Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Bulgogi Ayam (Dak Bulgogi) untuk BBQ Korea

Resep Membuat Bulgogi Ayam (Dak Bulgogi) untuk BBQ Korea

Dak Bulgogi1 (1)

Resep Membuat Bulgogi Ayam

Bulgogi ayam sangat lezat, mudah dibuat, dan tidak pedas. Gochujang sering digunakan dalam pembuatan Bulgogi Ayam, Bulgogi Nasi dan Teh, Bulgogi Ayam biasanya direndam dalam saus pedas.

Kamu tidak memerlukan bahan-bahan segar untuk resep ini. Bumbu Bulgogi Ayam ini sepenuhnya dapat dibuat dari bahan-bahan yang ada di dapur, jadi ini adalah resep yang bagus untuk hari-hari ketika kamu tidak memiliki bawang putih segar, bawang bombay, atau bahan makanan lainnya.

Kata “Bulgogi” secara otomatis mengacu pada bulgogi daging sapi. Meskipun bulgogi secara sederhana berarti “daging api” dan tidak menyebutkan daging sapi, bulgogi adalah salah satu istilah yang memiliki arti khusus berdasarkan cara orang menggunakannya.

Sejarah Bulgogi :

Dinasti Goguryeo, yang memerintah Korea dari tahun 37 SM hingga 668 M, adalah sumber sejarah Bulgogi.

Menurut catatan sejarah, orang-orang Goguyreo merendam daging dalam kecap, menusuknya, dan memanggangnya di atas api terbuka. Itulah awal mula Bulgogi, yang kini menjadi makanan yang terkenal.

Sekarang, percayakah kamu bahwa selama dinasti Silla, Bulgogi hampir sepenuhnya menghilang dari masakan Korea?

Petinggi Silla, Beopheung, adalah seorang penganut Buddha yang setia dan pada tahun 1529, ia membuat keputusan yang melarang pembunuhan makhluk hidup untuk dimakan, mengikuti cara berpikir Buddha tentang keberadaan setiap makhluk hidup.

Baca Juga :  Sate Kerang Medan yang Enak dan Mantap untuk Makan Siang

Seperti yang kamu lihat, agama Buddha memiliki dampak pada masakan Korea sejak abad ke-16.

Tips dan Alternatif :

Pengganti Sirup Beras :

  1. Dua sendok makan sirup beras Jocheong Korea mengandung sekitar 21 gram gula. 2 sendok makan sirup maple dan 34 gram madu masing-masing mengandung 24 gram gula. Kamu dapat mengganti 5 sendok makan madu dengan 3 sendok makan air, 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan air, atau 1 sendok makan dengan 2 sendok makan sirup maple untuk 1/2 cangkir sirup beras.
  2. Karena memasak paha dan dada ayam membutuhkan waktu yang lama, masaklah dengan api sedang-kecil agar bagian luarnya tidak gosong dan bagian dalamnya tidak gosong.
  3. Bagaimana kamu tahu kapan ayam sudah benar-benar matang? Cara terbaik untuk mengetahui apakah ayam sudah matang adalah dengan menekannya dengan spatula atau pembalik, selain memotongnya dan mengeluarkannya dari wajan. Ayam belum sepenuhnya matang jika bagian dalamnya agak lembek atau lunak. Dikatakan matang jika memantul kembali saat ditekan dan terasa kenyal.
  4. Semua orang akan menyukainya jika Anda menyajikannya dengan Teh Krisan, Salad Selada Korea (Sanchu Geotjeori), dan kimchi!
Baca Juga :  Resep Soto Sapi Bening Seger

Bahan – Bahan :

Porsi: 2 porsi Waktu persiapan: 2 jam Waktu memasak: 15 menit Tingkat kesulitan: Mudah

  1. 1 kg Paha Ayam (tanpa tulang dan tanpa kulit)
  2. Bumbu untuk Ayam
  3. 1 batang daun bawang segar, cincang (opsional)
  4. Minyak sayur

Cara Membuat :

  1. Dengan menggunakan gunting atau pisau, potong lemak berlebih dari paha ayam. Dengan menggunakan pisau, potong atau belah beberapa bagian yang paling tebal untuk membuat setiap bagian serata mungkin. Kamu bisa memasak dada atau paha dengan membelahnya sehingga ketebalannya sama. Hal ini memastikan bahwa setiap bagian matang secara merata dan cepat.
  2. Anggur putih dapat dibuat untuk menghidrasi kembali dengan menambahkan bawang putih dan bubuk jahe ke dalamnya.
  3. Tambahkan sisa bahan saus, yaitu 2 sdm anggur, 2 sdm gula, 1 1/2 sdm madu, dan 3 sdm kecap asin. Aduk rata.
  4. Masukkan ayam ke dalam mangkuk besar dan rendam selama setidaknya dua jam atau semalaman.
  5. Panaskan wajan berukuran sedang. Minyak sayur dapat digunakan untuk melumuri ayam.
  6. Angkat paha dari bumbu dan panaskan wajan. Bumbunya akan memercik, jadi gunakan penyaring percikan jika ada. Selain itu, perhatikan betapa meratanya potongan paha saya sekarang setelah dibagi menjadi beberapa bagian.
  7. Masak setiap sisi hingga benar-benar matang, paling lama sekitar 2 hingga 3 menit, atau lebih lama lagi. Pastikan tidak gosong dengan memeriksanya.
  8. Sajikan dengan nasi dan daun bawang cincang sebagai hiasan.
Baca Juga :  Bitterballen, Camilan Enak Keluarga Saat Weekend

Lihat video membuat Dak Bulgogi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan