Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep dan Cara Membuat Wedang Cemue

Resep dan Cara Membuat Wedang Cemue

Wedang Cemue (1)

Resep Wedang Cemue

Resep dan Cara Membuat Wedang Cemue – Ini terlihat sama seperti angsle karena terbuat dari bahan seperti roti tawar dan santan.

Namun, keduanya memiliki perbedaan, lalu apa perbedaannya? Ya beda di rasa.Tidak hanya di Ponorogo, cemue ini juga sangat populer di Magetan dan Madiun.

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Ponorogo, karena Anda bisa membuat Wedang Cemue dari rumah:

Resep yang diperlukan:

Resep untuk membuat minuman tradisional ini cukup mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Untuk resep-resepnya dibagi menjadi kuah dan bahan tambahan, berikut adalah bahan-bahannya.

  • Bahan sausnya ini sendiri terdiri dari 150 gram jahe (dibakar lalu dihaluskan), 150 gram gula pasir, 50 gram gula merah, vanili, 1 ons mutiara.
  • Selain itu, Anda harus menyiapkan 5 cm kayu manis, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun pandan, 1 liter santan, 1 sdt garam.
  • Kemudian siapkan juga bahan-bahan tambahan seperti 100 gram kacang tanah (sangrai dan kupas), 4 potong roti tawar (potong kotak), bawang merah goreng untuk taburan.
Baca Juga :  Resep Mangga Mousse yang Dingin dan Menyegarkan

Cara pembuatan:

  • Nah, setelah bahan-bahannya telah Anda siapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuatnya. Pertama buat kuahnya dengan merebus 1 liter air, masukkan daun pandan dan jahe, masak sekitar 5 menit.
  • Setelah itu, tambahkanlah vanili, garam dan gula pasir, lalu aduk hingga merata. Kemudian masukkanlah santan dan aduk terus-menerus agar santan tidak pecah. Jika sudah mendidih, maka matikanlah apinya dan sisihkan.
  • Jangan lupa untuk membuat bubur mutiara, caranya dengan merebus air lalu masukkan mutiara hingga mengembang, lalu angkat dan sisihkan. Bilas dengan air dingin agar lebih nikmat.

Cara penyajian:

  • Setelah kuah dibuat, saatnya untuk menyajikannya. Nah, cara penyajiannya dulu, masukkan bubur mutiara secukupnya, roti tawar secukupnya, kacang tanah sangrai ke dalam mangkok.
  • Lalu tuang isian dengan sambal wedang cemue yang sudah Anda buat. Terakhir taburi dengan bawang goreng. Sajikan selagi wedang masih panas.
Baca Juga :  Resep Pindang Tulang Iga, Masakan Khas Palembang yang Rasanya Mantul di Lidah

Itulah ulasan tentang resep dan cara membuat Wedang Cemue. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Lihat video membuat Wedang Cemue

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan