Home » Resep Bumbu Pecel, Enaknya seperti Asli Madiun

Resep Bumbu Pecel, Enaknya seperti Asli Madiun

bumbu pecel (1)

Resep Bumbu Pecel

Kangen dengan enaknya Sambal Kacang yang pedas manis itu, eits jangan keburu beli. Kalian bisa kok membuatnya seenak yang ada di toko oleh-oleh khas madiun. Caranya gampang banget moms, dan bahan-bahannya mudah sekali didapat.

Sambal Kacang sendiri adalah sajian pendamping untuk camilan atau bisa juga untuk sambal ketika menyantap makanan. Kalau topwisata sendiri sih paling enak dihidangkan bersama dengan kerupuk, tempe goreng dan tahu goreng.

Sambal kacang ini sendiri memiliki nama keren yaitu bumbu pecel. Dimana bumbu pecel ini biasanya dihidangkan bersama dengan nasi, tempe goreng dan berbagai sayuran. Menu Bumbu Pecel sangat mudah sekali kita jumpai di Jawa maupun di luar jawa.

Karena makanan yang satu ini sangat populer dan murah meriah ya moms. Oke deh, tanpa berlama-lama. Yuk kita coba membuat Bumbu Kacang Pecelnya dirumah aja.

Baca Juga :  Anda Penggemar Jengkol? Sambal Teri Jengkol Pilihannya

Bahan-bahan untuk membuat Bumbu Pecel

  1. 500 gr kacang tanah
  2. 5 lembar daun jeruk
  3. 11 Cabai rawit
  4. 3 butir bawang putih
  5. 1 sendok teh asam jawa yang telah dihilangkan bijinya
  6. 100 gr gula merah
  7. Kencur ukuran 5 cm

Oke deh, setelah bahan-bahan diatas sudah kita siapkan. sekarang saatnya membuat olahan sambal kacang pecelnya ya moms.

Cara membuat Bumbu Pecel :

  1. Cuci bersih kacang tanah yang sudah kalian siapkan dan sudah dikupas tadi, rendam di dalam air dan aduk-aduk. setelah terlihat sudah bersih angkat dan keringkan.
  2. Siapkan wajan, dan goreng kacang yang sudah dibersihkan tadi. Goreng dengan api kecil. masukan kacang ke dalam panci dan aduk-aduk, jangan sampai gosong ya. kalo sudah berubah warna angkat dan tiriskan.
  3. Haluskan kacang tanah yang sudah digoreng tadi, moms bisa menggunakan blender atau ulekan. pastikan tekstur kacang tanah sudah benar-benar halus. kemudian sisihkan.
  4. Siapkan beberapa bahan lain seperti, daun jeruk, cabai rawit, bawang putih, asam jawa, gula merah dan kencur. haluskan bumbu-bumbu tersebut sampai benar-benar lembut. Kemudian campurkan dengan kacang lembut tadi. haluskan kembali kacang bersama dengan bumbunya.
  5. Tuangkan Sambal Kacang / Sambel Pecelnya ke dalam wadah. Sambal Kacang siapkan disandingkan dengan makananmu ya moms.
  6. Sambal Kacang atau Sambal Pecel ini sangat cocok disandingkan dengan olahan makanan seperti tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng ataupun kerupuk. Dijamin rasa yang kalian dapatkan akan maknyus banget.
  7. Oh iya, jika moms ingin menyimpan lebih lama sambel pecelnya. Kalian bisa menyimpannya di dalam wadah tertutup seperti tupperware atau wadah plastik kedap udara lainnya. Bisa tahan sampai berhari-hari deh moms.
  8. Jika ingin mengkonsumsinya kembali, kalian bisa mengambilkan beberapa sendok kemudian dicampurkan dengan air hangat. Cairkan dan sajikan.
Baca Juga :  Raisin Almond Crumble Slice, Cemilan Sehat Untuk Toddler

Artikel ini sudah tayang di topwisata dengan judul : Resep Sambel Pecel Wuenak, Inspirasi buat Jualan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *