Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat makanan Mahshi Hidangan Takjil Khas Timur Tengah

Membuat makanan Mahshi Hidangan Takjil Khas Timur Tengah

Membuat makanan Mahshi (2)

Membuat makanan Mahshi

Bahan-bahan

Untuk kulit (A) :

  1. 1 buah Kol/kubis utuh (pilih yg besar dan ringan)
  2. Air secukupnya untuk merebus
  3. Sejumput garam

Untuk isian (B) :

  1. 200 gram daging cincang
  2. 200 gram beras (rendam 2 jam lalu tiriskan)
  3. 8 butir bawang merah (cincang)
  4. 6 butir bawang putih (haluskan)
  5. 1 buah tomat ukuran besar(cincang)
  6. 3 sdm pasta tomat
  7. 1 sdt jintan bubuk
  8. 1 sdt ketumbar bubuk
  9. 1 sdt cabe bubuk
  10. 1 sdt kayu manis bubuk
  11. 1/2 sdt merica bubuk
  12. 1/2 sdt kapulaga bubuk
  13. 1/2 sdt kunyit bubuk
  14. 1 sdt garam/sesuaikan selera
  15. 1/2 sdt.gula pasir / sesuaikan selera
  16. selera Penyedap sesuaikan
  17. 1 sdm saus tiram/sesuaikan selera
  18. Daun ketumbar secukupnya (aku ga pakai krn lgi ga ada)

Untuk kuah merebus (C):

  1. 4 butir.bawang merah (cincang)
  2. 5 butir bawang putih(haluskan)
  3. 1/2 sdt merica bubuk
  4. 1/2 sdt jintan bubuk
  5. secukupnya Garam
  6. 2 buah tomat (cincang/blender)
  7. 2 sdm pasta tomat
  8. secukupnya Air
  9. Minyak utk menumis
  10. selera Penyedap sesuaikan
  11. sedikit tulang sapi jika punya (skip jika tdk ada)
  12. 1 kentang (potong tipis melingkar)

Langkah-langkah menyiapkan Mahshi Hidangan Timur Tengah

  1. Mahshi adalah hidangan populer Timur Tengah yang dibuat dengan mengisi sayuran dengan nasi dan daging[1]. Sayuran yang biasa digunakan untuk Mahshi antara lain zucchini, terong, paprika, tomat, daun kubis, atau daun anggur[2]. Untuk membuat Mahshi dibutuhkan bahan-bahan sebagai berikut: – 130 gram beras (cuci dan rendam selama 2 jam) – 250 gram ayam cincang atau giling – 10 buah Kousa/Marrow/zucchini – 50 gram bawang bombay – 1 sendok makan pasta tomat – 2 sendok makan minyak sayur – Garam dan merica secukupnya Bumbu dan rempah tambahan seperti adas manis, daun ketumbar, peterseli, dan daun mint dapat ditambahkan untuk menambah rasa[3]. Setelah bahan terkumpul, persiapan isian sayuran bisa dimulai.
  2. Untuk menyiapkan isian Mahshi, nasi dan ayam cincang dicampur dengan bawang bombay cincang, pasta tomat, dan rempah-rempah[4]. Sayuran kemudian dilubangi, menyisakan rongga untuk isian. Isiannya kemudian disendokkan ke dalam sayuran, dan bagian atasnya diganti. Sayuran tersebut kemudian disusun dalam panci dan ditutup dengan air atau kaldu [5]. Panci kemudian ditutup, dan sayuran direbus hingga empuk[6]. Teknik memasak ini dikenal sebagai isian, dan umumnya digunakan dalam masakan Yordania[7].
  3. Untuk memasak Mahshi, sayuran isi direbus dalam panci sampai empuk dan nasi matang[2]. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak tergantung pada jenis dan ukuran sayuran yang digunakan. Setelah matang, Mahshi dapat disajikan panas, diberi tambahan bumbu dan rempah [2]. Hidangan ini sangat cocok untuk sarapan dan disajikan sebagai santapan[5]. Biasa dikonsumsi pada bulan Ramadhan sebagai menu berbuka puasa. Secara keseluruhan, Mahshi adalah hidangan lezat dan sehat yang dapat dinikmati oleh semua orang, dan merupakan cara yang bagus untuk memasukkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan Anda.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan Segar** – Saat membuat Mahshi, penting untuk memilih sayuran segar, seperti zucchini, paprika, dan tomat. Bahan-bahan segar memastikan hidangan beraroma dan bersemangat. Carilah sayuran yang keras dan tidak bercacat untuk digunakan sebagai bahan dasar Mahshi Anda.

Baca Juga :  Banana Semprit Cookies, Sajian Tepat Waktu Kumpul

**Persiapan Sayuran yang Benar** – Cuci dan keringkan sayuran secara menyeluruh sebelum dilubangi. Saat melubangi sayuran seperti zucchini atau paprika, pastikan Anda menyisakan cukup daging untuk menjaga integritas strukturalnya sekaligus membuat rongga untuk isian. Misalnya, saat melubangi zucchini, sisakan sekitar 1/4 inci dagingnya untuk mempertahankan bentuknya selama dimasak.

**Isi Beraroma** – Buat isian lezat untuk Mahshi Anda dengan menggabungkan bahan-bahan seperti nasi, daging giling, herba aromatik seperti peterseli dan mint, serta bumbu penghangat seperti kayu manis dan allspice. Isiannya harus dibumbui dengan baik dan beraroma harum agar sayuran memiliki rasa yang kaya saat dimasak.

**Pelapisan untuk Memasak Merata** – Saat menyusun Mahshi di dalam panci masak, lapisi sayuran yang sudah diisi dengan rapi untuk memastikan matangnya merata. Kemas dengan rapat agar tidak terurai selama proses memasak. Selain itu, pertimbangkan untuk menambahkan selapis irisan kentang atau tomat di dasar panci agar Mahshi tidak lengket dan gosong.

Baca Juga :  Resep Soto Ayam Lamongan Dan Soto Ayam Betawi

**Memilih Cairan Masak yang Tepat** – Pilih cairan memasak yang melengkapi rasa Mahshi. Kombinasi saus tomat, jus lemon, dan air dapat menghasilkan kuah masakan yang beraroma. Pastikan cairan memasak menutupi Mahshi tetapi tidak merendamnya seluruhnya, biarkan Mahshi matang dengan lembut dan menyerap rasa kaldu. Kiat dan praktik terbaik ini akan membantu Anda membuat Mahshi lezat yang disiapkan dengan baik, beraroma, dan menarik secara visual.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Mahshi? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Mahshi meliputi sayuran seperti terong, tomat, dan paprika; beras; daging cincang; bumbu seperti bawang putih, mint, dan peterseli; serta bahan tambahan seperti minyak zaitun, air, garam, dan merica.

Q: Bagaimana cara persiapan pengisian untuk Mahshi? A: Persiapan pengisian untuk Mahshi melibatkan pencampuran daging cincang dengan beras, bawang putih, mint, peterseli, garam, dan merica. Setelah itu, bahan-bahan tersebut dicampur hingga merata untuk diisi ke dalam sayuran.

Q: Apa saja sayuran yang biasa digunakan untuk Mahshi? A: Sayuran yang biasa digunakan untuk Mahshi adalah terong, tomat, dan paprika. Namun, terkadang juga dapat menggunakan sayuran lain seperti labu dan zukini sesuai preferensi.

Q: Apa teknik memasak yang tepat untuk mengisi sayuran saat membuat Mahshi? A: Teknik yang tepat untuk mengisi sayuran saat membuat Mahshi adalah dengan mengiris bagian atas sayuran, seperti terong, dan mengeluarkan isinya. Kemudian, sayuran tersebut diisi dengan campuran daging cincang dan beras sebelum dimasak.

Q: Apakah ada variasi dalam resep Mahshi? A: Ya, ada variasi dalam resep Mahshi. Beberapa variasi meliputi penggunaan bahan isi yang berbeda, seperti nasi, kacang, atau kentang. Selain itu, beberapa resep juga mencakup saus atau bumbu tambahan untuk memberikan rasa yang beragam.

Referensi : 

1.   Ini Dia 10 Makanan Khas Mesir yang Kaya akan Rempah dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari galamedia.pikiran-rakyat.com 

Baca Juga :  Resep Mie Kuah Kari Daging, Sajian Kuliner Berkuah Hangat di Musim Penghujan

2.   Resep Mahsi Kousa /Mahsyi oleh Noof’s Kitchen.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari cookpad.com/id/resep/13594247-mahsi-kousa-mahsyi 

3.   Resep Mahshi krom (kol isi nasi) oleh novinda zainEldin.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari cookpad.com/id/resep/14859554-mahshi-krom-kol-isi-nasi 

4.   Mencoba Sheikh Mahshi, Kuliner Timur Tengah yang ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari umroh.com 

5.   8 Menu Hidangan Qatar yang Wajib Kamu Cicipi.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari umroh.com/blog/8-menu-hidangan-qatar-yang-wajib-kamu-cicipi/ 

6.   Orang Mesir Berbuka Puasa dengan Mahshi, Sayuran ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari food.detik.com 

7.   Hidangan Yordania.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari id.wikipedia.org/wiki/Hidangan_Yordania 

8.   Kuliner Khas Negara Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari tirto.id 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan