Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Goreng Cabai, Pedas Menyengat

Resep Ayam Goreng Cabai, Pedas Menyengat

Ayam Goreng Cabai (1)

Resep ayam goreng cabai

Resep ayam goreng cabai menjadi salah satu variasi masakan berbahan daging ayam yang bisa Anda coba masak di rumah. Daging ayam digoreng lalu dimasak dengan bumbu pedas karena memadukan beberapa jenis cabai.

Warna masakannya yang merah memang mirip dengan menu ayam balado. Perbedaannya, sudah pasti dari rasa pedasnya. Bumbu balado berwarna merah, tetapi tidak terlalu pedas,

Berbeda dengan ayam goreng cabai yang selain berwarna merah juga rasa pedasnya benar-benar menyengat lidah.

Anda semua para penggemar masakan pedas harus mencobanya sendiri. Bukan hanya coba menyantapnya saja, tetapi juga memasaknya sendiri. Bahan dan bumbunya mudah didapatkan.

Sementara untuk cara memasaknya yang direkomendasikan, silahkan membaca resep ayam goreng cabai selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam potong segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 3 cm lengkuas digeprek
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya saja
  7. 2 sendok teh garam
  8. 1 sendok teh gula pasir
  9. ½ sendok teh kaldu bubuk
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Cara Membuat Resep Perkedel Jagung Makanan Favorite

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera Anda
  4. 5 buah cabai merah besar
  5. 5 buah cabai merah keriting
  6. 1 buah tomat merah

Cara memasak ayam goreng cabai

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam goreng cabai dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan ayam di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan buku-bulu kecil di permukaan kulitnya. Setelah itu, potong ayam menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda.
  2. Masukkan potongan ayam ke dalam wadah baskom dan beri perasan jeruk nipis. Aduk-aduk sebentar, lalu diamkan sekitar 45 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 45 menit, bersihkan lagi potongan ayam di bawah air mengalir. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak karena untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan potongan ayam ke dalamnya satu per satu. Goreng hingga matang berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan lagi wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam tadi karena hanya untuk menumis. Setelah itu, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan batang serai. Tumis hingga semuanya layu.
  5. Bumbui dengan garam, gula, pasir, dan kaldu bubuk. Aduk merata hingga semua tercampur merata. Setelah itu, masukkan ayam goreng ke dalam wajan. Kecilkan api kompor dan masak hingga tercampur dengan semua bumbunya.
  6. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan ayam goreng cabai yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Ayam Suwir Nasi Krawu Khas Gresik

Akhirnya, resep ayam goreng cabai selesai dimasak dan siap disantap. Silahkan Anda coba memasaknya di rumah karena tidak begitu sulit. Rasa pedasnya juga bisa disesuaikan dengan selera Anda sendiri. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan