Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Suka Masakan Pedas? Coba Dulu Sambal Teri Pete Khas Minang

Suka Masakan Pedas? Coba Dulu Sambal Teri Pete Khas Minang

Sambal Teri Pete (1)

Resep sambal teri pete

Memasak resep sambal teri pete khas Minang yang pedas dan gurih tidak begitu sulit dipraktikkan. Asalkan semua bahannya sudah disiapkan dan cara memasaknya benar, pasti hasil masakannya tidak mengecewakan.

Rasanya benar-benar nikmat, seperti saat menyantap masakan Padang. Sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat untuk makan siang atau makan malam. Apalagi menyantapnya saat perut terasa lapar. Dijamin, satu porsi piring nasi belum cukup.

Tak perlu lauk tambahan untuk menyantapnya karena sambal teri pete sudah cukup dijadikan lauk sekaligus pelengkap yang rasanya menggoyang lidah.

Terutama Anda sekalian yang menyukai masakan pedas sekelas sambal setan atau sejenisnya. Jangan sampai melewatkan menu kuliner yang satu ini.

Tak perlu membelinya di luar karena Anda dapat memasak resep sambal teri pete sendiri. Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 100 gram ikan teri tawar ukuran sedang
  2. 1 papan pete diiris tipis
  3. 2 buah cabai merah besar diiris tipis
  4. 50 gram kacang tanah digoreng
  5. 1 lembar daun salam
  6. 1 cm lengkuas
  7. 1 batang serai digeprek
  8. 1 sendok teh gula pasir
  9. 1 sendok makan air jeruk nipis
  10. 5 sendok makan minyak goreng
Baca Juga :  Bola-Bola Daging Bumbu Sambal Rendang, Menu Lauk Favorit!

Bumbu yang dihaluskan

  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  • 8 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat sambal teri pete

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sambal teri pete dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan teri di bawah air mengalir. Sisihkan. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan minyak goreng. Setelah panas, goreng ikan teri, pete, dan cabe merah masing-masing terpisah. Angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan ganti minyak gorengnya secukupnya saja untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, batang serai, dan gula pasir. Aduk merata dan tumis hingga layu.
  3. Setelah itu, masukkan ikan teri, pete, kacang tanah, dan cabai yang sudah digoreng tadi ke dalam wajan. Aduk merata. Beri air jeruk nipis dan aduk lagi merata. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya. Jika sudah pas, matikan kompor. Masakan sambal teri pete sudah matang dan siap dihidangkan.
  4. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan sambal teri pete yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang goreng secukupnya jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Semur Telur Puyuh yang Sederhana dan Disukai Seluruh Keluarga

Resep sambal teri pete yang diinformasikan diatas ternyata mudah memasaknya. Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan coba memasaknya sendiri. Dijamin rasanya gurih pedas menyengat. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan