Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Cilok Sederhana, Siap Buat Suguhan Waktu Kumpul

Resep Cilok Sederhana, Siap Buat Suguhan Waktu Kumpul

Resep Cilok Sederhana (2)

Resep Cilok Sederhana

Langkah-langkah membuat resep cilok sederhana

Untuk membuat cilok, pertama-tama siapkan bahan-bahannya[1]. Anda membutuhkan 

  1. 150 gram tepung tapioka, 
  2. 80 gram tepung terigu, 
  3. 2 batang daun bawang yang diiris tipis, 
  4. 1 sendok teh garam, 
  5. dan 1/2 sendok teh merica. 

Membuat Cilok Sederhana : 

  1. Campurkan semua bahan dalam sebuah wadah dan aduk hingga tercampur rata.
  2. Setelah bahan-bahan tercampur rata, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan terbentuk[2]. 
  3. Panaskan air dalam panci dan tambahkan sedikit minyak goreng. Setelah air mendidih, ambil sejumput adonan cilok dan bentuk bulat kecil. 
  4. Masukkan cilok ke dalam air hingga mendidih dan tunggu hingga cilok mengapung ke permukaan air. Angkat cilok dan tiriskan.
  5. Setelah cilok matang, sajikan dengan saus kacang[3]. 

Untuk membuat saus kacang, blender tanah kacang goreng bersama bumbu seperti 

  1. cabai, 
  2. bawang putih, 
  3. dan lengkuas. 

Membuat Bumbu Cilok Sederhana : 

  1. Setelah itu, masak campuran bumbu dan kacang dengan air dan tambahkan gula merah, gula pasir, garam, dan daun jeruk purut[4]. 
  2. Taburi cilok dengan bawang goreng dan disajikan dengan saus kacang. 
  3. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat cilok yang sederhana namun lezat untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Tepung Tapioka Berkualitas** – Saat membuat cilok, sangat penting untuk menggunakan tepung tapioka berkualitas tinggi untuk mendapatkan tekstur yang tepat. Carilah tepung tapioka yang digiling halus agar adonannya halus dan elastis. Tepung tapioka kualitas rendah dapat menyebabkan tekstur cilok berpasir atau menggumpal.

Baca Juga :  Resep Sambal Geprek, menggugah selera

**Uleni Adonan Secara Menyeluruh** – Menguleni adonan dengan benar sangat penting untuk cilok. Hal ini membantu mengaktifkan gluten pada tepung tapioka sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal dan elastis. Menguleni adonan minimal 5-7 menit akan memastikan cilok tetap mempertahankan bentuknya dan memiliki tekstur yang enak saat dimasak.

**Bumbui Adonan dengan Baik** – Jangan berhemat dalam membumbui adonan cilok. Menambahkan garam, bawang putih bubuk, atau bumbu lain yang diinginkan ke dalam adonan akan menambah rasa pada cilok sehingga semakin nikmat disantap. Pertimbangkan untuk menambahkan sejumput lada putih atau serpihan cabai untuk rasa yang lebih nikmat.

**Eksperimen dengan Isian dan Celupan** – Berkreasilah dengan isian cilokmu. Meskipun resep tradisionalnya membutuhkan adonan yang sederhana, Anda dapat bereksperimen dengan menambahkan daging cincang, keju, atau bahkan sayuran ke bagian tengah cilok untuk menambah rasa dan tekstur. Selain itu, pertimbangkan untuk menyajikan cilok dengan berbagai macam saus seperti saus sambal, saus kacang, atau kecap manis untuk menambah cita rasa keseluruhan.

**Pastikan Waktu Memasak yang Tepat** – Untuk mendapatkan tekstur yang sempurna, cilok sebaiknya dimasak hingga mengapung di permukaan air mendidih. Memasak terlalu lama bisa membuatnya kenyal, sedangkan memasak kurang matang bisa menghasilkan tekstur kenyal. Dengan merebusnya selama beberapa menit, Anda akan mendapatkan konsistensi yang padat namun kenyal, cocok untuk menikmati camilan khas Indonesia ini.

Baca Juga :  Bikin Ngiler, Nugget Ikan Salmon Harus Dicoba

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok sederhana? A: Bahan-bahan untuk membuat cilok sederhana biasanya terdiri dari tepung tapioka, air, garam, bawang putih, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana cara membuat adonan ciloknya? A: Untuk membuat adonan cilok, campurkan tepung tapioka dengan air, garam, dan bawang putih cincang hingga menjadi adonan kalis dan elastis.

Q: Bagaimana proses memasak cilok? A: Setelah adonan dibentuk menjadi bola-bola kecil, rebus dengan air hingga mengapung ke permukaan tanda sudah matang. Kemudian ditiriskan dan bisa disajikan dengan saus.

Q: Boleh kasih tahu resep sambalnya untuk menemani cilok? A: Saus cilok yang umum adalah saus kacang pedas, yang biasanya mengandung bahan-bahan seperti kacang tanah, gula aren, asam jawa, bawang putih, cabai, dan air. Kacang tanah ditumbuk lalu dicampur dengan bahan lainnya dan dimasak hingga kuahnya mengental.

Q: Apakah cilok merupakan masakan tradisional Indonesia? A: Ya, cilok merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Indonesia, khususnya dari budaya Sunda di Jawa Barat. Terkenal karena teksturnya yang kenyal dan sering disajikan sebagai jajanan pinggir jalan.

Referensi : 

1.   10 Resep Cilok Sederhana yang Kenyal dan Enak, Wajib ….  (n.d.)   Retrieved December 27, 2023, from www.idntimes.com 

Baca Juga :  Resep Sop Makaroni Ayam Kampung, Masakan Hangat Penggugah Selera di Musim Penghujan

2.   Resep Cilok Kenyal Bumbu Kacang, Camilan Sederhana ….  (n.d.)   Retrieved December 27, 2023, from www.kompas.com 

3.   Resep Cilok Empuk Saat Dingin dengan Saus Kacang ….  (n.d.)   Retrieved December 27, 2023, from food.detik.com 

4.   Resep Cilok Bumbu Kacang oleh Bunda Bagus.  (n.d.)   Retrieved December 27, 2023, from cookpad.com/id/resep/2306872-cilok-bumbu-kacang 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info