Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Nasi Kepal Jamur untuk Bekal Praktis ke Sekolah, Kampus, atau Tempat Kerja

Resep Nasi Kepal Jamur untuk Bekal Praktis ke Sekolah, Kampus, atau Tempat Kerja

Nasi Kepal Jamur (1)

Resep nasi kepal jamur

Resep nasi kepal jamur menjadi salah satu rekomendasi untuk Anda sekalian yang memiliki buah hati di rumah. Menu tersebut untuk bekal ke sekolah, kuliah, atau bahkan tempat kerja.

Makanannya juga bisa dijadikan menu sarapan pagi yang praktis, lezat, sekaligus mengenyangkan perut. Bahan utamanya nasi putih yang mengandung karbohidrat. Masih ada tambahan daging giling di dalamnya untuk protein hewani.

Tidak ketinggalan irisan jamur sebagai protein nabatinya.Tentu saja masih ada beragam bumbu saat mengolahnya agar rasanya benar-benar menggoyag lidah.

Jadi, Anda harus mencoba menu kuliner ini dengan membuatnya di rumah karena pasti tidak ada yang menjualnya di luar sana. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Silahkan membaca dulu resep nasi kepal jamur selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 600 gram nasi putih panas dan matang
  2. 200 gram daging sapi giling
  3. 100 gram jamur tiram dicuci bersih, lalu diiris kecil
  4. ½ butir bawang bombay dicincang kasar
  5. 3 siung bawang putih dicincang kasar
  6. 1½ sendok makan saus teriyaki
  7. 1 sendok makan kecap manis
  8. 2 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. ½ sendok teh merica bubuk
  11. 150 ml air matang
  12. 1 sendok makan margarin untuk menumis
Baca Juga :  Resep Lontong Tuyuhan Khas Rembang dengan Rasa Gurih Pedas Menggugah Selera

Bahan pelapis

  • 1 sendok makan wijen hitam disangrai
  • 1 sendok makan wijen putih disangrai

Cara membuat nasi kepal jamur

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep nasi kepal jamur dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri margarin untuk menumis. Setelah panas dan margarin meleleh, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum serta layu.
  2. Setelah itu, masukkan semua daging sapi cincang, lalu aduk merata hingga berubah warna. Tambahkan irisan jamur tiram dan aduk merata lagi.
  3. Kecilkan api kompor, lalu bumbui dengan saus teriyaki, kecap manis, garam, dan gula pasr. Aduk merata lagi.
  4. Tuangkan air yang sudah disiapkan, lalu aduk perlahan dan masak hingga mendidih. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera. Jika sudah benar-benar matang, matikan kompor dan biarkan beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  5. Selanjutnya, ambil sekitar 2 sendok nasi putih panas yang sudah disiapkan, lalu agak pipihkan dengan tangan. Setelah itu, beri bagian tengahnya dengan bahan isian yang sudah matang 1 sendok makan saja. Kepal-kepal nasi hingga berbentuk bulat, oval, atau terserah Anda.
  6. Lakukan langkah tersebut hingga semua nasi dan bahan isian habis. Sisihkan dulu. Siapkan wadah tempat makan bersih, lalu isi dengan beberapa nasi kepal jamur yang sudah jadi tersebut.
Baca Juga :  Resep Ikan Kembung Asam Pedas Buatan Rumah yang Sangat Menggugah Selera

Bagaimana dengan resep nasi kepal jamur diatas? Sangat menarik, bukan? Silahkan Anda coba membuatnya di rumah dan pastinya sangat cocok untuk bekal setiap anggota keluar. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan