Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ayam Kecap Rawit Khas Palembang, Pastinya Menggugah Selera

Ayam Kecap Rawit Khas Palembang, Pastinya Menggugah Selera

Ayam Kecap Rawit Khas Palembang (1)

Resep ayam kecap rawit

Resep ayam kecap rawit merupakan masakan khas Palembang, Sumatra Selatan yang mungkin kurang populer dibanding menu-menu khas Minang lainnya.

Secara garis besar, masakan ini menggunakan bahan utama ayam kampung yang sudah dimasak dan diungkep dengan bumbu  kuning.

Setelah itu, diberi sambal kecap rawit yang di dalamnya juga terdapat kacang. Jadilah sensasi gurih pedas dalam sebuah kuliner yang menggugah selera banyak orang.

Anda sekalian yang penasaran dengan rasa masakan ini tak perlu jauh-jauh ke Palembang. Anda bisa memasaknya sendiri di rumah.

Lagipula, semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan. Sementara untuk cara memasaknya, direkomendasikan Anda membaca terlebih dulu selengkapnya resep ayam kecap rawit khas Palembang berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung segar ukuran sedang
  2. 1 bungkus bumbu kuning instan
  3. 250 ml minyak goreng
  4. Air secukupnya

Bahan untuk sambal kecap rawit

  1. 4 sendok makan minyak kelapa
  2. 5 siung bawang putih dicincang halus
  3. 1 buah bawang bombay dicincang halus
  4. 20 buah cabai rawit hijau atau sesuai selera dipotong-potong
  5. 5 sendok makan kecap manis
  6. 5 sendok makan kacang tanah digoreng lalu diuleg kasar
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. ½ sendok teh merica bubuk
  9. 1 sendok teh garam
  10. 100 ml air matang
Baca Juga :  Enak Murah Meriah Tahu Crispy Renyah ala Street Food, Ternyata ini Resepnya

Cara memasak ayam kecap rawit

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam kecap rawit dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir, lalu potong-potong menjadi sekitar 10 bagian atau sesuai selera Anda. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, siapkan panci ukuran sedang, lalu masukkan potongan ayam dan air secukupnya ke dalamnya. Pastikan air menenggelamkan semua ayam. tambahkan bumbu kuning instan ke dalamnya. Aduk sebentar dan nyalakan api kompor besar.
  3. Ungkep ayam sekitar 60 menit atau hingga dagingnya empuk. Pastikan daging ayam empuk. Jika belum, tambahkan air lagi secukupnya untuk mengungkep ayam. Setelah itu, angkat semua potongan ayam dan tiriskan.
  4. Selanjutnya, siapkan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah panas, masukkan satu per satu ayam kampung ungkep ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan lagi wajan penggorengan dan beri minyak kelapa untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  6. Tambahkan cabai rawit dan kacang yang sudah diuleg kasar ke dalamnya. Aduk merata hingga layu. Setelah itu, bumbui dengan garam, gula, kecap manis, merica bubuk, dan air matang. Kecilkan api kompor dan masah hingga mendidih.
  7. Selanjutnya, masukkan potongan ayam kampung goreng ke dalam wajan. Aduk merata hingga semua bahan tercampur sempurna. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor. Masakan sudah matang dan siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan ayam kecap rawit yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat. Siap disantap.
Baca Juga :  Resep Jajan Madu Mongso enak dan manis

Ternyata, resep ayam kecap rawit khas Palembang tidak begitu sulit memasaknya. Silahkan Anda mencobanya sendiri yang juga cocok menjadi menu santap berbuka puasa bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info