Senin, 12 Oktober 2020

Enaknya Kuah dan Rasa Laksa Udang Singapore, Ini Tipsnya !

Laksa Udang / Laksa Singapore



Melihat berbagai hidangan di restoran-restoran mewah tentunya membuat ngiler para penikmatnya ya. Karena pasti rasanya bakal enak dan bikin nagih, apalagi melihat hidangan berkuah seperti Laksa Udang atau dengan nama lain Laksa Singapore.

Pasti siapapun akan ngiler ya merasakan empuknya udang dan gurihnya kuah ini. Tapi yang tidak bersahabat adalah harga ya moms, dibanderol mulai Rp 50.000 keatas. Tentunya harga segitu bisa buat makan sampai beberapa hari ya.

Tapi tenang saja, kalau kalian tetap ingin ingin mencicipi enaknya Laksa Udang / Laksa Singapore tanpa perlu keluar banyak uang, bisa kok membuatnya dirumah saja. Resep dan langkah membuat Laksa udang ini tidaklah sulit, hanya membutuhkan bahan sederhana dan alat-alat dapur seperti pada umumnya.

Oke deh, tanpa berlama-lama kita coba buat Laksa Udang di rumah yuk.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. 350 gram udang
  2. 500 ml kaldu udang
  3. 700 ml santan kental
  4. 2 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 2 batang serai, memarkan
  7. 2 ruas jahe
  8. 1 sdm gula merah
  9. garam secukupnya
  10. minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  1. 10 siung bawang merah
  2. 3 buah cabai merah besar
  3. 2 ruas kunyit bakar
  4. 1 sdt ketumbar bubuk
  5. 4 butir kemiri
  6. 2 ruas lengkuas
  7. 1 sdt ebi, sangrai

Bahan pelengkap:

  1. 125 gram bihun rebus
  2. 2 buah tahu rebus
  3. 100 gram taoge
  4. 3 buah jeruk nipis
  5. kemangi secukupnya
  6. bawang goreng secukupnya

Langkah dan cara membuat Laksa Udang / Laksa Singapore

  1. Bersihkan udang dengan air bersih dan lepas cangkang kepala sampai cangkang di punggungnya. Hal ini untuk memberikan rasa yang gurih, empuk dan tidak pahit. Cuci lagi dengan air mengalir sampai bersih.
  2. Kepala udang yang tadi dilepas jangan dibuang dulu, karena akan dibuat campuran untuk membuat kuah yang gurih, bersihkan kepala udang sampai tidak ada kotoran.
  3. Haluskan beberapa bahan seperti kunyit, ketumbar, bawang merah, cabai merah, kemiri, lengkuas dan ebi dengan menggunakan blender atau food processor. Pastikan tekstur bahan tadi sampai benar-benar lembut.
  4. Selanjutnya panaskan panci dan didihkan air, masukan kepala udang yang sudah dibersihkan tadi sampai benar-benar menjadi kaldu. setelah itu matikan kompor dan sisihkan.
  5. Siapkan teflon penggorengan untuk menumis beberapa bumbu, masukan sedikit minyak atau margarin cair. Tambahkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan jahe geprek. aduk-aduk sampai tercium bau harum.
  6. Masukan udang yang sudah lepas cangkang tadi ke dalam tumisan dan aduk-aduk sampai bumbu meresap. Kemudian masukan kaldu dan santan ke dalam tumisan tadi, aduk-aduk sampai tercampur dan benar-benar matang.
  7. Tambahkan gula dan garam secukupnya, koreksi rasa. Angkat dan sajikan.
  8. Siapkan mangkuk besar, kemudian tuang kuah beserta udangnya. Percantik tampilan agar lebih menggoda. Masukan Taoge, Bihun dan potongan telur rebus di mangkuk ya.
  9. Selamat menikmati dan mencoba ya moms.
Disqus Comments