Minggu, 18 Oktober 2020

Museum Tsunami Aceh, Kenangan yang Tidak Akan Terlupakan

Museum Tsunami Aceh



Museum Tsunami menjadi salah satu destinasi wajib yang harus Anda kunjungi bila berkunjung ke Aceh. Tempat ini tidak hanya jadi saksi dari bencana besar yang pernah melanda kota dengan sebutan serambi mekkah ini. Tetapi, jadi kawasan wisata menarik dengan kemegahan desain arsitekturnya.

Menariknya, Arsitek bangunan ini bukan orang luar melainkan anak bangsa sendiri yaitu Ridwan Kamil. Pada saat pembangunan tahun 2008, beliau masih berprofesi sebagai arsitektur. Beliau terpilih karena, memenangkan lomba tingkat Internasional. Desain rumah tradisional Aceh dipadukan dengan gelombang layaknya tsunami.

Desain ini disebut Rumoh Aceh as Escape Hill mampu meluluhkan hati para juri. Bangunan megah ini mempunyai sarana dan prasarana mengesakan. Atapnya dibiarkan terbuka dan diberi beberapa tanaman sebagai tempat evakuasi. Agar, tidak muncul banyak korban bila tsunami 2006 terulang kembali, semoga saja tidak.

Daya Tarik Museum Tsunami Aceh

Memasuki setiap ruangan di museum ini membuat hati kamu rasanya campur aduk. Antara bangga, terharu, dan sedih. Ditambah dengan suara percikan air dan adzan membuat suasana semakin larut dalam kesedihan. Apalagi, kamu juga bisa melihat nama korban meninggal akibat bencana tersebut.

Ada lagi jembatan harapan, jalan di sini harus memutar. Kamu bisa melihat kurang lebih ada 25 bendera dari berbagai negara. Mereka telah berjasa membantu Aceh, tidak hanya dari segi materi tetapi, tenaga, peralatan canggih dan pikiran. Jembatan ini memang sengaja dibuat memutar agar kamu tahu, bagaimana perjuangan rakyat Aceh sesungguhnya.

Tempat ini mempunyai sebuah ruangan dinamakan ruang evakuasi, sayangnya kamu dilarang untuk masuk ke dalam. Biar tetap steril, sehingga saat dibutuhkan bisa langsung digunakan. Tujuannya, untuk tempat tinggal sementara orang-orang terdampak bencana alam.

Keunikan lain dari Museum Tsunami ini adalah hadirnya kurang lebih 22 alat peraga yang bisa Anda coba. Jangan lupa pula membawa kamera, karena setiap sudutnya walaupun melambangkan semangat warga Aceh, tetap menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Kemudian, upload di media sosial.

Cara Menuju ke Lokasi

Lokasinya terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Baiturrahman, Aceh. Jam operasionalnya mulai dari pukul 9 pagi sampai 4 sore. Untuk harga tiketnya hanya 10 ribu rupiah saja untuk umum. Bagi pelajar dan mahasiswa hanya 5 ribu rupiah. Lokasinya sangat mudah ditemukan, tidak jauh dari masjid Baiturrahman Aceh, kurang lebih 400 meter saja.

Bagi Anda yang berada di Luar pulau sumatera bisa naik pesawat terbang dari Jakarta dengan harga mulai dar 800 ribuan. Jaraknya hanya 12 kilometer saja, setelah tiba bisa langsung naik ojek online seharga 15 ribu sampai 25 ribu rupiah. Jika naik bus dari jawa menuju ke Aceh kurang lebih 500 ribuan.

Jaraknya lebih dekat lagi hanya 4 menit menggunakan kendaraan. Atau lebih baik jalan kaki membutuhkan waktu 10 menit saja. Bila naik ojek online harganya 8 ribu sampai 10 ribu rupiah saja. Bisa juga sewa kendaraan sendiri biaya per harinya mulai dari 80 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor, dan 300 ribu rupiah untuk mobil.

Fasilitas Museum Tsunami Aceh

Fasilitas di tempat ini sudah cukup banyak mulai dari toilet, mushola, area parkir luas, perpustakaan yang menyajikan berbagai buku menarik dunia. Ruang geologi, pusat kuliner menghadirkan berbagai macam sajian makanan khas Aceh dan Nusantara. Serta berbagai souvenir menarik dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah saja.

Kemegahan bangunannya memang mampu menjadi saksi dan filosofi dari perjalanan Aceh sejak dilanda bencana besar hingga saat ini. Bangunan ini bisa dikatakan sebagai kepala penyelamat, dengan geladak atas dipersiapkan untuk berbagai macam kemungkinannya. Dengan luasnya mencapai 2500 meter persegi.

Sebelum, masuk persiapkan diri kamu secara mental, karena seluruh emosi akan bercampur aduk. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah weekday, bila tidak ingin merasakan nuansa harusnya lebih baik saat weekend. Museum Tsunami salah satu kebanggaan bangsa, harus dijaga dan apresiasi setinggi-tingginya.
Disqus Comments