Minggu, 18 Oktober 2020

Resep Cheesecake Untuk Anak Kost Hanya Modal Sendok

Resep Cheesecake Sederhana

Siapa yang tidak suka cheesecake, makanan pencuci mulut ini mempunyai cita rasa nikmat manis dan gurih. Menurut sejarahnya, menu ini sudah ada sejak zaman peradaban kuno. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 776 sebelum masehi untuk para atlet olimpiade. Kemudian, di tahun 1000 setelah masehi sajian ini diperkenalkan di Eropa bagian barat.

Membuat Cheese Cake memang sedikit rumit, memerlukan peralatan canggih. Tetapi, percayakah Anda bila membuatnya hanya bermodal sendok saja? Bagi anak kost, hal ini bisa jadi ide untuk membuat makanan lezat tanpa perlu repot. Penasaran bagaimana cara membuatnya, mari kita simak cara eksekusi di bawah ini.

Bahan-Bahan

  1. 300 Gram cream cheese
  2. 75 Gram susu kental manis
  3. 60 Gram mentega
  4. Garam Secukupnya
  5. 1 sendok makan jeruk nipis
  6. 2 Sendok teh vanilla extract
  7. Biskuit
  8. Mentega Cair

Cara Memasak

  1. Hancurkan terlebih dulu biskuit, lebih baik menggunakan food processor agar halus tetapi, bisa juga menggunakan benda berat agar hancur.
  2. Tambahkan mentega cair, kemudian aduk hingga rata.
  3. Siapkan Cetakan, bisa membuatnya sendiri menggunakan plastik mika selanjutnya rekatkan sesuai kreasi, atau menggunakan gelas.
  4. Masukkan olahan biskuit dan mentega ke dalam cetakan yang sudah jadi.
  5. Selanjutnya, dipadatkan agar teksturnya terasa keras, sisihkan
  6. Siapkan cream cheese dan mentega, aduk keduanya usahakan jangan dalam keadaan dingin. Lebih baik dalam berada di suhu ruangan agar mudah untuk mencampurnya.
  7. Tambahkan susu kental manis, serta vanilla extract.
  8. Tambahkan garam serta jeruk nipis
  9. Aduk hingga rata, sampai terlihat teksturnya sangat lembut dan halus
  10. Tambahkan adonan ini ke adonan biskuit yang sudah dihaluskan hingga rata.
  11. Dinginkan masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 6 jam sampai 12 jam hingga nanti teksturnya seperti cheese cake walau tidak dimasukkan gelatin. Tetapi sebelumnya tutup dulu menggunakan plastic wrap agar tidak terkontaminasi dengan bahan lain.
  12. Ambil cheese cake dari dalam kulkas, untuk melepaskannya gunakan handuk panas agar terlepas rapi.

Tips Memasak

  1. Untuk taburan atasnya bebas, bisa menggunakan parutan kelapa disangrai terlebih dulu atau sesuai kreasi kamu.
  2. Tidak harus ditambah dengan mentega, bisa diganti dengan whip cream. Fungsi penambahan ini agar rasa dari cream cheese tidak terlalu kuat dan lebih lembut.
  3. Penambahan garam dan jeruk nipis sesuai selera, fungsi dari kedua bahan ini membuat rasa dari cake tidak terlalu manis dan neg.
  4. Bila lemon tidak ada bisa menggunakan cuka
  5. Bagi yang suka rasa manis, bisa ditambahkan dengan gula halus. Jangan gula pasir kan mempengaruhi tekstur saat makan.
  6. Agar lebih smooth lagi, gunakan sendok dan air panas, kemudian keringkan dan oleskan pada permukaan adonan cream cheese
  7. Tidak harus masuk dalam kulkas, bisa langsung dimakan begitu saja sudah enak

Cobalah hasilnya, sangat nikmat karena susu dan cream cheese bila disatukan akan menciptakan rasa seperti di resto bintang 5. Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Bahkan, siapa saja bisa tanpa perlu menggunakan peralatan canggih.
Disqus Comments