Lompat ke konten
Home » Bagaimana Sih Memasak Ayam Betutu Khas Bali yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Bagaimana Sih Memasak Ayam Betutu Khas Bali yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

resep ayam betutu

Resep ayam betutu

Apakah Anda sudah mengetahui resep ayam betutu khas Bali yang sudah terkenal itu? Jika belum, silahkan membaca artikel ini hingga tuntas karena akan menginformasikannya lengkap untuk Anda sekalian.

Mulai dari bahan, bumbu, dan cara memasaknya yang direkomendasikan. Dengan begitu, Anda bisa memasak ayam betutu yang rasanya menggugah selera. Sangat menarik, bukan?

Kuliner ayam betutu berasal dari Bali yang sudah dikenal hingga pelosok Indonesia. Bahkan, tidak menutup kemungkinan menu ayam yang satu ini sudah dikenal hingga mancanegara.

Pasalnya, rasa ayam betutu yang enak dengan ciri khas bumbu rempah Balinya. Siapa saja yang mencicipinya pasti suka dan ingin menyantapnya habis.

Sekarang, Anda yang ingin mencicipi ayam betutu tak perlu jauh-jauh berkunjung ke Bali. Anda bisa memasaknya sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana cara memasak resep ayam betutu khas Bali yang enak itu? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 kg ayam kampung muda
  2. Minyak goreng secukupnya
  3. Air matang secukupnya
  4. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Pindang Daging Kudus, Cocok deh Coba Masak di Rumah

Bumbu yang dihaluskan

  1. ½ sendok teh merica butiran disangrai
  2. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  3. 3 cm lengkuas
  4. 3 cm jahe
  5. 2 cm kunyit dibakar
  6. 2 cm kencur
  7. 1 sendok teh terasi dibakar

Bumbu yang diiris/dicincang

  1. 7 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 15 buah cabai rawit atau sesuai selera
  4. 2 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir

Cara memasak ayam betutu

Setelah semua bahan dan bumbu resep ayam betutu di atas sudah siap, silahkan Anda mempraktekkan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Cuci dan bersihkan terlebih dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Potong atau belah menjadi dua atau sesuai selera Anda. Lalu, rebus ayam kampung sekitar 40 menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan. Lalu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan juga bumbu yang diiris/dicincang ke dalamnya, kecuali garam dan gula pasir. Aduk merata.
  3. Setelah itu, masukkan potongan ayam dan aduk merata hingga berubah warna. Tambahkan air matang hingga menutupi ayam. Aduk merata dan biarkan mendidih hingga air menyusut.
  4. Kecilkan api kompor dan tambahkan garam dan gula pasir. Aduk terus perlahan. Cicipi sedikit kuahnya untuk memastikan rasanya sudah pas atau belum. Jika rasanya kurang asin dan sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk lagi merata.
  5. Matikan kompor dan masakan ayam betutu sudah matang.
  6. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan ayam betutu yang sudah matang di atasnya. Taburi bawang goreng secukupnya, jika ada. Siapkan juga sepiring nasi hangat.
Baca Juga :  Resep Soto Ayam Kudus Bisa Di Praktikkan Di Rumah Anda

Akhirnya, resep ayam betutu khas Bali sudah matang dan siap disantap. Silahkan Anda coba memasaknya sendiri. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info