Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Nasi Goreng Siram Laksa yang Unik dan Sedap

Nasi Goreng Siram Laksa yang Unik dan Sedap

Nasi Goreng Siram Laksa (1)

Resep nasi goreng siram laksa

Resep nasi goreng siram laksa begitu menarik untuk coba dimasak sekaligus menyantapnya. Anda sekalian yang suka nasi goreng harus mencicipi menu kuliner yang satu ini karena cukup unik dan rasanya dijamin mantul.

Nasi goreng dengan toping beragam protein hewani tentu sudah biasa dan banyak dijual di luar sana. Berbeda dengan nasi goreng yang satu ini karena disiram dengan kuah laksa yang gurih.

Menyantap nasi goreng telur yang biasa saja sudah begitu enak, jika dimasak dengan benar. Apalagi ditambah siraman kuah laksa yang begitu menggugah selera.

Anda yang penasaran dengan rasanya harus memasaknya dulu di rumah. Pasalnya, jarang atau bahkan tidak ada yang menjualnya. Lalu, bagaimana resep nasi goreng siram laksa selengkapnya?

Silahkan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 piring penuh nasi putih
  2. 1 buah wortel dipotong dadu
  3. 1 helai buncis dipotong-potong
  4. 1 siung bawang merah dipotong kecil
  5. 1 siung bawang putih dipotong kecil
  6. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera dipotong kecil
  7. 1 helai daun bawang dipotong kecil
  8. 1 butir telur ayam
  9. ½ sendok makan kaldu bubuk ayam
  10. 1 sendok makan kecap manis
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Teriyaki Salmon Burger Makanan Khas Eropa

Bahan untuk kuah laksa

  1. 10 buah cabai merah besar dibuang bijinya
  2. 100 gram ebi dihaluskan
  3. 5 cm jahe
  4. 10 siung bawang merah
  5. 5 siung bawang putih
  6. 1 sendok teh terasi dibakar
  7. 4 cm kunyit dibakar
  8. 1 sendok makan ketumbar disangrai
  9. 1 liter santan encer
  10. 2 buah daging dada ayam dipotong-potong
  11. 1 buah paprika merah dipotong-potong
  12. Touge secukupnya
  13. Wortel secukupnya
  14. 1 buah tahu putih dipotong dadu digoreng

Cara memasak nasi goreng siram laksa

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera memasak resep nasi goreng siram laksa dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang merah, bawang putih, dan telur hingga harum.
  2. Setelah itu, masukkan cabai rawit merah, wortel, dan buncis. Aduk merata. Masukkan juga nasi putihnya ke dalam wajan dan aduk merata secara cepat agar semua bahan tercampur.
  3. Bumbui dengan kaldu bubuk, kecap manis, dan tambahkan potongan daun bawang. Aduk cepat lagi di api kompor kecil saja.
  4. Silahkan mencicipi sedikit nasi goreng tersebut untuk mencicipi rasanya. Jika masih kurang sedap, Anda dapat menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata. Setelah itu, matikan kompor dan sisihkan. Nasi goreng sudah matang.
  5. Selanjutnya, membuat kuah laksa dengan cara sebagai berikut. Haluskan cabai merah, ebi, jahe, bawang merah, bawang putih, terasi, kunyit, dan ketumbar. Untuk lebih cepatnya, Anda bisa menggunakan blender.
  6. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum.
  7. Masukkan santan encer dan aduk perlahan. Kecilkan api kompor, lalu masukkan potongan ayam, paprika, wortel, touge, dan tahu. Aduk merata hingga mendidih.
  8. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor dan kuah laksa sudah matang.
  9. Selanjutnya, Anda siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan nasi goreng yang sudah matang diatas piring. Setelah itu, siram dengan kuah laksa secukupnya. Taburi bawang goreng secukupnya jika ada. Nasi goreng siram laksa siap disantap.
Baca Juga :  Resep Semur Jantung Ayam, Masakan Sederhana, Murah Meriah, dan Rasanya Mantap

Sekarang, giliran Anda mempraktikkan resep nasi goreng siram laksa seperti yang diuraikan diatas. Dijamin, rasa nasi gorengnya semakin sedap dan mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan