Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mencicipi Mie Kopyok Khas Salatiga yang Sedap

Mencicipi Mie Kopyok Khas Salatiga yang Sedap

Mie Kopyok (1)

Resep mie kopyok

Resep mie kopyok khas Jawa memang yang populer dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Sajian mie dengan kuah bercampur bawang dan kecap manis.

Ditaburi kerupuk gendar yang renyah. Mie kopyok semacam itu juga mirip dengan mie kocok asal Bandung. Bedanya, ada tambahan kikil dan kuah kaldu sapi untuk mie kocok.

Ternyata, ada juga mie kopyok khas Kota Salatiga, Jawa Tengah yang mempunyai ciri khas berbeda. Isiannya ada tambahan potongan bayam dan touge, sehingga lebih cocok bagi Anda sekalian yang menyukai sayuran.

Kopyok merupakan bahasa Jawa yang artinya kocok dalam bahasa Indonesia. Disebut seperti itu karena penjualnya biasa mengkopyok atau mengkocok dulu mienya sebelum dicampur dengan bahan lainnya untuk disajikan. Lalu, bagaimana resep mie kopyok khas Salatiga selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan untuk toping ayam

  1. 350 gram ayam fillet
  2. 3 siung bawang putih dihaluskan
  3. ½ sendok teh merica bubuk
  4. 1 sendok teh gula pasir
  5. 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  6. 1 sendok makan kecap asin
  7. 4 sendok makan kecap manis
  8. 200 ml air matang
  9. 2 sendok makan minyak goreng
Baca Juga :  Wah, Memasak dan Menyantap Ayam Goreng Lengkuas Sambal Ijo Memang Sangat Memuaskan

Bahan untuk isian

  1. 200 gram mie telur direbus hingga matang lalu ditiriskan
  2. 2 ikat bayam segar dipetik lalu direbus sebentar, tiriskan
  3. 50 gram touge segar diseduk air panas lalu ditiriskan

Bahan untuk kuah

  1. 1 liter air kaldu ayam
  2. 3 siung bawang putih dihaluskan
  3. 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  4. 1 sendok teh merica bubuk
  5. 2 sendok makan minyak goreng
  6. Tulang ayam sisa fillet
  7. 2 sendok teh garam

Bahan pelengkap

  1. Sambal cabai rawit
  2. Bawang merah goreng secukupnya

Cara membuat mie kopyok

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep mie kopyok dengan cara pembuatannya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, yaitu membuat toping ayamnya terlebih dulu. Caranya, bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus ayam dan semua tulangnya sekitar 45 menit hingga empuk.
  2. Ambil daging ayamnya, lalu dipotong kecil-krcil. Sisihkan. Sementara itu, air kaldu sisa perebusannya jangan dibuang karena masih digunakan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih hingga harum. Lalu, tambahkan irisan daging ayam dan air ke dalam wajan. Aduk merata.
  4. Bumbui dengan merica bubuk, gula pasir, kaldu bubuk, kecap asin, dan kecap manis. Kecilkan api kompor dan aduk merata. Masak hingga air menyusut. Setelah itu, angkat dan sisihkan.
  5. Langkah berikutnya, yaitu membuat kuah mie kopyok. Caranya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah panas, tumis bawang putih hingga harum. lalu, tambahkan air kaldu beserta tulang ayam. Aduk merata.
  6. Bumbui dengan merica bubuk, kaldu bubuk, dan garam. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Silahkan dicicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor.
  7. Semua bahan sudah siap dan tinggal diplating. Siapkan dulu mangkuk ukuran sedang. Taruh mie secukupnya ke dalam mangkuk. Tambahkan bayam, taouge, ayam, lalu siram dengan kuah secukupnya. Taburi dengan bawang merah goreng secukupnya. Anda yang suka pedas bisa menambahkan sambal cabai rawit secukupnya.
Baca Juga :  Resep Chawan Mushi, Hidangan Khas Jepang yang Gurih dan Lembut

Akhirnya, resep mie kopyok khas Salatiga selesai dibuat dan siap disantap. Anda sekalian yang penasaran dengan rasanya bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan