara langsung dapat mengantar hingga di depan museum.

Berbagai Koleksi di Museum Situs Kota Cina

  • Koin-Koin Kuno

Menjadi wilayah perdagangan, tak heran jika koin jadi benda terbanyak ditemukan pada Situs Kota Cina. Usia koin-koin tersebut sudah ada yang ratusan tahun dan bahkan ada yang disinyalir berusia lebih dari 1000 tahun. Bentuk koin untuk serta jauh beda dengan koin ketika dipakai jadi alat tukar.

Koin itu mempunyai lubang pada bagian tengah. Biasanya, masyarakat saat menyimpan koin di sebuah kantong lalu mengikatnya menggunakan benang. Ukuran koin cukup beragam. Pada sisi koin ada sejumlah keterangan yang memudahkan dalam mengetahui koin apa itu. Semua koleksi koin disimpan baik supaya kondisi masih terjaga.

  • Tulang dari Beberapa Hewan

Tidak hanya koin, di Museum Situs Kota Cina pun ada beberapa koleksi yang berupa tulang hewan yang dulunya ditemukan pada sekitaran Situs Kota Cina. Walau hanya tulang, tapi banyak informasi yang dapat ditemukan dari tulang tersebut. Arkeolog dapat melihat waktu peradaban Tiongkok di daerah pelabuhan saat itu.

  • Kayu Bekas Kapal
Baca Juga :  Museum Angkut, Ulasan Lengkap dan Wahana didalamnya

Dulunya Situs Kota Cina merupakan pelabuhan internasional, maka tak heran jika banyak peninggalan yang berupa kayu bekas kapal. Bahkan beberapa kayu diperkirakan asalnya dari kapal-kapal imigran Tiongkok dibangun di masa Dinasti Ming. Walaupun kondisi kayu tak utuh, tapi benda itu punya nilai sejarah tinggi.

  • Porselen Kuno yang Berasal dari Tiongkok

Porselen, tembikar, serta sejumlah arca berlanggam chola merupakan benda banyak dijual pada masa lalu. Berbagai benda itu dikumpulkan serta ditemukan dari penduduk sekitar kawasan situs. Porselen di sana mempunyai bahan khas serta diproduksi di Tiongkok. Porselen sendiri jadi koleksi paling berkesan di Museum Situs Kota Cina.

Sampai saat ini, penelusuran berbagai benda bersejarah berhubungan Kampung Cina masih digali terus. Harapannya benda-benda itu dapat berikan petunjuk kerajaan apa yang dulunya berkuasa di kawasan itu. Mengupas sejarah memang bukanlah hal mudah, sehingga dibutuhkan rekonstruksi serta pemahaman dalam seputar kehidupan para warga sekitar.

Rute Lokasi, Tiket Masuk, dan Alamat

Bagi Anda tertarik datang ke Museum Situs Kota Cina, maka Anda bisa naik kendaraan dan menuju ke Jl. Kota Cina, Marelan, Medan, Sumatera Utara. Untuk sampai ke spot wisata, Anda bisa naik ojek atau sewa kendaraan. Tak ada kendaraan umum yang dapat mengantar hingga di depan museum. Jika Anda turun di jalan besar, Anda perlu lanjutkan perjalanan sekitar 1 km.

Lokasi museum berada di gang sempit yang dapat dilalui satu mobil saja. Jika posisi Anda di Jalan Pelabuhan Belawan II, arahkan kendaraan ke Jl. Kol. Yos Sudarso. Perjalanan ke museum akan memakan waktu kurang lebih 27 menit. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas Tiongkok.

Baca Juga :  Camping Seru dan Buat Foto Prewedding Cantik di Wisata Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung, Segini Harga Tiketnya

Untuk masuk Museum Situs Kota Cina, Anda perlu bayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 untuk umum. Lalu, untuk pelajar, biaya masuk yang dikenakan sebesar Rp. 5.000. Sementara, untuk mahasiswa biaya dikenakan, yakni Rp. 10.000.

Berbagai Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan oleh Pengunjung

  • Lihat Langsung Jejak Peradaban Tiongkok di Kota Medan

Keunikan Museum Situs Kota Cina adalah benda-benda peninggalan di dalamnya. Di dalam museum, Anda tak akan lihat arca atau kitab-kitab sansekerta ataupun kitab bahasa kuno lainnya di Indonesia, tapi kitab bertuliskan aksara Cina di masa lalu. Perbedaan dari budaya Indonesia dan Tiongkok tampak jelas dari benda-benda peninggalan.

Tak heran jika Anda wajib melihat tiap koleksi museum dengan detail. Walaupun sederhana, tapi kegiatan itu akan membuat Anda lebih mudah paham sisi sejarah Kota Medan. Tiap barang koleksi pun dirawat baik-baik supaya pengunjung dapat melihatnya lebih nyaman.

  • Foto dengan Beberapa Barang Koleksi Museum

Jika tujuan Anda ke Museum Situs Kota Cina untuk berlibur, maka Anda harus ambil sejumlah foto dengan barang-barang koleksi di sana. Akan tetapi, perlu diingat untuk tidak menyentuh atau bahkan memindahkan barang koleksi di luar izin penjaga. Sebab ditakutkan akan rusak mengingat usia koleksi-koleksi tersebut sudah ada yang ratusan tahun.

  • Belajar Sejarah
Baca Juga :  Desa Wisata Sambipondok Gresik, Inovatif dan Menghibur

Di museum akan ada petugas yang tugasnya memberikan penjelasan secara detail tiap koleksi. Adanya petugas akan sangat membantu Anda yang punya keinginan mengetahui kisah dibalik benda itu. Anda bisa bertanya banyak hal pada penjaga museum untuk menjawab rasa penasaran Anda. Kondisi yang tak begitu ramai akan membuat lebih nyaman belajar.

Demikianlah sekilas informasi tentang Museum Situs Kota Cina. Perjalanan menjelajahi Kota Medan tak akan cukup hanya sehari. Banyak kawasan wisata yang menarik dan wajib didatangi. Sehingga, akan semakin banyak cerita yang dapat dibagikan ke sanak saudara dan teman setelah pulang liburan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan