Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Arem-arem ayam untuk Bekal Anak Sekolah

Membuat Arem-arem ayam untuk Bekal Anak Sekolah

Membuat Arem-arem ayam (2)

Membuat Arem-arem ayam

Bahan-bahan

  1. 1/2 Dada ayam fillet
  2. 1 buah Kentang
  3. 1 buah wortel
  4. Santan (aku pakai kelapa segar setengah)

Bumbu halus

  1. 2 siung Bawang putih
  2. 4 siung bawang merah
  3. 3 buah kemiri
  4. Daun salam
  5. Sereh
  6. Daun pisang

Cara Membuat Arem Ayam Arem

  1. Untuk membuat arem-arem ayam, langkah pertama adalah menyiapkan isiannya[1][2]. Panaskan minyak secukupnya dalam wajan lalu tumis bumbu halus antara lain bawang putih, bawang merah, (cabai rawit, dan cabai merah keriting hingga harum[3][4])optional. Masukkan ayam giling dan aduk hingga berubah warna. Bumbui dengan garam, merica (optional), dan gula pasir, lalu tambahkan air untuk membuat isian kental[5][2]. Setelah isiannya siap, sisihkan dan lanjutkan menyiapkan adonan nasi.
  2. Untuk menyiapkan adonan nasi, mulailah dengan mencuci dan membersihkan 250 gram beras[1]. Dalam panci, rebus 500 ml santan bersama daun salam, daun pandan, dan garam[3]. Tambahkan nasi ke dalam panci dan aduk hingga meresap dan menjadi kental[1][3]. Ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bola seukuran kepalan tangan[6]. Ratakan bolanya dan tambahkan isian ayam, wortel dan kentang di tengahnya[1]. Lipat pinggiran adonan di atas isian dan bungkus arem-arem dengan selembar daun pisang[7][8].
  3. Setelah arem-arem tersusun, saatnya mengukusnya[7]. Masukkan arem-arem yang sudah dibungkus ke dalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 20-25 menit[7]. Setelah matang, keluarkan dari kukusan dan sajikan selagi panas[7]. Ayam arem-arem merupakan camilan lezat dan sehat yang bisa dinikmati kapan saja sepanjang hari. Perpaduan adonan nasi yang empuk dan isian ayam yang beraroma membuat suguhan mengenyangkan dan mengenyangkan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Ayam Berkualitas Tinggi** – Pilih ayam segar berkualitas tinggi untuk rasa dan tekstur terbaik di Arem-arem Anda. Carilah ayam kampung atau organik karena cenderung memiliki rasa dan tekstur yang lebih enak.

Baca Juga :  Resep Pentol Isi Keju yang Enak dan Mantap Buatan Rumah

**Marinasi Ayam** – Marinasi ayam dengan campuran bumbu dan bumbu seperti kunyit, ketumbar, bawang putih, dan bawang merah agar kaya rasa. Biarkan ayam direndam setidaknya selama 30 menit atau semalaman di lemari es untuk mendapatkan rasa yang maksimal.

**Gunakan Daun Pisang Segar** – Saat membungkus ayam dengan daun pisang, pastikan masih segar dan lentur. Ini akan membantu memberikan rasa yang lembut dan aromatik pada masakan dan mencegah ayam menempel pada daun selama proses pengukusan.

**Kukus dengan Hati-hati** – Saat mengukus Arem-arem, pastikan uapnya lembut dan konsisten agar ayam matang merata tanpa membuatnya keras atau kering. Memasak terlalu lama dapat menyebabkan ayam menjadi kenyal, sedangkan memasak kurang matang dapat menyebabkan masalah keamanan pangan.

**Sajikan dengan Saus Kacang** – Arem-arem secara tradisional disajikan dengan saus kacang yang kaya rasa dan gurih. Siapkan saus kacang yang seimbang dengan campuran kacang panggang, santan, gula palem, asam jawa, dan sedikit cabai untuk pendamping lezat hidangan ayam.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Arem-arem Ayam? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Arem-arem Ayam antara lain dada ayam, santan, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, daun salam, daun jeruk purut, serai, garam, gula pasir, minyak goreng, daun pisang, dan tusuk gigi.

Q: Bagaimana cara menyiapkan isian Arem-arem Ayam? A: Untuk menyiapkan isian Arem-arem Ayam, Anda perlu menumbuk halus bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit. Lalu tumis bahan halus bersama daun salam, daun jeruk purut, serai, dan garam hingga harum. Masukkan ayam, masak hingga berubah warna, lalu tambahkan santan dan gula pasir. Masak hingga ayam empuk dan adonan kering.

Baca Juga :  Resep Mudah Membuat Potato Wedges Yang Enak

Q: Bagaimana langkah-langkah menyiapkan adonan nasi untuk Ayam Arem-arem? A: Untuk membuat adonan nasi Arem-arem Ayam, Anda perlu memasak nasi bersama santan, garam, dan gula pasir hingga menjadi adonan kental dan lentur. Kemudian, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan ratakan setiap bagiannya pada selembar daun pisang.

Q: Bagaimana cara merakit dan mengukus Ayam Arem-arem? A: Untuk merakit Arem-arem Ayam, letakkan sebagian isian ayam di tengah adonan nasi yang sudah dipipihkan, lalu bungkus dan kencangkan dengan tusuk gigi. Kukus arem-arem yang sudah dirangkai selama kurang lebih 30 menit hingga daun pisang melunak dan aroma masakan memenuhi udara.

Q: Bisakah saya membuat Arem-arem Ayam terlebih dahulu? A: Ya, Arem-arem Ayam bisa dibuat terlebih dahulu. Setelah merakit dan mengukus Arem-arem, Anda bisa membiarkannya mendingin hingga mencapai suhu ruangan lalu menyimpannya di lemari es. Jika sudah siap disajikan, Arem-arem dapat dipanaskan kembali dengan cara dikukus kembali selama beberapa menit hingga matang seluruhnya.

Referensi : 

1.   Resep Arem-Arem Isi Ayam, Bisa Pakai Sisa Opor Ayam.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.kompas.com 

2.   5 Resep Arem-Arem Kukus yang Enak untuk Menu Buka ….  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.fimela.com 

3.   AREM AREM AYAM PEDAS – Sajian Sedap – Grid.ID.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari sajiansedap.grid.id/read/10748280/arem-arem-ayam-pedas 

Baca Juga :  Segar! Coba Resep Sayur Sop Ayam

4.   Resep Arem-Arem Isi Ayam Sayur, Sehat dan Mudah Dibuat.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.halodoc.com 

5.   AREM-AREM AYAM TAHU – Sajian Sedap – Grid.ID.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari sajiansedap.grid.id/read/10740702/arem-arem-ayam-tahu 

6.   5 Resep Arem-Arem Kukus yang Cocok untuk Teman ….  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.fimela.com 

7.   Resep Arem-arem Lezat dan Mudah Dibuat – UFS.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari www.unileverfoodsolutions.co.id 

8.   Resep Arem-Arem Isi Ayam oleh ihdanas.  (n.d.)   Diperoleh February 12, 2024, dari cookpad.com/id/resep/15997956-arem-arem-isi-ayam

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan