Selasa, 13 Oktober 2020

Kue Lampu-Lampu, Jajanan Khas Manado : Ini Resepnya

Set Menu Makanan Khas Manado Untuk Ide Liburan di Rumah

Ada begitu banyak masakan Manado bisa kamu nikmati sendiri di rumah. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit, dengan berbagai bahan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di Pasar, sehingga tidak perlu membelinya di luar. Berikut ini, rekomendasi set menu yang bisa kamu buat di rumah.


Hidangan Pembuka Kue Lampu-Lampu

Kue lampu-lampu memang jadi hidangan pembuka paling tepat. Karena, teksturnya kenyal dan tidak mengenyangkan. Mempunyai cita rasa manis, dengan berbagai rasa. Aromanya sangat keluar karena, menggunakan bungkus daun pandan atau pisang. Begini cara eksekusinya serta bahan untuk membuat kuliner khas manado ini.

Kue Lampu-lampu merupakan jajanan tradisional Manado yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. Kue Basah ini terbuat dari bahan utamanya yaitu tepung beras dipadu dengan gula merah plus santan.

Aroma wangi dari daun pandan serta manisnya Kue Lampu-lampu menjadikan jajanan ini harus ada ketika hari-hari besar. Berwana hijau membuat setiap orang ingin mencicipinya.

Kue Lampu-Lampu ini memiliki desain yang unik seperti perahu yang di Manado juga orang mengenal kue sejenis ini adalah Kue Tetu. Bahan-bahan untuk membuat kue seperti ini tidaklah sulit ya moms, bahan-bahannya juga sangat mudah.

Oke deh, tanpa berlama-lama lagi. Yuk kita buat Kue Lampu-Lampu di rumah aja.

Bahan-bahan Kue Lampu-Lampu

  1. 1 Liter santan
  2. 10 buah daun pandan atau pisang
  3. Garam 
  4. 200 gram tepung beras
  5. Daun suji, rebus menggunakan air kurang lebih 50 ml
  6. ½ sendok teh pasta pandan
  7. Gula pasir secukupnya
  8. 150 gram gula merah, rebus menggunakan air hingga mengental dan jadi karamel

Cara Memasak Kue Lampu-Lampu

  1. Masukan gula pasir, air daun suji, pasta pandan, santan, sedikit garam serta tepung beras ke dalam panci rebusan. Rebus sampai matang sembari mengaduk-aduknya.
  2. Sembari menunggu adonan kue matang, siapkan wadah dari daun pisang. bentuk seperti perahu mini berukuran 10 sentimeter. ( sebagai alternatif, kalian bisa menggunakan mini cup plastik )
  3. Tuangkan adonan yang sudah matang tadi ke masing-masing wadah Kue hingga setengah, kemudian tuangkan karamel gula merah, lanjut ke tuangan adonan lagi.
  4. Kemudian, di kukus kurang lebih 20 menit sampai 30 menit menggunakan api sedang.
  5. Bisa disantap saat hangat atau dingin, sesuai selera.




Disqus Comments