Skip to main content

Resep Sayur Daun Singkong Padang

Siti Komariyah

Sayur Daun Singkong



Tidak hanya bagian akar dari pohon singkong saja yang bisa dimanfaatkan, tetapi daunnya juga. Di mana, daun singkong memiliki banyak manfaat. Salah satunya, seperti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan stamina, meredakan rematik, meredakan nyeri sendi, dan masih banyak lagi. Bukankah itu menyehatkan?

Namun, banyak yang lebih memilih menggunakan daun singkong, sebagai pakan ternak. Seperti makanan untuk sapi, kambing, dan hewan pemakan daun lainnya. Padahal, daun singkong baik untuk kesehatan tubuh.

Selain rasa, cara mengolahnya juga yang membuat banyak orang, tidak memanfaatkan daun singkong. Sebenarnya, dalam pengelolaan, daun singkong tidaklah rumit. Untuk membuat satu porsi makanan sehat, hanya butuh bumbu dapur saja.
Lalu, bagaimana cara mengolah daun singkong, agar menjadi makanan yang sehat dan tentunya juga enak? Berikut akan dibagikan tipsnya.

Sayur daun singkong

Bahan:

  1. Daun singkong (seperlunya saja)
  2. Santan kelapa (bisa pakai yang sasetan)
  3. Bawang putih (2 siung)
  4. Bawang merah (3 siung)
  5. Cabai (Sesuai selera)
  6. Garam
  7. Penyedap rasa
  8. Daun serai

Cara buat:

  1. Cuci bersih daun singkong terlebih dahulu dan tiriskan.
  2. Setelah air sudah tiris, potong kecil-kecil daun singkongnya.
  3. Siapkan wajan dan kompor. Didihkan santan dengan api sedang.
  4. Sembari menunggu santan mendidih, tumbuk bumbu halus yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan penyedap rasa. Jangan lupa pula, batang serai di geprak, agar aromanya, makin keluar.
  5. Setelah halus, tumis bumbunya. Masih sama, dengan api yang sedang.
  6. Kala bumbu sudah harum, angkat. Tunggu santan mendidih. Kalau santan sudah mendidih, masukan bumbu yang telah ditumis tadi ke dalamnya. Aduk sebentar dan daun singkong pun siap dimasukkan bersama santan dan bumbu.
  7. Aduk terus, jangan sampai santan pecah. Nanti, Penampakannya kurang bagus dan rasa santan juga kurang maksimal.
  8. Koreksi rasanya terlebih dahulu. Bila dirasa masih ada yang kurang, bisa tambah dengan garam atau penyedap rasa. Sampai menemukan rasa yang sesuai selera.

Simple bukan?
Jadi, jangan dibuang percuma lagi daun singkongnya.
Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar