Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Cilok Udang Home Made yang Rasanya Luar Biasa

Resep Cilok Udang Home Made yang Rasanya Luar Biasa

Cilok Udang Home Made (2)

Resep cilok udang

Anda sekalian yang penasaran dengan resep cilok udang harus membaca artikel ini hingga selesai. Mulai dari bahan cara membuat cilok akan diuraikan lengkap disini. Dengan begitu, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk disantap sendiri bersama keluarga atau mau dijual lagi di luar sana.

Cemilan yang satu ini sepertinya memang tidak ada matinya. Sejak dulu hingga sekarang masih ada juga abang-abang yang menjual cilok memakai gerobak, sepeda ontel, hingga sepeda motor. Hal tersebut membuktikan bahwa cilok memang masih laku keras di pasaran dengan banyaknya pembeli. Mulai anak-anak hingga orang tua menyukai makanan berbentuk bulat tersebut.

Lalu, bagaimana resep cilok udang yang rasana enak dan dijamin banyak disukai orang? Berikut resepnya yang harus Anda baca selengkapnya.

Bahan-bahan

  • 10 ekor udang segar ukuran sedang
  • 120 gram tepung tapioka
  • 100 gram tepung terigu
  • 3 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang dipotong kecil
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • Air matang secukupnya
Baca Juga :  Mempraktikkan Tempe Penyet Sambal Kencur yang Mudah, Sederhana, dan Lezat

Bahan pelengkap

  • Saus tomat/cabai secukupnya
  • Potongan mentimun kecil-kecil secukupnya

Cara membuat cilok udang

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep cilok udang dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kepalanya dan kotoran di perutnya. Sisihkan dulu.
  2. Setelah itu, haluskan udang bersama bawang putih. Anda bisa menggunakan blender, chopper, atau menghaluskannya secaa manual menggunakan pisau.
  3. Siapkan wadah baskom bersih, lalu masukkan adonan udang ke dalamnya. Tambahkan tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan merica bubuk.
  4. Setelah itu, aduk merata dengan tangan sambil diberi air sedikit demi sedikit hingga adonannya kalis. Ambil 1 sendok makan adonan, lalu bentuk bulau-bulat menyerupai bakso. Lakukan langkah tersebut hingga adonan cilok habis. Sisihkan dulu.
  5. Siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus air secukupnya hingga mendidih. Setelah itu, masukkan semua adonan cilok berbentuk bulat-bulat ke dalam panci.
  6. Rebus hingga cilok mengapung, lalu angkat satu per satu. Tiriskan dan sisihkan dulu sambil menunggu tidak terlalu panas.
  7. Siapkan sebuah piring untuk plating, lalu letakkan semua cilok udang yang sudah matang diatasnya. Jangan lupa menyediakan garpu atau tusuk gigi untuk mengambil ciloknya. Lengkapi dengan sau tomat/cabai sebagai cocolan serta potongan mentimun agar lebih segar.
Baca Juga :  Langkah-langkah Membuat Cireng Ayam Suwir yang Mudah dan Cepat untuk Pemula

Cukup mudah bukan resep cilok udang diatas? Silahkan Anda coba sendiri di rumah dan pastikan rasanya sesuai selera Anda. selamat mencoba dan semoga berhasil.

Lihat video membuat Cilok Udang Home Made

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info