Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Udang Tumis Bawang Putih, Menu Makan Siang Mantul

Udang Tumis Bawang Putih, Menu Makan Siang Mantul

Udang Tumis Bawang Putih (1)

Resep udang tumis bawang putih

Resep udang tumis bawang putih sangat cocok dimasak untuk menu makan siang Anda sekalian. Dimana bahan utamanya adalah udang yang dimasak dengan bumbu bawang putih.

Banyak orang menyukainya, kecuali Anda alergi dengan udang. Biasanya, udang dimasak goreng tepung, menu seafood, atau bahan campuran untuk beragam masakan.

Rasa dagingnya yang kenyal dan gurih memang sangat menggugah selera.

Untuk sekarang, masakan udang tumis bawang putih menjadi menunya yang bisa Anda masak dengan mudah dan cepat.

itu, bahan dan bumbunya juga mudah didapatkan dengan harga cukup terjangkau. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan membaca resep udang tumis bawang putih berikut.

Bahan-bahan

  1. 400 gram udang segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. ½ sendok teh garam

5 siung bawang putih diiris tipis

  1. 3 buah cabai hijau besar dipotong-potong
  2. 2 sendok teh bumbu tauco
  3. 2 sendok teh kecap manis
  4. 1 sendok teh kecap asin
  5. ½ sendok teh garam
  6. ¼ sendok teh merica bubuk
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. 100 ml air
  9. 2 sendok teh bawang putih goreng
  10. 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Resep Ikan Pari Asap Kemangi, Lauk Makan yang Menggugah Selera Tiap Orang

Cara memasak udang tumis bawang putih

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep udang tumis bawang putih dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang di bawah air mengalir. Buang semua cangkang, kotoran, dan bagian kepalanya. Lalu, belah punggu udang, tetapi jangan sampai terpotong.
  2. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan semua udang ke dalamnya. Tambahkan perasan jeruk nipis dan garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah minyak panas, masukkan bawang putih dan tumis hingga harum.
  4. Tambahkan potongan cabai hijau. Aduk merata. Setelah itu, masukkan semua udang, bumbu tauco, kecap manis, kecap asin, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk merata lagi.
  5. Tuangkan air dan masak dengan api kompor kecil saja hingga kuahnya menyusut. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Lalu, tuangkan masakan udang tumis bawang putih yang sudah matang diatasnya. Taburi dengan bawang putih goreng yang sudah disiapkan. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat Anda ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Nasi Kebuli Ayam Sederhana, Begini Langkahnya

Akhirnya, resep udang tumis bawang putih selesai dimasak dan siap disantap untuk menu makan siang. Anda yang sangat penasaran dengan rasanya silahkan untuk mempraktikkan sendiri seperti langkah-langkah diatas. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan