Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Perayaan Idul Adha Tetap Sehat dengan Resep Es Mentimun Selasih

Perayaan Idul Adha Tetap Sehat dengan Resep Es Mentimun Selasih

Es Mentimun Selasih (1)

Resep es mentimun selasih

Resep es mentimun selasih merupakan solusi efektif untuk menetralisir tekanan darah tinggi dan kolesterok yang meningkat.

Dua penyakit yang sering diderita banyak orang setelah mengkonsumsi bahan protein hewani khususnya daging dalam jumlah relatif banyak.

Seperti halnya saat momentum Idul Adha yang identik dengan makan lauk serba daging bukan hanya sehari saja, tetapi bisa berhari-hari.

Anda jangan sampai mengkonsumsi daging dan bagian jeroan sapi atau kambing terlalu banyak karena bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Silahkan saja mengkonsumsinya dengan porsi sewajarnya dan jangan lupa banyak mengkonsumsi air putih.

Selain itu, minuman segar seperti es mentimun selasih juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut resep es mentimun selasih yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Baca Juga :  Yuk, Coba Resep Ayam Rendang Tanpa Santan yang Bikin Ngiler Banyak Orang

Bahan-bahan

  1. 750 ml air
  2. 200 gram gula pasir
  3. 3 buah mentimun
  4. 4 sendok makan selasih siap pakai
  5. Pecahan es batu secukupnya

Cara membuat es mentimun selasih

Setelah beberapa bahan diatas sudah Anda siapkan, silahkan mempraktikkan resep es mentimun selasih dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan bersihkan mentimun yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, kupas kulitnya dan potong menjadi dua bagian.
  2. Buang semua bijin mentimun, lalu serut daging buahnya hingga habis. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, siapkan panci ukuran sedang untuk merebus air yang sudah disiapkan. Rebus diatas api kompor sedang saja.
  4. Tambahkan gula pasir dan aduk perlahan hingga mendidih. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan beberapa saat agar mendingin.
  5. Siapkan beberapa gelas saji untuk plating. Beri serutan mentimun dan selasih secukupnya. Setelah itu, tuangkan air gula hingga ketinggian sekitar ¾ gelas. Tambahkan pecahan es batu secukupnya hingga memenuhi gelas. Es mentimun selasih siap disajikan dan diminum.
Baca Juga :  Resep Sayur Asem Nila Goreng yang Segar dan Menggugah Selera Setiap Orang

Itulah resep es mentimun selasih yang cukup mudah membuatnya. Silahkan Anda coba di rumah untuk menjaga kesehatan tubuh. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Es Mentimun Selasih

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan