Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Lele Bumbu Rujak yang Lezat untuk Lauk Makan Siang

Memasak Lele Bumbu Rujak yang Lezat untuk Lauk Makan Siang

Lele Bumbu Rujak

Resep lele bumbu rujak

Yuk, memasak resep lele bumbu rujak di rumah. Anda yang hobi memasak dan ingin mengembangkan bakat memasaknya. Tidak ada salahnya memasak beragam menu kuliner khas Nusantara yang rasanya lezat.

Ada begitu banyak masakan khas Indonesia yang bisa memasak, terutama menggunakan bahan ikan lele. Salah satunya adalah menu lele goreng bumbu rujak. Ikan lele yang sudah digoreng matang, lalu dimasak lagi dengan bumbu rujak.

Dipastikan rasa masakannya gurih, pedas, dan nikmat. Sangat cocok disantap untuk dijadikan lauk makan siang. Tentu saja dilengkapi dengan sepiring nasi hangat.

Dijamin, Anda yang baru mencicipinya akan benar-benar menghabiskannya. Oleh karena itu, mari memasak resep lele bumbu rujak dengan bahan, bumbu, dan cara memasak sebagai berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. ½ kg ikan lele segar
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 500 ml santan kelapa
  5. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri
  4. 10 buah cabai rawit
  5. 3 buah cabai merah besar
Baca Juga :  Resep Kupat Tahu Khas Bandung, Makanan yang Sederhana dan Tetap Mengenyangkan

bumbu lainnya

  1. 2 cm jahe digeprek
  2. 2 cm lengkuas digeprek
  3. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  4. 2 lembar daun jeruk
  5. 2 lembar daun salam
  6. 1 tomat merah dipotong
  7. ½ sendok teh garam
  8. ½ sendok teh gula pasir
  9. Kaldu bubuk secukupnya

Cara memasak lele bumbu rujak

Setelah semua bahan dan bumbu resep lele bumbu rujak di atas sudah siap, segera praktikkan langkah-langkah memasaknya sebagai berikut.

  1. Cuci dan bersihkan terlebih dulu semua ikan lele di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan di bagian ingsangnya. Lalu, beri perasan jeruk nipis dan garam, aduk merata. Diamkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Setelah itu, bilas dan cuci ikan lele lagi hingga bersih. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng lele. Setelah panas, masukkan ikan lele satu per satu. Goreng hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan bumbu lainnya yang digeprek. Masukkan juga daun jeruk dan daun salam. Aduk merata hingga layu.
  5. Setelah itu, masukkan santan kelapa dan aduk terus perlahan. Kecilkan api kompor dan beri garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk terus perlahan agar santan tidak pecah.
  6. Cicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Masak hingga santan menyusut, barulah masukkan ikan lele goreng ke dalamnya. Aduk merata.
  7. Tambahkan potongan tomat dan aduk sebentar saja. Matikan kompor dan masakan lele bumbu rujak sudah matang.
  8. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Letakkan lele bumbu rujak yang sudah matang di atasnya. Taburi bawang goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa siapkan sepiring nasi hangat.
Baca Juga :  Resep Lele Goreng Bumbu Kari, Menu Kuliner Berbeda dari Biasanya

Akhirnya, resep lele bumbu rujak sudah matang dan siap dicicipi. Tak perlu ragu untuk memasaknya di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan