Skip to main content

Resep Ayam Serundeng Ala Rumahan

Anaya Lariencia

Ayam Serundeng Ala Rumahan



Apakah anda sedang ingin makan ayam serundeng ala rumahan? Jangan khawatir artikel kali ini akan membahas mengenai masakan ayam serundeng. Selama di Indonesia, anda tidak akan ketinggalan macam resep ayam. 

Anda tidak harus bingung untuk membuat ayam serundeng sendiri dirumah maka mari langsung anda lihat bagaimana cara membuat resep Ayam Serundeng ala rumahan. Resep ini dapat anda buat sendiri dirumah. 

Daripada anda terus membeli diluar, lebih baik anda mencoba memasak sendiri dirumah cara membuat resep ayam serundeng. Cara untuk membuatnya juga tidak sulit. Jangan khawatir dengan rasanya sudah pasti enak apabila kita sesuai dengan resep yang sudah disiapkan di online. 

Karena meski anda memasak sendiri rasanya akan sama enak seperti anda membeli di restoran.  Soal rasa pun juga tetap enak seperti kalau kita beli di restoran. 

Resep Ayam Serundeng 
Untuk membuat resep ayam serundeng sudah pasti anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai bumbu untuk memasak resep Ayam Serundeng. Lalu apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih? Berikut ini adalah bahan yang harus disiapkan untuk resepnya adalah seperti dibawah ini.

Bahan resep utama ayam serundeng terdiri dari:

  1. 550 gr daging ayam, yang sudah dipotong
  2. 160 gr kelapa parut
  3. 4 lembar daun salam tapi disobek terlebih dahulu
  4. 1 serai, digeprek
  5. air secukupnya
  6. garam secukupnya
  7. Gula secukupnya
  8. minyak goreng

Lalu bahan untuk bumbu halusnya :

  1. 7 bawang merah
  2. 5 bawang putih
  3. 5 kemiri
  4. 2 sendok makan ketumbar 2 sendok teh merica 
  5. 2 cm jahe
  6. 1/2 jari lengkuas
  7. 1/2 jari kunyit

Alat yang dipakai untuk membuat ayam serundeng:
Anda Jangan lupa mempersiapkan alat yang dibutuhkan untuk membuat resep Ayam Serundeng. Alat-alat yang digunakan untuk membuat resep Ayam Serundeng adalah? 

Berikut alat yang dibutuhkan dalam membuat resep Ayam Serundeng.

  1. Sendok dan pisau
  2. Talenan kemudian tempat
  3. Piring serta wajannya
  4. Panci untuk menggoreng
  5. terakhir Ulekan

Cara Memasak Resep Ayam Serundeng adalah:

  1. Jika alat-alat dan bahan-bahan sudah lengkap untuk mengolah resep Ayam serundeng ala Rumahan, maka anda dapat memulai langkah-langkah memasak resep Ayam serundeng buatan anda sendiri. Berikut tahapan cara membuat resep Ayam serundeng ala rumahan:
  2. Yang Pertama, persiapkan dahulu bahan bumbu halus resep Ayam Serundeng. Kemudian Haluskan bumbu dengan cara diblender atau diulek sampai halus dan merata semuanya. Lalu sisihkan.
  3. Yang Kedua, menyiapkan panci lalu letakkan di kompor dan panaskan. Isi memakai bumbu halus, daun salam, serai juga daun jeruk.
  4. Yang Ketiga, tumis bahan sampai tercium harum dan matang.
  5. Selanjutnya adalah masukkan ayam yang sudah dipotong dan dicuci bersih yang ada di dalam panci kemudian aduk sebentar dengan bumbu tumis.
  6. Lalu beri air secukupnya sampai ayam terendam kemudian ungkep ayam sampai air menyusut.
  7. Apabila air sudah menyusut, tambah gula, garam pada ayam yang tadi diungkep.
  8. Jika sudah selesai mengungkep ayam, angkat ayam kemudian sisihkan. Air sisa ungkepan ayam jangan dibuang sebab akan dipakai sebagai bahan serundeng kelapa.
  9. Pertama anda goreng dulu ayamnya ke dalam wajan dengan memakai minyak yang sudah panas dengan api sedang. Goreng sampai ayamnya berubah warna menjadi kecoklatan. Apabila anda sudah, tiriskan kemudian biarkan sejenak setelah diangkat
  10. Lalu anda buat serundeng kelapa resep Ayam Serundeng. Caranya adalah masukkan kelapa yang sudah diparut ke wadah sisa air ungkepan ayam tadi lalu campur dengan merata.
  11. Apabila sudah, menyiapkan wajan dan sedikit minyak lalu panaskan untuk mulai menggoreng.
  12. Campuran bahan serundeng tadi dimasukkan ke dalam wajan dan goreng dengan api kecil.
  13. Apabila sudah matang juga warna berubah kecoklatan, angkat biarkan minyaknya turun. Kemudian matikan kompor.
  14. Hidangkan Ayam Serundeng Kelapa yang sudah matang bersama dengan nasi hangat, lalapan timun, serta sambal. Bagaimana membuatnya gampang bukan?

Sumber referensi:sweetrip.id

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar