Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat makanan Shorbat Adas Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Shorbat Adas Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Shorbat Adas (2)

Membuat makanan Shorbat Adas

Cara membuat Adas Shorbat

Untuk membuat adas shorbat, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut[1]: 

  1. 1 cawan lentil merah/lentil kuning (cuci bersih dan tiriskan) 
  2. 1 genggam bawang merah cincang halus 
  3. 1 sendok makan pasta tomat 
  4. 2 buah tomat merah (potong dadu) 
  5. 1 sendok teh jintan 
  6. 1 sendok teh ketumbar 
  7. 1 sendok teh garam 
  8. 1/2 sendok teh lada hitam 
  9. 1 sendok makan minyak zaitun 
  10. 4 gelas air 
  11. 1 buah adas (iris) 

Semua bahan-bahan ini tersedia di toko kelontong atau pasar terdekat.

Berikut petunjuk langkah demi langkah pembuatan adas shorbat[2]: 

  1. Dalam panci besar, panaskan minyak zaitun dengan api sedang. 
  2. Tambahkan bawang merah dan tumis hingga bening. 
  3. Tambahkan tomat potong dadu, pasta tomat, jintan, ketumbar, garam, dan lada hitam. Aduk rata dan masak selama 5 menit. 
  4. Tambahkan lentil dan umbi adas. Aduk rata dan masak selama 5 menit lagi. 
  5. Tambahkan 4 gelas air dan didihkan. 
  6. Kecilkan api menjadi rendah dan biarkan sup mendidih selama 20-25 menit atau sampai lentil matang. 
  7. Gunakan blender imersi untuk memblender sup hingga halus dan lembut. 8. Sajikan panas dengan roti pita.

Untuk menambah variasi pada shorbat adas Anda, Anda dapat mencoba berbagai variasi resep[3]. 

Misalnya, Anda bisa menambahkan wortel atau kentang cincang ke dalam sup untuk menambah rasa dan nutrisi. 

Anda juga bisa menambahkan beberapa herba segar cincang, seperti peterseli atau daun ketumbar, untuk menambah kesegaran. 

Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan crouton atau kacang panggang di atas sup untuk menambah tekstur dan kerenyahan. 

Shorbat adas adalah hidangan populer di Timur Tengah, terutama selama bulan Ramadhan[4][5]. 

Ini adalah sup sehat dan beraroma yang cocok untuk berbuka puasa. Jadi mengapa tidak mencobanya dan berbagi pengalaman Anda dengan orang lain[6][7].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Adas Segar** – Saat membuat Adas Shorbat, sangat penting untuk memulai dengan umbi adas segar. Carilah umbi yang keras, tidak ada tanda-tanda layu atau kecoklatan. Daunnya harus berwarna hijau dan cerah, menunjukkan kesegaran.

Baca Juga :  Mari Belajar Membuat Nasi Liwet Sunda yang Enak dan Gurih

**Membersihkan dan Mempersiapkan Adas dengan Benar** – Setelah memilih adas segar, penting untuk membersihkan dan menyiapkannya dengan benar. Pangkas batang dan daunnya, lalu potong umbi menjadi dua dan buang bagian tengahnya yang keras. Ini akan memastikan bahwa hanya bagian adas yang empuk dan beraroma yang digunakan dalam Shorbat.

**Menyeimbangkan Rasa** – Adas memiliki rasa seperti adas manis yang khas, dan rasanya cukup kuat. Saat membuat Adas Shorbat, penting untuk menyeimbangkan rasa yang kuat ini dengan jumlah rasa manis, asam, dan bumbu yang tepat. Misalnya, sentuhan madu atau sedikit jus lemon dapat membantu menyeimbangkan rasa dan meningkatkan cita rasa sup secara keseluruhan.

**Menggunakan Stok Berkualitas** – Penggunaan kaldu berkualitas tinggi sangat penting untuk membuat Adas Shorbat yang lezat. Baik menggunakan kaldu sayuran untuk versi vegetarian atau kaldu ayam untuk versi non-vegetarian, kaldu harus kaya dan beraroma, karena merupakan bahan dasar sup.

**Bereksperimen dengan Hiasan** – Hiasan dapat meningkatkan penyajian dan cita rasa Adas Shorbat. Pertimbangkan untuk bereksperimen dengan hiasan seperti sedikit minyak zaitun, sesendok yogurt Yunani, taburan biji adas panggang, atau beberapa daun adas segar. Hiasan ini tidak hanya menambah daya tarik visual tetapi juga memberikan tekstur dan rasa yang kontras pada sup.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Adas Shorbat (Adas Shorbat)? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Adas Shorbat (Fennel Shorbat) antara lain adalah adas, bawang, bawang putih, kaldu sayuran, minyak zaitun, garam, merica, dan air.

Baca Juga :  Yuk, Memasak Resep Tumis Usus Telur Puyuh yang Disukai Banyak Orang

Q: Bagaimana cara membuat Adas Shorbat (Adas Shorbat) secara detail? A: Langkah-langkah untuk memasak Adas Shorbat (Adas Shorbat) adalah sebagai berikut: – Pertama, panaskan minyak zaitun dalam panci dan tumis bawang putih dan bawang putih hingga harum. – Kemudian tambahkan irisan adas dan tumis hingga lay. – Setelah itu, tuangkan kaldu sayuran dan biarkan mendidih. – Selanjutnya tambahkan garam dan merica sesuai selera. – Setelah bahan-bahan matang, angkat dan sajikan.

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam Adas Shorbat (Fennel Shorbat) untuk variasi penyajian? A: Ya, Anda dapat menambahkan variasi pada penyajian Adas Shorbat dengan menambahkan rempah-rempah seperti jintan atau ketumbar untuk menambah aroma. Anda juga bisa menambahkan sedikit jus lemon untuk memberikan sentuhan segar pada hidangan.

Q: Apakah Adas Shorbat (Adas Shorbat) cocok disajikan dengan makanan pendamping tertentu? A: Adas Shorbat (Fennel Shorbat) dapat disajikan sebagai hidangan pembuka sebelum makan utama. Anda juga dapat menyandingkannya dengan roti naan atau roti pita sebagai hidangan lengkap.

Q: Bisakah saya menggunakan kaldu ayam sebagai pengganti kaldu sayuran dalam resep Adas Shorbat (Fennel Shorbat)? A: Ya, Anda bisa menggunakan kaldu ayam sebagai pengganti kaldu sayuran dalam resep Adas Shorbat (Fennel Shorbat). Namun, pastikan untuk menyesuaikan rasa dan tekstur hidangan sesuai dengan preferensi Anda.

Referensi : 

1.   Shorbat Adas, Kolak Kacang Menu Khas Buka Puasa di ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.kompas.tv 

Baca Juga :  Resep Soto Ayam Adas Manis

2.   Resep Arabic Lentil Soup (Maraq /Marak Adas) oleh Noof’s ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari cookpad.com 

3.   makanan nya orang arab | Cara membuat shorbat adas, ini di ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.facebook.com 

4.   12 Makanan Ramadhan dari Berbagai Negara, Disantap ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.kompas.com 

5.   5 Menu Takjil Terenak di Dunia, Salah Satunya Makanan ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.fimela.com 

6.   CARA MEMBUAT MAKANAN DAN MINUMAN.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari m.facebook.com/groups/278403636680812/ 

7.   Menu Buka Puasa Untuk Suami Tercinta.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari mamafitness-neuss.de/CBMiD211cnVmYXBpc2F5ZXZvetIBAA== 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan