Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sambal Terong Penyet, Menu Sederhana yang Bercitarasa Luar Biasa

Resep Sambal Terong Penyet, Menu Sederhana yang Bercitarasa Luar Biasa

Sambal Terong Penyet (1)

Resep sambal terong penyet

Resep sambal terong penyet memang cukup sederhana untuk dibuat dan dijadikan lauk makan. Namun, Anda jangan menyepelekannya karena rasanya dijamin mantul.

Dengan kata lain, bahan dan bumbu sederhana beserta cara membuatnya menunya cukup mudah ternyata menyajikan citarasa istimewa. Apalagi jika disantap dengan nasi putih hangat.

Anda mungkin sudah pernah mencicipinya dan cocok di lidah, sehingga ingin merasakannya lagi. Namun sayangnya, Anda tidak bisa menemukan warung atau rumah makan yang menjual menu kuliner tersebut.

Tidak perlu bersedih hati karena Anda dapat membuatnya sendiri. Berikut resep sambal terong penyet selengkapnya yang bisa Anda praktikkan di rumah sekarang juga.

Bahan-bahan

  1. 2 buah terong segar ukuran besar
  2. 20 gram ikan teri asin
  3. 1 papan tempe dipotong memanjang
  4. 1 sendok teh ketumbar
  5. ½ sendok teh garam
  6. 1 gelas air matang
  7. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk sambal

  1. 5 buah cabai rawit merah
  2. 2 buah cabai merah besar
  3. 3 buah cabai merah keriting
  4. 3 butir bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 1 buah tomat merah dipotong menjadi dua
  7. ½ sendok teh garam
  8. 1 sendok teh gula Jawa
  9. ¼ sendok teh kaldu bubuk
  10. ½ sendok teh terasi dibakar
  11. 1 buah jeruk purut
Baca Juga :  Nikmatnya Ayam Pedas rica-rica, Ternyata Begini Resepnya

Cara membuat sambal terong penyet

Setelah semua bahan diatas sudah lengkap disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep sambal terong penyet dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan piring, lalu masukkan ketumbar, garam, dan air ke dalamnya. Aduk sebentar, lalu masukkan potongan tempe ke dalamnya. Aduk dan bolak-balik tempe agar terkena bumbunya. Diamkan sekitar 10 menit untuk proses marinasi.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tempe. Setelah minyak panas, goreng tempe hingga berwarna kecoklatan di semua sisinya dan matang. Lalu, angkat dan tiriskan.
  3. Anda juga bisa langsung menggoreng potongan terong ke dalam wajan bekas menggoreng tempe tadi. Goreng terong hingga bagian dalamnya berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Setelah terong, Anda bisa menggoreng sebentar ikan teri asinnya. Lalu, angkat dan tiriskan juga.
  5. Selanjutnya, kurangi minyak goreng bekas menggoreng terakhir ikan teri tadi hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis. Lalu, tumis semua cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga setengah matang saja. Matikan kompor dan angkat tumisannya.
  6. Siapkan cobek, lalu tuangkan semua tumisan diatasnya. Tambahkan garam, gula jawa, kaldu bubuk, dan terasi bakar. Setelah itu, uleg kasar dan aduk hingga semua bahan tercampur.
  7. Beri perasan jeruk purut dan aduk merata lagi. Lalu, letakkan terong, tempe goreng, dan ikan teri asin diatas sambal dan penyet-penyet sesuai selera.
  8. Anda bisa langsung menyajikan sambal terong penyet bersama cobeknya, atau mungkin dipindahkan diatas piring saji. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat sangat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Udang Goreng Sambal Kecombrang, Menu Makan Siang Lezat untuk Keluarga

Akhirnya, resep sambal terong penyet selesai dipraktikkan dengan beberapa langkah diatas. Anda yang penasaran dengan rasa sambalnya silahkan coba membuatnya di rumah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan