Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Nasi Krawu Khas Gresik yang Mudah Lezat

Memasak Resep Nasi Krawu Khas Gresik yang Mudah Lezat

Nasi Krawu (1)

Resep nasi krawu

Resep nasi krawu berasal dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kuliner tersebut memang asli dari Gresik yang sudah populer.

Bahkan, tidak sedikit rumah atau warung makan di luar Jawa Timur menjual menu tersebut. Sebenarnya, menu kulinernya cukup sederhana yang berisi nasi putih hangat, irisan daging sapi, krawu merah, krawu kuning, sambal terasi, dan irisan timun.

Mirip dengan nasi campur atau nasi kuning hanya isinya saja yang sedikit berbeda, yaitu terdapat krawu. Krawu atau srundeng yang terbuat dari parutan kelapa dan rasanya gurih manis.

Anda yang asli Gresik pasti sudah atau sering menyantap nasi krawu. Adapun Anda yang ingin mencicipi menu kuliner yang satu ini bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resep nasi krawu berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi bisa dipilih yang berlemak
  2. 3 lembar daun salam
  3. 1 batang serai digeprek
  4. 1 liter air matang

Bumbu halus untuk daging

  1. 10 siung bawang merah
  2. 8 siung bawang putih
  3. 4 butir kemiri
  4. 2 cm lengkuas
  5. 1 sendok makan ketumbar
  6. 1 sendok teh asam Jawa
  7. 3 sendok makan gula Jawa disisir
  8. ½ sendok teh garam
  9. 1 sendok teh gula pasir
Baca Juga :  Bandeng Serani, Sensasi Gurih, Pedas, dan Segar, Begini Resepnya

Bahan krawu merah

  1. 50 gram kelapa parut
  2. 1 siung bawang putih
  3. 2 buah cabai merah besar
  4. 3 buah cabai rawit
  5. ¼ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir

Bahan krawu kuning

  1. 50 gram kelapa parut
  2. 1 siung bawang putih
  3. 1 cm kunyit
  4. 1 lembar daun jeruk
  5. ¼ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir

Bahan pelengkap nasi krawu

  1. Sambal terasi secukupnya
  2. Bawang goreng secukupnya
  3. Irisan timun untuk lalapan secukupnya

Cara membuat nasi krawu

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda bisa segera mempraktikkan resep nasi krawu dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, cuci dulu daging sapi di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus daging dengan 1 liter air yang sudah disiapkan. Masukkan daun salam dan batang serai. Rebus hingga air menyusut tinggal sepertiganya.
  2. Lalu, angkat daging dan tiriskan. Potong daging ukuran sedang dan sisihkan. Air sisa rebusan daging jangan dibuang.
  3. Selanjutnya, Anda masak lagi sisa air rebusan daging dengan bumbu halus hingga mendidih. Setelah itu, masukkan potongan daging dan masak terus hingga air rebusan habis serta kering. Lalu, angkat daging dan suwir-suwir hingga habis. Sisihkan.
  4. Langkah berikutnya, Anda membuat krawu merah. Caranya, haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, garam, dan gula. Setelah itu, campurkan parutan kelapa dan aduk merata. Sangrai campuran parutan kelapa diatas wajan dengan api kompor kecil hingga kering. Angkat dan sisihkan.
  5. Jangan lupa membuat krawu kuning. Caranya, haluskan bawang putih, kunyit, daun jeruk, garam, dan gula. Setelah itu, campurkan parutan kelapa dan aduk merata. Sangrai diatas wajan dengan api kompor kecil hingga kering. Angkat dan sisihkan.
  6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating. Beri nasi putih hangat diatasnya. Lalu, tambahkan daging suwir, krawu merah, dan krawu kuning di pinggir piring. Jangan lupa melengkapinya dengan sambal terasi, irisan timun, dan taburi bawang goreng secukupnya. Nasi krawu sudah matang dan siap disantap.
Baca Juga :  Ikan Dori Saus Teriyaki, Hidangan Makan Siang Nikmat

Ternyata, mempraktikkan resep nasi krawu tidak begitu sulit. Anda bisa mempraktikkannya sekarang juga agar dapat segera mencicipi kuliner khas Gresik tersebut. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan