Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Udang Serundeng, Variasi Selain Ayam untuk Stok Lauk di Rumah

Resep Udang Serundeng, Variasi Selain Ayam untuk Stok Lauk di Rumah

Udang Serundeng (1)

Resep udang serundeng

Resep udang serundeng juga merupakan salah satu menu pilihan alternatif yang bisa Anda masak, cicipi, dan santap kelezatannya.

Bahkan, kuliner kering yang satu ini juga dapat dijadikan stok lauk untuk beberapa hari. Asalkan bahan dan cara membuatnya benar serta direkomendasikan. Selain itu, cara menyimpannya juga benar agar lebih tahan lama dan rasanya masih sedap.

Biasanya serundeng yang terbuat dari parutan kelapa dimasak dengan ayam goreng. Namun untuk menu kali ini, serundeng akan dimasak dengan udang.

Lalu, apakah rasanya seenak ayam serundeng yang sudah biasa dijual di banyak warung atau rumah makan? Silahkan Anda membuktikannya sendiri dengan memasak dulu resep udang serundeng berikut.

Bahan-bahan

  1. 600 gram udang segar ukuran sedang
  2. 1 sendok teh garam
  3. 2 sendok teh ketumbar bubuk
  4. 1 sendok makan cuka
  5. 450 gram parutan kelapa setengah tua
  6. 20 lembar daun jeruk
  7. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 1 sendok makan ketumbar disangrai
  4. ½ sendok teh jintan disangrai
  5. 1 sendok makan larutan air asam Jawa
  6. 1 sendok teh garam
  7. 2 sendok makan gula Jawa disisir
  8. 2 sendok makan gula pasir
Baca Juga :  Resep Nasi Gurih Khas Aceh yang Enaknya Nggak Ketulungan Bonus Mengenyangkan

Cara memasak udang serundeng

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep udang serundeng dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Silahkan membersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kepala dan cangkang udang. Selain itu, ambil kotoran di tubuh udang.
  2. Lalu, masukkan semua udang ke dalam wadah baskom bersih dan beri garam, ketumbar, serta cuka. Aduk sebentar dan diamkan sekitar 20 menit untuk memarinasi udang.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng udang. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan semua udang ke dalamnya.
  4. Goreng hingga berubah warna dan kering diatas api kompor sedang saja. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  5. Panaskan lagi wajan penggorengan tanpa ada minyak goreng di dalamnya. Lalu, masukkan semua parutan kelapa dan goreng diatas api kompor sedang.
  6. Tambahkan semua bumbu halus dan daun jeruk. Aduk merata hingga semua bahan tercampur dan mengering.
  7. Setelah itu, tambahkan sekitar 4 sendok makan minyak goreng, lalu masak lagi hingga serundengnya matang.
  8. Masukkan semua udang goreng ke dalam kelapa serundeng dan aduk merata hingga tercampur. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang dan rasanya cocok, matikan kompor untuk segera menyajikannya.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan udang serundeng yang sudah matang diatasnya. Silahkan menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk.
  10. Jika udang serundeng masih tersisa, masukkan saja ke dalam sebuah toples dan jangan lupa menutupnya rapat. Setelah itu, simpan di tempat yang kering dan bersuhu ruangan. Anda bisa menjadikannya stok lauk untuk beberapa hari ke depan.
Baca Juga :  Oseng terong cabai pedas yang menggugah selera, Begini Resepnya

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui resep udang serundeng selengkapnya. Silahkan Anda coba membuat dan memasaknya di rumah. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Udang Serundeng

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan