Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ayam Masak Bom, Kuliner Khas Banjarmasin Rasanya Menggoyang Lidah

Ayam Masak Bom, Kuliner Khas Banjarmasin Rasanya Menggoyang Lidah

Ayam Masak Bom (1)

Resep ayam masak bom

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang masakan ayam masak bom? Namanya memang aneh dan kurang familiar. Apalagi Anda yang belum pernah ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Memang benar, kuliner yang satu ini berasal dari sana dan cukup populer di tempat asalnya. Masakan ayam yang rasanya perpaduan antara pedas, manis, dan gurih.

Masakannya dimasak dengan beragam rempah-rempah khas Nusantara. Ditambah ada aroma seperti gosong karena proses memasaknya memasukkan arang panas ke dalam panci atau wajan yang sudah berisi masakan ayam. Cukup unik dan menarik, bukan?

Lalu, apakah Anda ingin mengetahui resep ayam masak bom selengkapnya? Jika iya, silahkan membaca uraian berikut hingga tuntas. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam pedaging utuh ukuran sedang
  2. 2 buah arang ukuran besar yang belum digunakan, cuci bersih dan keringkan
  3. 100 gram kacang tanah digoreng lalu dihaluskan
  4. 3 buah cengkih
  5. 3 cm kayu manis
  6. 3 sendok makan kecap manis
  7. 2 sendok makan gula Jawa disisir
  8. 2 sendok makan air asam Jawa
  9. 2 cm jahe
  10. 1 sendok teh garam
  11. 1 sendok teh gula pasir
  12. Kaldu bubuk secukupnya
  13. Air matang secukupnya
  14. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Batagor Homemade Buatan Sendiri Memang Rasanya Tidak Kalah Enak

Bumbu yang dihaluskan

  1. 15 siung bawang merah
  2. 8 siung bawang putih
  3. 8 buah cabai merah keriting direndam di dalam air panas
  4. ½ sendok teh terasi

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak ayam masak bom dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam di bawah air mengalir. Setelah itu, potong ayam menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan kayu manis dan cengkih. Tumis hingga layu.
  3. Masukkan air matang dan aduk merata. Kecilkan api kompor. Lalu, tambahkan air asam Jawa, gula Jawa, dan kecap manis. Aduk perlahan.
  4. Masukkan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan beserta potongan ayam. Aduk merata dan masak hingga ayam matang. Jangan lupa bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya.
  5. Panaskan arang diatas api kompor, lalu masukkan ke dalam wajan dan tutup rapat. Biarkan sekitar 10 menit hingga kuahnya mengental. Setelah itu, ambil arangnya dan silahkan Anda cicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Jika masih kurang pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya dan aduk sebentar. Matikan kompor dan masakan sudah matang, siap dihidangkan.
  6. Siapkan piring atau mengkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang goreng secukupnya jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Ayam Gepuk Sambal Terasi yang Rasanya Menggoyang Lidah

Itulah informasi resep ayam masak bom selengkapnya. Anda bisa coba memasaknya sendiri di rumah. Jika sudah matang, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info