Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Bingung Menu Makan? Ayam Goreng Mentega Saus Tiram aja

Bingung Menu Makan? Ayam Goreng Mentega Saus Tiram aja

Ayam Goreng Mentega Saus Tiram (1)

Resep ayam goreng mentega saus tiram

Ayam goreng mentega saus tiram menjadi salah satu menu yang dapat disantap seluruh anggota keluarga. Rasa masakannya diterima oleh lidah semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Biasanya, ayam goreng mentega menjadi menu sendiri dengan rasanya menggoyang lidah. Apalagi masakan tersebut dikombinasikan dengan saus tiram yang gurih. Dijamin rasanya makin mantul.

Bahan utama dari masakan ini adalah daging ayam. Anda bisa memilih ayam kampung atau ayam pedaging biasa. Pastikan bahwa dagingnya sudah empuk saat digoreng, sehingga rasanya lebih nikmat.

Untuk bisa menyantap menu kuliner yang satu ini, Anda bisa memesannya di warung atau rumah makan terdekat. Anda pun bisa memasaknya di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan.

Untuk lebih lengkapnya perihal resep ayam goreng mentega saus tiram, silahkan membaca uraian selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam kampung ukuran sedang
  2. 2 siung bawang putih dihaluskan
  3. 1 sendok teh garam
  4. ½ sendok teh merica bubuk
  5. 2 sendok makan mentega
  6. 1 buah jeruk nipis
  7. Minyak goreng secukupnya
  8. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Dadar Jagung Renyah, Mudah Kok, Begini Resepnya

Bumbu-bumbu

  1. 3 siung bawang putih dicincang halus
  2. 1 buah bawang bombay diiris tipis
  3. 2 sendok makan kecap Inggris
  4. 1 sendok teh saus tiram
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. 1 sendok makan kecap manis
  7. ½ sendok teh garam
  8. 1 sendok teh gula pasir

Cara memasak ayam goreng mentega saus tiram

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak ayam goreng mentega saus tiram dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam di bawah air mengalir, lalu rebus sekitar 30 menit hingga berbusa. Tekstur daging ayam kampung lebih tebal dan keras, sehingga memasaknya harus lebih lama agar dagingnya empuk.
  2. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas. Lalu, taburi cincangan bawang putih, garam, dan merica. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit.
  3. Sambil menunggu, Anda dapat menyiapkan wajan penggorengan. Nyalakan api kompor besar dan beri minyak goreng untuk menggoreng daging ayam. Setelah panas, masukkan daging ayam yang sudah dimarinasi tadi satu per satu ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Langkah selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng di dalamnya hingga sekitar satu sendok makan saja. Tambahkan mentega yang sudah disiapkan. Setelah panas dan mentega meleleh, tumis bawang bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  5. Tambahkan kecap manis, kecap Inggris, saus tiram, garam, dan beri sedikit air matang. Aduk merata. Kecilkan api kompor dan masak hingga mendidih.
  6. Masukkan potongan ayam goreng ke dalam wajan. Aduk merata. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jangan lupa beri perasan jeruk nipis ke dalamnya untuk memberikan sensasi rasa segar. Aduk sebentar dan matikan kompor. Masakan sudah matang dan siap dihidangkan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya agar lebih sedap. Siapkan juga nasi putih hangat yang cocok disantap bersama masakannya.
Baca Juga :  Resep Membuat Rempeyek Udang yang Renyah dan Gurih

Resep ayam goreng mentega saus tiram diatas cukup mudah dimasak. Lagipula, bahan dan bumbunya mudah didapatkan. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan